twitter

Pages

Kamis, 18 Oktober 2018

Praktik Masak Asian Modern Gastronomy Bersama Chef Della di Kitchen Graha Tristar


Belajar Asian Modern Gastronomy Bersama Chef Della

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Asian Food dengan Teknik Modern Gastronomy  


MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class) Kelas Pagi dan Kelas Siang, mulai Senin (15/10/2018) hingga Kamis (18/10/2018), diajarkan praktik masak Asian Food melalui pendekatan teknik Modern Gastronomy oleh Chef Adeline Nadya Daniel, Dosen Culinary Akpar Majapahit di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi yang belajar masak Asian Modern Gastronomy itu adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi.

Sedangkan 11 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Siang yakni Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya, juga diajarkan Asian Modern Gastronomy oleh Chef Della.

Pada tatap muka hari pertama, Jumat (15/10/2018), Chef Della, sapaan akrab Adeline Nadia Daniel mempraktikkan cara pembuatan Chicken Soyu Ramen dan Beef Teriyaki Steak dengan sentuhan Modern Gastronomy di hadapan Mahasiswa di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar.

Untuk membuat Chicken Soyu Ramen ini, caranya melalui tiga tahapan yakni (1). Buat chicken noodles, (2). Bikin shoyu soup dan (3). Membuat sashi, yang semua bahannya bisa Anda lihat di Buku Ajar (Silabus). 

Sementara itu, untuk membuat Beef Teriyaki Steak, caranya melalui empat tahapan yakni (1). Beef tenderloin di-treatment dengan meet tenderizer, (2). Buat teriyaki sauce dan (3). Buat crispy rice bacons.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (16/08/2018), mahasiswa Advanced Culinary Class praktik masak Som Tum dan Nasi Lemak dengan sentuhan Modern Gastronomy di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar.

Untuk memasak Som Tum, ada dua tahapan yang harus dikerjakan, yakni (1). Membuat granite dan (2). crumble (bahannya peanut + dried shrimp (ebi). Sementara itu, untuk membikin Nasi Lemak, ada beberapa tahapan pekerjaan yang dilakoni mulai (1). Membuat dehydrated sambal teri dan (2).rice (rice + coconut milk + pandan leaf).

Pada tatap muka hari ketiga, Rabu (17/10/2018), chef Della, kembali  mempraktikkan cara pembuatan Cold Green Tea Noodle dan Singaporean Chili Crab dengan sentuhan Modern Gastronomy di hadapan anak didiknya.

Untuk membuat Colde Green Tea Noodle ini, caranya melalui lima tahapan yakni (1). mentsuyu (shaved) ice (granita), (2). green tea balls, (3). tempura, (4). ginger air (ginger Sedangkan untuk memasak Singaporean Chili Crab, ada tiga tahapan yang harus dikerjakan, yakni (1).membuat crab cake, (2). chili sauce, dan (3). Egg 63 *C (merebus telur pada suhu 63 *C selama 60 menit dengan alat SousVide).

Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Kamis (18/10/2018), Chef Della mengajarkan mahasiswa Advanced Culinary Class cara membuat Hainan Chicken Rice dan Chicken Congee, dengan teknik Molecular Gastronomy.

Untuk membuat Hainan Chicken Rice, tahapan pekerjaan yang dilalui ada empat yaitu (1). membuat rice puree, (2). chicken, (3). chili powder dan (4). ginger & garlic oil. Daging ayam yang dibumbui dikemas dalam household vacuum sealer kemudian direbus dalam SousVide pada suhu 67 *C selama 60 menit.

Sedangkan untuk membuat masakan Chicken Congee, proses pembuatannya meliputi tiga tahap yaitu (1). dehydrated plain congee, (2). stock jelly (stock sphere) dan (3). Egg 63 *C (merebus telur ayam pada suhu 63 *C selama 60 menit dengan alat SousVide).

Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Jumat (19/10/2018), mahasiswa Advanced Culinary Class diuji membuat kreasi aneka masakan Asian Food dengan sentuhan Modern Gastronomy menurut versi mereka sendiri. 

Melalui mata kuliah Molecular Gastronomy ini, kami mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu fisika dan kimia makanan sehingga terciptalah kreasi memasak makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada cara-cara masak secara konvensional,” kata Chef Della kepada kru www.culinarynews.info.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar