twitter

Pages

Selasa, 13 November 2018

Mahasiswa Culinary Class Adu Kreasi Buat Masakan Indonesian Food


Hebohnya Praktik Masak Indonesian Food di Dapur Graha Tristar

Dua Kelompok Mahasiswa Culinary Class Adu Kreasi Buat Nasi Samin, Rendang (Daging Sapi) dan Sambal Terong


SEKITAR 20-an mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Semester III Kelas Pagi dan Kelas Siang yang diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM pada pertemuan hari ke-17 Selasa (06/11/2018) siang, dibekali pengetahuan teknik masak tiga resep makanan tradisional Indonesia yakni Nasi Samin, Rendang (Daping Sapi) dan Sambal Terong di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sementara itu pada tatap muka hari ke-16, Senin (05/11/2018), mahasiswa Culinary Class yang diasuh oleh Chef Ari diajarkan teknik masak membuat tiga kreasi sate, yakni Sate Padang, Sate Klopo dan Sate Madura.

Sedangkan pada pertemuan hari ke-18, Rabu (08/11/2018), Chef Ari Purwantoro berbagai ilmu masak dengan anak didiknya cara membuat Nasi Goreng Jawa, Ayam Kremes dan Lalapan + Sambal-nya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Dapur Culinary, kami rata-rata membuat tiga resep makanan tradisional Indonesia. Jika pembelajaran masak makanan Indonesia itu dilakoni 20 kali pertemuan, maka mahasiswa dijarkan membuat 59-60 resep masakan Indonesia,” kata Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Selasa (06/11/2018) siang.

Jumlah mahasiswa Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang yang belajar masak di Dapur Culinary 1 sekitar 20-an. 10 mahasiswa Culinary Kelas Pagi dibagi dua kelompok, demikian juga untuk anak-anak Kelas Siang. ”Setiap praktik masak mereka di-battle, kelompok yang kalah wajib membersihkan kitchen sebelum kami ijinkan pulang,” tandas Chef Ari bersama asistennya Chef Masario W. Saputra.

Penekanan pada pembelajaran Pengolahan Makanan Tradisional Indonesia kali ini difokuskan pada penguasaan ketrampilan dan penyajian makanan Nusantara. Pembahasannya meliputi konsep dasar pengolahan makanan Indonesia, karakteristik makanan daerah, bumbu, rempah-rempah dan kebiasaan makan di Indonesia.

Pada pertemuan hari ke-17, Selasa (06/11/2018), misalnya, 10 mahasiswa Culinary Kelas Siang yang diasuh Chef Ari, misalnya diajarkan cara masak membuat tiga resep makanan tradisional Indonesia (Indonesian Traditional Food), yakni Nasi Samin (Aceh), Rendang (Padang) dan Sambal Terong (Jawa Timur).

Resep masakan yang sama juga diajarkan kepada 10 mahasiswa Culinary Kelas Pagi yang juga dibimbing Chef Ari Purwantoro di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Setiap kali pertemuan, 10 mahasiswa Culinary Kelas Pagi maupun Kelas Siang itu dibagi dua kelompok. masing-masing beranggotakan lima orang. Khusus untuk Kelas Siang, pengelompokan berdasarkan gender, Kelompok 1 anggotanya lima mahasiswi (Amanda, dkk), sedangkan Kelompok 2 beranggotakan lima mahasiswa (Nico, dkk).

Sementara itu, pada tatap muka hari ke-17, Selasa (06/11/2018) siang, mereka diadu membuat tiga resep makanan tradisional Indonesia yakni praktik masak membuat Nasi Samin, Rendang (Daging Sapi) dan Sambal Terong.

Masing-masing kelompok berupaya tampil all out sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing,.untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.

Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Selain itu, mahasiswa Culinary Class juga dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan.

Praktik masak Indonesian Traditional Food itu merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa seputar teknik masak aneka makanan khas Nusantara yang cita rasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri karena mengaplikasikan bumbu putih, bumbu kuning, bumbu merah dan bumbu oranye sesuai jenis masakannya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar