twitter

Pages

Kamis, 08 November 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Statistik Perhotelan di MaxOne Hotels Tidar Surabaya


Aplikasikan Statistik Perhotelan di MaxOne Hotels Tidar

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Diajarkan Teknik Baca Data Statistik di Front Office (FO)

SEBANYAK 28 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit belajar Statistik Perhotelan yang diasuh oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., di MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya pada Kamis (01/11/2018) malam. Kegiatan ini demi mengaplikasikan mata kuliah Statistik Perhotelan yang sudah diajarkan di kelas.


Pada kunjungan industri kali ini mahasiswa dibekali pengetahuan seputar Basic Front Office Knowledge dan teknik membaca data statistik di Front Office (FO) oleh Avando, Front Office Manager (FOM) MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Statistik Perhotelan di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang dua unit mobil Multipurpose Vehicle (MPV), SUV dan sejumlah motor pribadi. Mereka berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Tidar No.5 Surabaya tersebut, sekitar pukul 16.00 WIB. 

Perjalanan sejauh 25 kilometer itu ditempuh sekitar 60 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 17.00 WIB. Sedangkan dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa sore hari itu adalah Asdir II Bidang Keuangan dan Umum Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Dosen Statistik Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan tim dari Divisi Multimedia Tristar Group.

Kedatangan 28 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh General Manager (GM) MaxOne Hotels Tidar Sucipto, Front Office Manager (FOM) Avando, Sales & Marketing Service Manager (SMSM), Dundee dan Sales Executive Tika, di lobi hotel bintang tiga tersebut. 

Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit diajak showing room di Lantai 5 dan Loveshock Sky Bar di Lantai 7 oleh FBSM MaxOne Hotels Tidar Surabaya Dundee dan Sales Executive Tika. Setelah showing room dan tour hotel, mahasiswa diajak ke meeting room di Lantai 2 MaxOne Hotels untuk dibekali Basic Front Office Knowledge plus teknik membaca data statistik di Front Office (FO).

Dalam pengantarnya sebelum memasuki acara inti, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembelajaran Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar di kelas.

“Dengan demikian anak didiknya punya pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Basic Front Office Knowledge dan sisik meliknya, setelah nantinya mereka bekerja di industri perhotelan,” kata Paulus di hadapan mahasiswa.

Selanjutnya, dalam presentasinya di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit, Front Office Manager (FOM) MaxOne Hotels Tidar Surabaya Avando mengatakan, di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). 

Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.

Di ruang depan lobi MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel di mana terdapat kotak-kotak penyimpanan kunci kamar dan titipan surat-surat. 

Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.

Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.

Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.

Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti  front office, restaurant dan bar.

Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.

”Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa utama pergaulan internasional, wajib hukumnya bagi petugas front office,” terang Vando, sapaan akrab FOM MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Kamis (01/11/2018), pekan lalu.

Sebelum dikenalkan cara kerja Front Office (FO) di industri perhotelan, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit sebetulnya juga sudah pernah diajarkan simulasi seputar cara kerja front office, di mana kelompok mahasiswa yang satu yang bertindak sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di bagian front office, sedangkan kelompok mahasiswa lainnya dipercaya sebagai tamunya. 

”Modul pembelajaran dalam bentuk fotokopian sudah dipegang oleh masing-masing mahasiswa. Sehingga, saat dosen membimbing anak didik selama proses simulasi, semuanya bisa menjadi lebih mudah,” kata R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Front Office (FO) kepada kru www.culinarynews.info.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana teknik membaca data statistik di FO. Avando lalu mencontohkan data statistik segmentasi pasar berdasarkan room sold di MaxOne Hotels Tidar Surabaya periode Maret 2018, dibedakan delapan segmentasi yakni walk in (301), individual (115), corporate (223), wholesale (81), offline travel agent (63), ezy (114), government (4) dan online travel agent (1.147) dengan total 2.048 kamar.

Sementara itu berdasarkan revenue-nya, maka walk in (Rp 96.338.015), individual (Rp 28.984.291), corporate (Rp 60.834.711), wholesale (Rp 19.263.636), offline travel agent (Rp 16.890.223), ezy (Rp 30.014.875), government (Rp 1.074.380) dan online travel agent (Rp 269.121.349) dengan total revenue Rp 522.621.480.

Usai mengikuti presentasi materi pembelajaran Statistik Perhotelan di FO Department, 28 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dijamu sajian makan malam bersama ala buffet (prasmanan) di Open Oven Distro (OOD) MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Dosen Statistik Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par menambahkan, program pembelajaran Statistik Perhotelan dengan belajar statistik di Front Office (FO) Department sesuai standar industri bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen di kelas.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar