twitter

Pages

Minggu, 07 Oktober 2018

Usai Praktik Hari Kelima, Mahasiswa Baru Pastry Class Ujian Teori 'Basic Patisserie Knowledge'


Belajar Pengantar Dasar Patisserie Bersama Chef Otje 

Usai Praktik Buat ”Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff”, Mahasiswa Baru Pastry Class Diuji Seputar ”Basic Patisserie Knowledge”

PADA  pertemuan hari terakhir, Jumat (05/10/2018) pagi, Chef Otje H. Wibowo kembali berbagi pengetahuan bersama 21 Mahasiswa Baru Pastry Class Akpar Majapahit seputar cara membuat adonan Croissant, Danish dan Puff. Dalam praktik tersebut, anak didiknya itu ditugaskan membuat kreasi Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff


Usai praktik membuat tiga resep d Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff yang dihelat di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mereka diuji secara individual (masing-masing dipanggil Chef Otje secara acak) seputar Basic Patisserie Knowledge dengan teknik wawancara di ruang kelas.

Seperti praktik di Kitchen Graha Tristar empat hari sebelumnya, 21 mahasiswa baru masih dibagi dalam 10 kelompok, masing-masing beranggotakan 2-3 orang per kelompoknya. Mahasiswa baru itu adalah Cici Septi Melani, Anisha Nur Indah Eka Nugraheni, Evelyn Cindy Ernestine, Sandi Indra Lesmana, Jessica Antonius, Yasir Indrastata, Rosy Septia Abidah, Imelda Alodia Vadi Permata, Naufal Naldi Muhammad, Rafly Eizhar Fachrudi.

Selanjutnya yang belajar Pengantar Dasar Patisserie adalah Aditya Bagus Purnomo, Bakhtiar Aji Sampurna, Muchammad Irfan Hamdani, Arjuna Anggara Dasana Putra, Donny Andhika Putra, Sindy Jannete Puto, Mellyana Henry Setyaningsih, Melanina Musdalifah Putri, Eka Yunia Rosyidah, Nancy Reagen Djiwang dan Arika Putri Febrinawati. 

Sesuai job desk yang disusun Chef Otje, empat kelompok ditugaskan membuat Croissant, di mana untuk pekerjaan finishing (membuat hiasan topping-nya) disesuaikan menurut kreasi kelompoknya masing-masing. 

Selanjutnya, tiga kelompok mahasiswa baru yang lain diberi tugas membuat  Danish Pinwheel ang diharapkan saat plating-nya nanti melahirkan tiga kreasi tampilan yang berbeda meskipun produk yang dibuat sama.

Sementara ittu tiga kelompok terakhir kebagian tugas membuat Chicken Curry Puff, di mana saat menyelesaikan pekerjaan finishing-nya, diharapkan juga menghasilkan tiga kreasi tampilan saat plating-nya itu ditunjukkan kepada Chef Otje H. Wibowo. Saat berbagi ilmu dengan anak didiknya, Chef Otje di dampingi dua asistennya, yakni Chef Ita dan Chef Jiurike.

Misalnya, saat menghias Danish Pinwheel, Chef Otje mengajarkan bagaimana membuat Dannish Pinwheel yang betul sehingga tampilannya menarik.terutama saat memotong adonan yang sudah di-roll dan dipotong persegi menjadi tampilan Danish Pinwheel setengah jadi yang siap dioven seperti yang telah diajarkan. 

Dosen Basic Pastry & Bakery itu juga mempersilakan anak didiknya imembuat kreasi Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff menurut versi mereka sendiri. Dan untuk kali kesekian, Chef Otje meminta anak didiknya itu untuk latihan terus menerus kalau ingin hasil yang terbaik.

Sehari sebelumnya, atau tepatnya pada pertemuan hari keempat, Kamis (04/10/2018) pagi ini, Chef Otje bersama asistennya, Chef Ita dan Chef Jiurike mendampingi 21 mahasiswa baru Pastry Class belajar membuat adonan batters sekaligus praktik membuat tiga resep kue yakni Choux (kue Sus), Crepes dan Fruit Fritter

Pada tatap muka hari kelima, Jumat (05/10/2018) pagi, antusiasme tinggi kembali ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Croissant, Danish Pinwheel dan Chicken Curry Puff sesuai job desk-nya masing-masing. Setiap kelompok berupaya tampil percaya diri di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Selain dituntut paham dengan nama-nama bahan pembuatan roti (sesuai resep), mahasiswa juga mau tak mau, suka tidak suka, harus tahu nama-nama alat dan perlengkapan yang tersedia di dapur pastry termasuk bagaimana mengoperasikan mixer, freezer, chiller kulkas, proven dan oven listrik.

Dalam kesempatan itu, Chef Ita maupun Chef Jiurike kembali mengingatkan anak didiknya untuk memperhatikan suhu atas bawah dan durasi pengovenan, mengingat cookies yang di-oven itu butuh perhatian ekstra karena cepat masak.

Sebelum mengoven Croissant pada suhu atas dan suhu bawah dijaga masing-masing pada posisi 160*C selama 30 menitan, Croissant setengah jadi itu di-proven lebih dulu selama 40 menit.

Sedangkan Danish Pinwheel langsung dioven pada suhu atas bawah juga 180*C selama 13-15 menit. Sementara itu, untuk mengoven Chicken Curry Puff pada suhu atas dan bawah 160*C butuh waktu sekitar 30 menitan. Baik Danish Pinwheel maupun Chicken Curry Puff setengah jadi tidak perlu di-proven.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar