twitter

Pages

Rabu, 17 April 2019

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Buat Yoghurt, Tempe, Kimchi dan Kecap


Praktik FoodTech di Kitchen Pastry Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat Aneka Olahan Produk Fermentasi 

TERHITUNG mulai Senin (15/04/2019) hingga Sabtu (20/04/2019), dua mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, diajarkan Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar cara membuat aneka olahan produk fermentasi mulai Yoghurt, Tempe, Kimchi hingga Kecap di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (15/04/2019) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class –Mei Mei dan Willyam Mak-- iajarkan Chef Rachma cara membuat dua kreasi Yoghurt yakni Starter Plain Yoghurt, Spoonable Yoghurt dan Salad Yoghurt di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Untuk membuat Starter Plain Yoghurt, bahan yang dibutuhkan terdiri dari Milk (Low Fat), Skim Milk Powder, Sugar, Lacto-B (L-Bio), Cup tebal @ 100 ml, Alkohol 75 persen, Tissue, Lilin (Parafin) dan Thermometer. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat Spoonable Yoghurt meliputi Plain Yoghurt, Fresh Cream, Milk, Sugar, CMC, Modified Starch Sauce, Food Colouring dan Food Flavouring.

”Sementara itu, untuk membuat Salad Yoghurt bahannya terdiri dari Spoonable Yoghurt, Selai Strawberry, Selai Blueberry, Fresh Fruits (Strawberry, Longan, Mandarin Orange dan Buah Kiwi), Piping Bag, Cup Es Krim + Tutupnya dan Tusuk Gigi,” ujarnya.

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (16/04/2019) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class belajar membuat Tempe, Kimchi dan Yoghurt Drink. Khusus untuk membuat Tempe, maka ragi tempe disiapkan pada H-1, tepatnya pada Senin (14/04/2019) siang, usai mereka praktik membuat dua kreasi Yoghurt.

Sedangkan pada pertemuan hari ketiga, Kamis (18/04/2019) pagi, Chef Rachma kembali berbagi ilmu cara membuat Kecap Manis dan Kecap Asin (Ketchup atau Soya Sauces) bersama dua anak didiknya di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu, pada tatap muka hari keempat, Sabtu (20/04/2019) pagi, dua mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit yang diasuh Chef Rachma dibekali cara membuat aneka kreasi Ice Cream Yoghurt.

Pada pertermuan hari terakhir, Senin (22/04/2019) pagi, giliran mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creations) menurut versi mereka sendiri, dalam ujian praktik masak secara individual, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Hasi kreasi makanan tersebut akan dinilai oleh tim juri dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasa sesuai Standard, Operation & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar