twitter

Pages

Jumat, 25 Oktober 2019

Asyiknya Belajar Food Technology Applications di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya


Chef Rachma dan Mahasiswa Culinary Class Persembahkan Premium Chili Sauce & Fried Stick Potato


PADA pertemuan pekan kedua, Senin (21/10/2019) siang, 20-an mahasiswa Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, diajarkan teknik membuat Premium Chili Sauce & Fried Stick Potato, di Kitchen Culinary (C1), Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Praktik Food Technology Applications dilakoni bersama Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar.

”Demo masak mermbuat Premium Chili Sauce yang diaplikasikan pada Kentang Goreng (Fried Stick Potato) itu merupakan materi praktik kali kedua untuk mata kuliah Food Technology Application yang wajib diikuti mahasiswa Culinary Class,” kata Dosen Pengajar Food Technology Akpar Majapahit terakreditasi A, yang akrab disapa Chef Rachma tersebut.

Sebelum mahasiswa praktik masak membuat Premium Chili Sauce & Fried Stick Potato pada tatap muka hari pertama, Senin (14/10/2019) siang, Chef Rachma lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kedua masakan   tersebut berikut teknik membuatnya.

Sebelum praktik di Kitchen Culinary, Chef Rachma sudah menyiapkan bahan untuk membuat Premium Chili Sauce & Fried Stick Potato. Bahan yang dibutuhkan untuk praktik masak membuat Chili Sauce tersebut antara lain tomato paste, red chili, hot chili, salt, sugar, Modified Starch (MS) sauce, cuka 25%, sodium benzoat, anti oksidan, MSG, garlic powder, water, pewarna makanan dan botol plastik.

”Sedangkan bahan untuk membuat Fried Stick Potato meliputi minyak goreng (oil), stick potato, salt dan garlic powder,” kata Chef Rachma bersama anak didiknya di Kitchen Culinary (C1), Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan di Kitchen Culinary, Chef Rachma membagi tiga kelompok mahasiswa.  Kelompok 1, Cici Septi Melani dkk., kebagian tugas membuang biji cabai –terutama cabai merah-- lalu membersihkannya. Kemudian cabai merah dan cabai rawit direbus sekitar lima menitan untuk mengurangi aroma langu-nya.

Cabai yang sudah direbus di-blender bersama bumbunya sampai halus, kemudian sauce tersebut dimasak sampai matang. Mengingat saus yang dibuat ini tanpa campuran buah pepaya, maka saus tersebut dinamakan Premium Chili Sauce seperti produknya Delmonte.

Untuk hasil terbaik, saus yang sudah dimasak disaring untuk mengambil biji cabai rawit, baru dimasukkan ke dalam botol plastik transparan ukuran 140 ml, dalam kondisi hangat setelah saus itu sebelumnya didinginkan sekitar 30 menitan.

Sementara itu, Kelompok 2, Yasir Indrastata dkk., ditugasi mengoreng dua pak Stick Potato @ ukuran satu kilogram. Proses mengoreng kentang tersebut sekitar 30 menitan. Untuk mempercepat proses pendinginannya sekaligus mengurangi kadar minyak, maka kentang goreng itu diletakkan di atas loyang persegi panjang berukuran 60 x100 cm2.

Kelompok terakhir (Kelompok 3), kebagian tugas untuk mem-plating-nya agar penampilan Premium Chili Sauce & Fried Stick Potato yang ditaruh di atas piring persegi semakin cantik dan menarik. Kali ini yang ditugasi Chef Rachma untuk mem-plating adalah Naufal Naldy, mahasiswa Culinary Class asal Kota Malang dan Rafly Eizhar Fachrudin.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25,  sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar