twitter

Pages

Minggu, 14 Oktober 2018

Mahasiswa Baru Tristar Kaliwaron Belajar Sistem Kerja Housekeeping di Midtown Hotel


Dari Praktik Basic Housekeeping di Industri Perhotelan

Mahasiswa Baru Tristar Institute Kaliwaron Belajar Sistem Kerja Housekeeping di Midtown Hotel Surabaya (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

SEBANYAK 18 mahasiswa baru Culinary dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron dikenalkan dari dekat cara kerja tata graha (housekeeping) standar industri di Midtown Hotel Jl Basuki Rahmat No. 76 Surabaya, Kamis (11/10/2018) pagi. Kunjungan ke industri ini sekaligus untuk mengaplikasikan mata kuliah Housekeeping yang telah diajarkan di ruang kuliah. 


Kedatangan rombongan mahasiswa baru Tristar Institute Kaliwaron pagi itu di dampingi Dosen Tata Graha Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Di lobi hotel bintang tiga plus itu, mereka disambut Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Andra, Executive Housekeeper Erik Setiawan, Supervisor Housekeeping Lailatus (Lala), Chef De Party (CDP) Sandi dan Sales Executive Yenny Agustina.

Sebelum dikenalkan seputar Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice oleh pihak Midtown Hotel Surabaya, pimpinan rombongan mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron, R. Paulus W. Soetrisno menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut kepada anak didiknya

Acara pertama, mahasiswa baru itu diajak tour hotel oleh Ce Yenny, sapaan akrabnya. Saat tour hotel itu mahasiswa ditunjukkan fasilitas hotel mulai kamar (room) di lantai 18, front office, kitchen dan restaurant. Pada saat melihat kitchen, mahasiswa diterima oleh Chef De Party (CDP) Chef Sandi.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa ditunjukkan sejumlah peralatan masak di hotel bintang tiga plus tersebut berikut fasilitas pendukungnya seperti proven, oven, ruang pendingin (freezer room) bersuhu sampai -18*C dan chiller yang dijaga suhunya pada kisaran 4*C. 

Oleh Chef Sandi, mahasiswa Tristar Kaliwaron juga diterangkan bagaimana kesiapan sejumlah kru kitchen Midtown Hotel Surabaya prepare bahan masakan dan memasak aneka menu untuk jamuan makan siang bertema Nusantara Buffet Lunch di Townhall Restaurant. Restoran itu yang menyatu dengan kitchen hotel tersebut.

”Usai tour hotel dilanjut dengan penjelasan seputar Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice. Sedangkan acara pamungkasnya adalah Lunch Buffet bersama di Townhall Restaurant,” kata Andra, Sales & Marketing Manager Midtown Hotel di dampingi Executive Housekeeping Erik Setiawan.

Sementara itu dalam presentasi singkatnya di hadapan 18 mahasiswa baru Akpar Majapahit, Executive Housekeeper Midtown Hotel Erik Setiawan mengatakan, banyak hal yang bisa diserap mahasiswa ketika melihat langsung kerja di dunia industri perhotelan dan pariwisata. Khusus untuk pekerjaan housekeeping ada beberapa pengertian yang mesti dipahami betul oleh mahasiswa. 

Menurut Erik, pengertian housekeeping dan tugasnya. Dari segi bahasa, house artinya rumah, gedung, wisma atau hotel, sedangkan keeping mempunyai arti memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu housekeeping disebut juga tata graha.

Tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.

Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu (room hotel), public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga, swimming pool dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari tim yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel. 

”Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” terang Erik Setiawan di hadapan mahasiswa baru Tristar Kaliwaron.

Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper

Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:

1.    Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada di luar gedung maupun di dalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.

2.    Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.

3.    Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.

4.    Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.

5.    Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.

6.    Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik di dalam maupun di luar hotel.

Sasaran Housekeeping
Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.

Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.

Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standard-nya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.

Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar