twitter

Pages

Minggu, 20 Oktober 2019

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Akpar Majapahit di Best Western Papilio Hotel


Chef Suro Hartoyo Apresiasi Acara Live Cooking yang Libatkan Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit



EXECUTIVE CHEF Best Western Papilio Hotel Suro Hartoyo dan Sous Chef Hasan Solomon mengapresiasi kegiatan Live Cooking, yang melibatkan empat mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, yakni Muhammad Risky Brillyan, Muhammad Ihsanul Irfan, Wayan Raditya A.K., dan Yonas Otniel Prakoso. Kegiatan tersebut dihelat di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Jl. A. Yani 176-178 Surabaya, Rabu (16/10/2019) sore.

Live Cooking merupakan kegiatan awal dari rangkaian acara Wine Tasting & Fine Dinning (Table Manner Family Style) yang digelar di Sky Pool Bantimurung Restaurant Lantai 8 Best Western Papilio Hotel Surabaya, yang dihadiri Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Etika Profesi Perhotelan dan Psikologi Pelayanan Hardhita Kusdharyanto M.Par.

”Melihat rundown acara kunjungan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit ke mari seperti itu, maka saya pun ikut mengapresiasinya. Pasalnya, mereka adalah calon-calon chef yang kelak akan mengisi sejumlah jabatan di kitchen hotel,” kata Chef kelahiran Surabaya 1972 silam itu.

Chef Suro Hartoyo mengatakan, kegiatan Live Cooking di hotel berbintang seperti yang dilakoni mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit banyak manfaatnya. Pihaknya tentu akan terus men-support apa saja yang dibutuhkan Akpar Majapahit terutama yang terkait dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM)  yang akan bekerja di industri perhotelan. 

Dalam kesempatan itu, bapak tiga anak dari buah pernikahannya dengan Dian Ardiani --teman sekantor di Patra Surabaya Hilton-- pada 1992 lalu tersebut, juga memberi tips bagaimana Anda bisa betah kerja di hotel dengan karier yang bersinar. 

Tiga kata kunci yang selalu ditekankan, yakni bekerja dari hati, dengan hati dan mengedepankan kasih sayang. Untuk membuat produk yang berkualitas dengan tampilannya cantik harus berangkat dari hati yang diselimuti kasih sayang, Hal ini akan memberi aura positif bagi produk yang disajikan.

Chef Suro juga mengapresiasi jika ada mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit yang kuliah sambil bekerja, seperti yang pernah dilakoninya. Pasalnya, ketika masih kuliah di Akpar Satya Widya dirinya juga bekerja sebagai tenaga casual di Garden Palace Hotel Surabaya.

”Bahkan sebelum lulus kuliah 1994/1995, saya sudah dipercaya sebagai Comis Pastry Chef di Kitchen Pastry Hotel Patra Surabaya Hilton. Jabatan tersebut saya jalani sekitar 1991-an silam,” terang Chef Suro Hartoyo yang telah dikarunia tiga anak, buah dari pernikahannya dengan Dian Ardiani, teman sekantor di Hotel Patra Surabaya Hilton. 

Sementara itu, sebelum memasuki acara utama Wine Tasting & Fine Dinning Service (Table Manner Family Style), empat mahasiswa yakni Muhammad Risky Brillyan, Muhammad Ihsanul Irfan, Wayan Raditya A.K., dan Yonas Otniel Prakoso, mengikuti acara Live Cooking bersama Chef Hasan Solomon di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel. 

Empat mahasiswa tersebut diajarkan teknik memotong ikan Gurami segar dan mempraktikkannya sendiri dengan disupervisi langsung oleh Chef Hasan Solomon dan Chef Suro Hartoyo. Mereka juga dibekali ilmu cara masak Gurami Pesmol dan Gurami Red Spice Sauce standar industri. Durasi Live Cooking berikut pengarahan langsung seputar sistem kerja di kitchen hotel dari Chef Suro Hartoyo sekitar 60 menitan.

Demi menyukseskan gelaran Fine Dinning Service (Table Manner Family Style) usai acara Wine Tasting, kru kitchen Best Western Papilio Hotel sudah prepare masakan mulai Appetizer, Soup, Main Couse hingga Dessert-nya. Untuk Appetizer-nya sendiri adalah Caesar Salad with Grilled Chicken Breast & Breakfast Roll with Unsalted Butter.

Sajian selanjutnya adalah Potato Cream Soup yang merupakan menu Soup-nya  Untuk Main Course-nya sendiri terdiri dari Steam Rice, Fried Rice with Pineapple & Seafood, Broccoli Dressed with White Snow Sauce & Crab Meat, Gurami Terbang with Two Kinds of Sauce (Red Spicy Corriander Sauce & Pesmol Sauce) dan Pennezity Aglio Olio & Topped with Sausage, Parmeshane Cheese Chicken Parmagiana with Capper Sauce.

Sedangkan menu pamungkas (Dessert)-nya adalah Chocolate Meallea Feullea with Strawberry Collies. Menu penutup yang dihidangkan di Table Manner Family Style ini sekaligus menyudahi rangkaian acara Live Cooking, Wine Tasting & Fine Dinning Service di Best Western Papilio Hotel. Good bye and see you tomorrow …!
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar