twitter

Pages

Kamis, 31 Oktober 2019

Serunya Praktik Masak Olahan Poultry II Bersama Chef Yanuar Kadaryanto


Mahasiswa Culinary Art Kelas Siang Buat Ayam Kalasan dan Bebek Betutu di Kitchen Tristar Samator


MAHASISWA Culinary Art Tristar Samator Kelas Siang (C Class), terhitung mulai Kamis (30/10/2019) siang, praktik masak 10 menu olahan unggas (Poultry II) –Indonesian Food-- bersama  Dosen Pengajar Culinary Art Chef Yanuar Kadaryanto, di Kitchen Culinary Tristar Samator Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

Pada tatap muka hari pertama, siang itu, giliran Chef Yanuar berbagi ilmu cara masak Ayam Kalasan dan Bebek Betutu. 13 mahasiswa Culinary Art Trestelle Accademia Culinaria Kelas Siang yang hadir, ada yang kebagian tugas masak Ayam Kalasan, sedangkan sisanya ditugasi masak Bebek Betutu secara individual.

Mahasiswa Culinary Art yang mengikuti praktik siang itu adalah Valentina Azza Febrianti, Indriyani Saputra, Yunita Leoni Wijaya Loe, Hanifah Mas’fuah, Jessyica Winanda Nainggolan,.Graciela Aurelia Clarista, Ferdianto, Ryananda Bimantara Hardi Saputro, Fransiska Aristania Ayu Handayani, Prischila Jatiriani, Yuki Yuara, Danastri Omartya Andarista dan Anindya Adhiyoga. 

Bahan untuk membuat Ayam Kalasan meliputi Chicken (Kampung), Garlic, Coriander, Salt, MSG, Turmeric, Galangal, Palm Sugar (Gula Jawa), Daun Salam, Lemongrass dan Coconut Water.

Pekerjaan pertama, Garlic, Coriander, Turmeric dan Galangal dihaluskan, kemudian bumbu yang sudah dihaluskan lalu di-sautee. Bumbu yang sudah di-sautee ditambahkan Palm Sugar, Daun Salam, Lemongrass dan Coconut Water kemudian di-simmering selama 60 menitan bersama daging ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan hingga bumbunya meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Ambil daging ayam yang telah di-simmering untuk digoreng di atas penggorengan dengan minyak mendidih (dibolak balik daging) sebentar selama 60 detik, kemudian Ayam (Goreng) Kalasan diangkat dan ditiriskan sebentar. Ayam goreng itu pun sudah bisa di-plating bersama nasi putih agar tampilnya cantik, sebelum disajikan di atas meja kerja.

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk masak Bebek Betutu terdiri dari dua tahapan. Pekerjaan pertama adalah menyiapkan Duck, Lime Leaf, Lemongrass, Salt, Pepper, Sugar dan Water. Sedangkan tahapan pekerjaan kedua adalah membuat Spice Sauce.

Untuk membuat Spice Sauce, bahan yang dibutuhkan antara lain Garlic, Shallot, Candlenut, Ginger, Aromatic Ginger (Kencur), Turmeric, Belacan (Terasi), Curly Red Chili, Red Chili, Coriander Seed.

Metode untuk masak Bebek Betutu, meliputi bumbu halus untuk membuat Spice Sauce di-sautee lebih dulu. Kemudian bumbu tersebut bersama daging bebek yang sudah diebrsihkan dan dipotong di-simmering selama 60 menitan sampai daging empuk dan bumbunya meresap.

Daging bebek yang sudah dibumbui tadi selanjutnya di-blasting (pan grill) atau dipanggang sebentar sampai merata selama beberapa menit, kemudian daging bebek itu di-plating bersama nasi putih di atas piring sebelum Bebek Betutu itu dihidangkan di atas meja kerja.

Dalam arahannya kepada mahasiswa Culinary Art Kelas Siang, Chef Yanuar kembali mengarisbawahi bahwa teknik pengolahan daging unggas (Poultry II) berikut resep masakannya –Indonesian Food-- sudah tersaji lengkap di Buku Ajar (Silabus). Dengan demikian, mahasiswa tinggal memperhatikan step by step teknik masaknya saat kerja di kitchen.

Oleh karena itu, selama praktik masak siang kemarin, dirinya mengingatkan kembali bagaimana memotong ayam (bebek) yang benar, membuang empedu agar tidak sampai pecah dan membersihkan bulu-bulu yang masih tersisa sampai bersih, sebelum daging unggas itu dimasak lebih lanjut.

”Selain itu, saya juga menekankan pentingnya teknik mem-plating masakan yang baik dan benar agar tampilannya cantik dan elegan. Kalian jangan pernah ragu untuk berkreasi saat mem-plating hasil masakan itu dengan kombinasi warna yang menarik sebelum makanan tersebut dihidangkan di meja,” pungkasnya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar