twitter

Pages

Rabu, 07 November 2018

Mahasiswa Pastry Class Dijamu Makan Siang di Kokoon Restaurant


Sisi Lain dari Belajar Store & Purchasing di Kokoon Hotels

Mahasiswa Akpar Majapahit Dijamu Makan Siang di Kokoon Restaurant yang Di-Set Up ala Family Style 


SETELAH belajar Store & Purchasing bersama Sigit Dwi P., Chief Accounting Kokoon Hotels Jl. Slompretan No. 26 Surabaya (kawasan Kembang Jepun), 17 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Pastry Class, dipersilakan menikmati hidangan makan siang bersama di Kokoon Restaurant yang di-set up ala family style, Selasa (30/10/2018) siang.

Chef Aril Dwi Romana bersama timnya siang itu menyiapkan Lunch Buffet untuk mahasiswa Akpar Majapahit yang belajar Store & Purchasing di Kokoon Hotels. Menu lengkap untuk jamuan makan siang itu meliputi Vegetables Salad (Appetizer) dan Soup-nya adalah Asparagus Soup (Soup).

Sedangkan Main Course-nya sendiri terdiri dari Nasi Putih, Nasi Goreng XO, Bihun Goreng, Ayam Bakar Bali, Ikan Teriyaki, Vegetable Garlic serta Kerupuk + Sambal + Acar dan Sauce. Sementara itu untuk Dessert-nya, meliputi Lychee Ice, Tea Ice, Infused Water, Air Mineral, dan Slice Fruits (Semangka, Melon dan Pepaya). 

Jamuan makan siang yang disajikan di Kokoon Restaurant  itu tentu saja mengundang selera makan mahasiswa setelah mereka belajar Store & Purchasing bersama Chief Accounting Kokoon Hotels Surabaya, Sigit Dwi P.

Kepada kru www.culinarynews.info, Sous Chef Kokoon Hotels, Aril Dwi Romana mengatakan, aneka menu makan siang yang disajikan ala prasmanan ini di-setting selalu beda untuk setiap harinya agar tamu dan kastemer setia hotel yang mengusung konsep heritage hotel  ini  tidak bosan dengan sajian makan siang yang itu-itu saja.

Untuk itu, tim di kitchen Kokoon  Hotels punya banyak referensi makanan dan minuman yang disiapkan setiap harinya, mulai Indonesian Food (Kuliner Nusantara), Asian Food, Continental Food, European Food hingga American Cuisines

Sementara tu terkait dengan praktik masak di itchen Kokoon Hotels Surabaya bagi mahasiswa Akpar Majapahit, pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa Akpar Majapahit on the job training di sini,” ujar Chef Aril.
Chef Aril juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook, chef de party (CDP) hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Chef Aril Dwi Romana.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restaurant (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau café dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar