twitter

Pages

Minggu, 18 November 2018

Akpar Majapahit Gelar Wisuda X di Hotel Bumi Surabaya City Resort


Dari Wisuda X Akpar Majapahit di Hotel Bumi Surabaya City Resort

Akpar Majapahit Luluskan 150 Orang Mahasiswa yang Berhak Sandang Gelar Ahli Madya Pariwisata 
 
AKADEMI Pariwisata Majapahit secara resmi melepas 150-an mahasiswa –128 Mahasiswa D3 Perhotelan dan 22 Mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW)-- dalam acara Wisuda X Akpar Majapahit di Hotel Bumi Surabaya City Resort pada Sabtu (17/11/2018) malam. Dengan dikukuhkannya wisudawan dan wisudawati dalam rapat senat terbuka yang dipimpin Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., maka mereka sekarang berhak menyandang gelar Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par).


Wisuda X Akpar Majapahit yang dihadiri perwakilan dari Kopertis Wilayah VII Jatim, BAN-PT, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), mitra usaha Tristar Group dari dalam dan luar negeri, orang tua mahasiswa, pengurus Yayasan Prasetya Eka Mandiri, dosen dan segenap civitas akademika Akpar Majapahit berlangsung khidmat, meriah dan glamour.

Kebahagiaan, keceriaan dan suka cita terpancar dari wajah wisudawan dan wisudawati bersama orang tuanya masing-masing seusai mereka mengikuti prosesi acara wisuda semalam. Terlebih dengan ditetapkannya dua orang mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) sebagai mahasiswa terbaik berdasarkan SK Direktur Akpar Majapahit. 

Kedua mahasiswi itu adalah Sari Julianti Ningrum AMd.Par dari Prodi UPW dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,76 dengan predikat memuaskan, sedangkan Ariyana Westy Gilarsi AMd.Par dari Prodi Perhotelan IPK-nya 3,80 dengan predikat memuaskan.

Di sela acara wisuda, juga dihelat agenda penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Akpar Majapahit dengan sejumlah mitra usaha, salah satu di antaranya adalah dengan (China) Yunnan Galaxy Vocational Training School yang dikelola oleh Yunnan Kunming Galaxy General Corporation. Lembaga pelatihan di Kunming itu berdiri sejak 1993 silam.
Selain acara seremonial penandatanganan MoU, Panitia Wisuda juga menyiapkan acara Food Parade 2018 oleh mahasiswa yang menampilkan World of Cuisines, antara lain dari Indonesia (Sosis Solo), Thailand (Thai Manggo Coconut Pudding), Jepang (Hokkaido Cheese Tart), China (Rainbow Puto), Belanda (Dutch Butterkoek), Amerika (Fudgy Brownies), Mexico (Tres Leches), Italia (Mini Pizza) dan Spanyol (Churros).

Undangan dan tamu VIP yang hadir pada gelaran acara Wisuda X Akpar Majapahit juga dihibur oleh paduan suara yang menyanyikan Hymne Akpar Majapahit dan sejumlah lagu Nasional. Untuk membuat heboh suasana di dalam Isyana Ballroom Hotel Bumi, Panitia Wisuda pun menyiapkan Culinary Dance diiringi lagu Bumbu Jangkep.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur Akpar Mapajahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par berpesan kepada wisudawan dan wisudawati bahwa dengan dikukuhkannya mereka dalam wisuda kali ini bukan berarti perjalanan Anda berhenti sampai di sini, melainkan Anda harus menghadapi tantangan ke depan yakni pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan sejak 1 Januari 2016 silam sekaligus melahirkan generasi Millenial yang berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu, kompetensi profesi di industri pariwisata yang telah Anda dalami selama kuliah siap mengantarkan Anda memasuki era Millenial. Anda siap terjun ke masyarakat untuk memberi sumbangsih yang terbaik kepada bangsa dan negara ini. 

Anda juga tidak boleh berhenti belajar. Makanya, Anda harus terus berkarya dan berusaha. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda. Kalau Anda ingin meraih sukses, pelajarilah kesuksesan orang lain. ”Karena itu gunakanlah masa produktif Anda dengan melakukan hal-hal positif demi menata masa depan Anda yang lebih baik,” kata Juwono Saroso, usai prosesi acara wisuda, semalam.

Ketua Yayasan Eka Prasetya Mandiri Evie Mulyasari Dewi S.Si., Apt., MM.Par mengungkapkan berbagai upaya dari pihak yayasan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di kampus Akpar Majapahit terus dilakukan guna menghadapi ketatnya persaingan antarlembaga pendidikan yang buka prodi Perhotelan dan UPW. 

Pihak yayasan untuk saat ini terus meningkatkan  sarana dan prasana kampus, kualitas dosen juga ditata dengan menguliahkan  sejumlah dosen yang masih bergelar S1 pada program pascasarjana (S2) di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang. Sementara itu beberapa dosen yang sudah bergelar S2 saat ini melanjutkan studi S3. Sedangkan asisten dosen yang masih menyandang Ahli Madya (AMd.Par) juga disekolahkan ke jenjang strata satu (S1).

”Upaya yang kami lakukan terus menerus ini karena pihak yayasan ingin Akpar Majapahit menjadi akademi pariwisata yang terbaik di Jatim bahkan menjadi yang terbesar dan terbaik di Indonesia. Untuk mewujudkan mimpi itu dukungan segenap civitas akademika Akpar Majapahit, orang tua mahasiswa dan stakeholder yang lain,” terang Evie Mulyasari Dewi. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait agenda perkuliahan di Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar