twitter

Pages

Minggu, 07 April 2019

Chef Hernanto Demo Masak Ayam Geprek Sambal Matah di Hadapan Mahasiswa Akpar Majapahit


Sisi Lain dari Belajar Hygiene & Sanitation di MaxOne Hotels 

Usai Belajar ”Hygiene & Sanitation”, Mahasiswa Diajak Menikmati Lezatnya Jamuan Makan Siang ala Buffet


USAI belajar Hygiene & Sanitation Perhotelan di MaxOne Hotels Jl. Dharmahusada No. 189 Surabaya sekitar dua jam, 20-an Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang, diajak menikmati sajian makan siang bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Cafe & Resto MaxOne Hotels, Senin (25/03/2019) siang.

Chef Hernanto bersama tim kitchen-nya, menyiapkan aneka menu makan siang yang disajikan menarik di Café & Resto MaxOne Hotels Dharmahusada. Menu makan siang itu antara lain menyajikan menu Fruit Salad dan Mixed Salad lengkap dengan Thousand Island Vegetables-nya (Appetizer), sedangkan sup-nya diberi nama Chicken Asparagus Cream Soup (Soup).

Sementara itu untuk Main Course-nya sendiri meliputi Nasi Putih (Steamed Rice), Hongkong Fried Rice, Fried Noodle with Vegetables, Sauteed Long Bean with Tempe, Galanga Fried Chicken, Kotokan Ikan Pe, Tumis Usus Ayam, Sambal Goreng Krecek, Fried Siomay dan Kerupuk + Aneka Sambal. (Sambal Matah, Sambal Bawang, Sambal Rujak dan Sambal Bajak) + Acar + Sauce.

Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Slice Fruits (Melon, Nanas dan Pepaya), Orange Juice, Tea Ice dan Mineral Water. Menu makan siang yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera mahasiswa yang baru saja melakoni belajar Hygiene & Sanitation di MaxOne Hotels Dharmahusada Surabaya. 

Dalam kesempatan itu, Food & Beverage Manager (FBM) Bayu Prasetia Permana mengatakan, revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) masih menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia MaxOne Hotels Dharmahusada Surabaya.

”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, European Cuisines, Middle East Cuisines, Chinese Food atau Japanese Food,” kata Bayu Prasetia Permana ditemani R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Hardhita Kusdharyanto M.Par dan M. Yusuf Bashori dari Akpar Majapahit. 

Terkait dengan belajar Hygiene & Sanitation di MaxOne Hotels Dharmahusada Surabaya bagi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), pihaknya welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa Akpar Majapahit on the job training di sini,” ujar Bayu, sapaan akrabnya. 

Sementara itu, Chef Hernanto, selain menggelar demo masak Ayam Geprek Sambal Matah (salah satu menu favorit tamu Maxones Hotels) di hadapan mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang, juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook, chef de party (CDP) hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Executive Chef MaxOne Hotels Dharmahusada tersebut.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau café dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” tandas Chef Hernanto.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar