twitter

Pages

Rabu, 24 April 2019

Mahasiswa Diajarkan Teknik Buat Foam Pakai Soda Siphon dan Nitrogen Charger


Praktik Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma 

Mahasiswa Advanced Culinary Racik Tequila Pop with Pandan Peach Foam dan Whisky Sour with Passion Fruit


MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), kembali diajarkan cara meracik dua resep minuman bertajuk Tequila Pop with Pandan Peach Foam dan Whisky Sour with Passion Fruit dengan  pendekatan teknik Molecular Mixologist oleh Donny Kuzuma, Dosen Luar Biasa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit di Minibar Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya.

Tiga mahasiswa Advanced Culinary Class yang belajar sekaligus praktik meracik minuman dengan teknik Molecular Mixologist pada pertemuan hari keempat, Senin (22/04/2019) pagi itu adalah Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S, Edric dan Wahyu Trisna Ardi.

Bahan untuk meracik Tequila Pop with Pandan Peach Foam antara lain Tequila, Peach Lequir, Sprite, Putih Telur, Lime, Simple Syrup, Ice Cube, Essence Pandan dan Juice Markisa. Sedangkan untuk meracik Whisky Sour with Passion Fruit bahannya terdiri dari Whisky, Perasan Jeruk (Orange), Lime, Simple Syrup, Essence dari Kulit Jeruk Sunkist.

Untuk membuat foam-nya menggunakan teknik dry shake karena tidak menggunakan putih telur. Foam itu menggunakan buah markisa original dan essence markisa di mana kombinasi ini disebut dengan fusion foam.

Sementara itu peralatan yang dipakai untuk meracik kedua minuman tersebut di antaranya adalah shaker, espuma, soda siphon, nitrogen charger, lime equisher, bold, jigger, khife, spatula dan teaspoon.

Sebelum diajarkan teknik meracik Tequila Pop with Pandan Peach Foam dan Whisky Sour with Passion Fruit, pada pertemuan hari ketiga, Kamis (18/04/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class telah diajarkan teknik merajik dua jenis cocktail yakni Mojito Sphere dan Tropical Sorbet di Minibar Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Selasa (16/04/2019), pekan lalu, misalnya, Donny yang dikenal sebagai seorang Mixologist sekaligus pengelola Kedai Kopi Neira ini, mengajarkan anak didiknya cara membuat dua resep minuman beralkohol (cocktail) dengan sentuhan Molecular Mixologist, yakni Nutty Old Fashion dengan sentuhan Fat Wash Technics.

Bahan untuk meracik Nutty Old Fashion antara lain minyak wijen, red label (whisky), aromatic bitters (cocktail flavourings) yang merupakan racikan asli Indonesia dan sugar (gula pasir). Sesi berikutnya, mahasiswa diajarkan cara membuat Tequila Pop Peach Caviar yang bahannya terdiri dari Tequila (alkohol), Peach Lequir, Agar-agar (Caviar dari buah Peach dan Dry ice), Salad Oil dan  Sprite (soda).

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Kamis (18/04/2019) pagi, Donny Kuzuma kembali mendemonstrasikan cara membuat Mojito Sphere dan Tropical Sorbet dengan teknik Molecular Mixologist di hadapan mahasiswa Advanced Culinary Class. 

Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Selasa (23/04/2019) pagi, giliran mahasiswa Advanced Culinary Class ditantang untuk membuat aneka kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist menurut versi mereka sendiri di minibar Akpar Majapahit seperti yang telah diajarkan sebelumnya.

Hasil kreasi minuman mahasiswa tersebut wajib di-garnish lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. 

Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional).

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar