twitter

Pages

Senin, 07 Oktober 2019

Dua Kelompok Mahasiswa Adu Kreasi Buat Masakan Eropa pada Final Exam Hari Terakhir


Demi Objektivitas, Tiga Juri Cicipi Dua Set Menu Lengkap Continental Cuisines Hasil Kreasi Mahasiswa Culinary Class

UNTUK kali ketiga, enam mahasiswa Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang –terbagi dalam dua kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang— mempersembahkan dua set menu lengkap Continental Cuisines, pada final exam yang dihelat di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar, Jumat (27/09/2019) siang, akhir bulan lalu.


Kelompok 5 yang beranggotakan Sulthan Naufal, Aprilianty D. Firdarini, Bella dan Dicky menyiapkan satu set menu lengkap masakan Continental Cuisines, yakni Club Sandwich (Appetizer), Green Peas Soup (Soup) dan Grill Snapper with Butter Lemon Sauce Served with Duchess Potato & Turning Vegetable (Main Course).

Sedangkan anggota Kelompok 6 yang terdiri dari Charlie, Mickey dan Rafly juga tampil all out ketika membuat satu set menu lengkap masakan Continental Cuisines, yakni Shrimp Bruschetta (Appetizer), Zuppa Soup (Soup) dan Pan Fry Stuffed Chicken with Sauted Vegetable & Croquette (Main Course).

Dua set menu lengkap Continental Cuisines persembahan mahasiswa Culinary Class yang diasuh Chef  Adeline Nadia Daniel (Della) dan Chef Nadya itu disajikan ala buffet (prasmanan).di meja uji, sebelum dicicipi dan dinilai oleh tiga juri, yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, Chef Kristian Faskahariyanto dan Chef Renny Savitri.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Selain mencicipi hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Class yang maju ujian praktik pada hari terakhir, juri juga menanyakan teknis masak Grill Snapper with Butter Lemon Sauce dan Pan Fry Chicken with Sauted Vegetable & Croquette (Main Course) yang dibuat oleh Kelompok 5 maupun Kelompok 6.

Tidak hanya menu Main Course yang dikritisi oleh tim juri, mereka juga meminta penjelasan perwakilan mahasiswa dari Kelompok 5 dan 6, saat membuat Green Peas Soup dan Zuppa Soup (Soup), sehingga cita rasa dan teksturnya relatif sama dengan sup sejenis yang biasa disajikan di hotel berbintang.

Begitu juga dengan dua kreasi salad (Appetizer), yakni Club Sandwich dan Shrimp Bruschetta persembahan Kelompok 5 dan Kelompok 6, selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi pada ujian praktik berikutnya, terutama pada final exam yang bersifat individual,” cetus Chef Ari Purwantoro, seusai penjurian di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar