twitter

Pages

Kamis, 31 Oktober 2019

Mahasiswa Baru Culinary Art Tristar Samator Ramaikan Demo Masak Olahan Poultry II


Dari Kitchen Culinary Art Tristar Samator, Chef Yenata Candra Persembahkan Chicken Lemon Sauce


SEBANYAK 16 mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas Siang (D Class), meramaikan gelaran cooking demo bertajuk Chicken Lemon Sauce yang dipersembahkan Dosen Pengajar Culinary Art Chef Yenata Candra. Demo masak itu dihelar di Kitchen Culinary Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (30/10/2019) siang.


16 mahasiswa baru Culinary Art itu adalah Nikolaus Gabriel Susanto, Jason Hoanto, Yasinta Indah Sari, Johanna Oktaviani, Maria Andhita Premesta Cahyani, Raja Wijaya Kusuma Pagestu, Richard Rusli, Arkandika Dzaky Fawwaz, Leonardo Anatta Huang, Niza Pebrinur Rahman, Frendy Imanuel Teguh, Leonardus Dimas SA, Maulana Ilham, Nocky Anantha Permana, Rista Amalia dan Erika Vinna Aisyah.

Mahasiswa baru Culinary Art Trestelle Accademia Culinaria itu antusias mengikuti aksi ciamik Chef Yenata saat mendemonstrasikan teknik masak satu menu olahan unggas, Chicken Lemon Sauce (Ayam Goreng Saus Lemon), di Kitchen Culinary Tristar Samator Surabaya.

Bahan untuk membuat Chicken Lemon Sauce, pekerjaan pertama menyiapkan bahan untuk membuat Fried Chicken (Ayam Goreng) yang meliputi Chicken Breast, Egg, Tapioca Flour, Salt & Pepper dan Seasoning, sedangkan pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan bahan untuk membuat Lemon Sauce-nya sendiri, yakni Sanquick Lemon, Water, Custard Powder dan Seasoning.

Saat demo membuat Fried Chicken, misalnya, ayam yang dipilih adalah bagian dadanya. Sebelum digorengm irisan daging ayam itu lebih dulu dilumuri dengan bumbu berupa campuran dari Egg, Tapioca Flour dan Seasoning, sampai merata.

Sementara itu untuk membuat Lemon Sauce, Chef Yenata memperkenalkan Custard Powder (tepung Custard) dalam wadah kaleng berkapasitas 300 gram kepada mahasiswa baru Culinary Art.

Custard sendiri merupakan campuran telur dan susu kental yang diolah dengan cara direbus. Custard sudah tersedia dalam bentuk bubuk. Sementara itu Custard Powder sendiri menggunakan beberapa bahan tambahan lainnya seperti tepung maizena, gula, susu, serta aroma (Lemon Juice) dan pewarna makanan.

Custard sering digunakan dalam proses pembuatan dessert (makanan penutup) yang berfungsi sebagai pengental vla pada pudding, mousse atau kue-kue yang membutuhkan krim sebagai pelengkapnya. Di samping itu, Custard Powder juga bisa dimanfaatkan untuk membuat saus, seperti Lemon Sauce, seperti yang saat ini dipraktikkan Chef Yenata bersama mahasiswa.

”Perhelatan cooking demo ini terkait dengan materi belajar teknik pengolahan daging unggas (Poultry II) berikut resep masakannya sudah tersaji lengkap di Buku Ajar (Silabus). Dengan demikian, mahasiswa tinggal memperhatikan step by step teknik masaknya saat kerja di kitchen,” tandas Chef  Yenata, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar