twitter

Pages

Senin, 28 Oktober 2019

Kiat Mahasiswa Culinary & Pastry Class Manfaatkan Sweet Potato Demi Hemat Biaya

Sukses Olah Ubi Jalar Ungu Jadi Tiger Prawn Curry Sauce & Massed Sweet Potato, Taro Swirl Bread dan Sweet Potato Bread with Almond


UPAYA mahasiswa Culinary & Pastry Class Akpar Majapahit terakreditasi A memanfaatkan Ubi Jalar Ungu (Sweet  Potato), pada ujian praktik masak (final exam) yang dihelat akhir September 2019 lalu, layak diapresiasi. Pasalnya, selain karena harganya relatif murah dan mudah didapatkan baik di pasar tradisional maupun swalayan, juga tampilan warna ungunya menarik ketika sajian makanan itu di-plating di atas piring.

Setidaknya itu yang menjadi pertimbangan Arika Putri Febrinawati dan Sindy Jannete Puto, saat menyiapkan kreasi masakan bertajuk Tiger Prawn Curry Sauce & Massed Sweet Potato, pada final exam akhir September 2019 lalu.

Kreasi masakan mahasiswa Culinary Class yang diasuh Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro, merupakan salah satu kreasi masakan Continental Cuisine yang masuk nominasi masakan favorit. Kreasi masakan Continental Cuisine persembahan Arika dan Sindy tersebut sukses meraih nilai 79,5

Kreasi masakan Arika dan Sindy itu diapresiasi oleh tim juri, karena sukses memanfaatkan Ubi Jalar Ungu (Sweet Potato) sebagai pengganti Kentang (Potato) saat masak Continental Cuisine, demi memperoleh kombinasi warna yang lebih ngejreng saat hasil kreasi masakan itu di-plating dan disajikan di meja juri.

Tidak hanya Arika dan Sindy yang memanfaatkan warna ungu Ubi Jalar (Sweet Potato) pada final exam tersebut, dua mahasiswa Pastry Class (P1) Siang yang diasuh Chef Laurentia Vivi dan Chef Arwati, yakni Jesslyn dan Yonas Otniel Prakoso, juga tertarik membuat kreasi Bread & Muffin kekinian dengan memanfaatkan Ubi Jalar Ungu.

Inspirasi membuat kreasi Bread & Muffin dari Uji Jalar Ungu, menurut Jesslyn, setelah dirinya searching internet. Maka tercetuslah ide membuat kreasi Taro Swirl Bread, yang relatif hemat biaya karena dirinya mendapat subsidi belanja bahan membuat kreasi Bread & Muffin dari pihak Kampus, hanya Rp 50 ribu per orang.

Sementara itu, Yonas Otniel Prakoso, mahasiswa Pastry Class (P2) Siang yang dibimbing Chef Arwati juga antusias memanfaatkan Uji Jalar Ungu (Sweet Potato) pada final exam membuat kreasi bread di Kitchen Pastry (P2), Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Di mata Yonas, pemanfaatkan Uji Jalar Ungu untuk membuat kreasi bread kekinian menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa Pastry Class, mengingat subsidi belanja bahan dari pihak Kampus tidak lebih dari Rp 50 ribu per orang.

Rupanya, keinginan Yonas membuat kreasi bread yang bertajuk Sweet Potato Bread with Almond, diapresiasi oleh Chef Arwati. Dari ide orisinil tersebut akhirnya berbuah manis karena kreasi bread persembahan mahasiswa Pastry Class asal Kediri itu akhirnya sukses mengantongi nilai rata-rata 76,6 dari tiga juri.

Menurut Chef Arwati, ide orisinil anak didiknya ketika ujian praktik pastry tidak selalu harus membeli bahan membuat kue yang mahal. Mahasiswa bisa memanfaatkan hasil pertanian dan bahan kue produksi dalam negeri sebagai bentuk kearifan lokal, yang tidak kalah dengan bahan-bahan impor, saat membuat kreasi bread yang cantik dan menarik tampilannya, serta enak cita rasanya.

Dengan modal belanja bahan yang hanya disubsidi oleh pihak Kampus sebesar Rp 50 ribu per orang, maka mahasiswa dituntut untuk kreatif menggunakan budget (uang belanja) agar tidak sampai menguras uang saku Anda. ”Saya yakin kreasi bread yang dibuat Yonas Otniel Prakoso biayanya tidak lebih dari Rp 50 ribuan,” tandas Chef Arwati kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Arika, Sindy, Jesslyn dan Yonas adalah contoh dari sedikit mahasiswa Culinary dan Pastry Class Akpar Majapahit yang berani tampil beda dan keluar dari zona nyaman, dengan memanfaatkan keunikan Ubi Jalar Ungu (Sweet Potato), demi menghasilkan kreasi masakan yang lain dari yang dibuat mahasiswa pada umumnya, dalam final exam akhir September 2019 lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar