twitter

Pages

Selasa, 31 Juli 2018

Mahasiswa Baru Culinary Class Praktik 'Housekeeping' di Public Area Grand Darmo Suite


Belajar Housekeeping di Grand Darmo Suite Surabaya

Mahasiswa Baru Culinary Class Akpar Majapahit Praktik ”Housekeeping” di Public Area Grand Darmo Suite Surabaya (Naskah ke-2, dari Dua Tulisan)

SELAMA mengikuti presentasi Basic Housekeeping Knowledge di Rama-Rama Longue yang disampaikan Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya, Saiful, Senin (30/07/2018) sore, 13 mahasiswa baru Culinary (C3) Akpar Majapahit Kelas Pagi, juga dikenalkan tugas dan tanggung jawab staff Housekeeping Department yang menangani public area dan gardener berikut cara me-maintenance perlengkapannya.


Tujuan membersihkan public area dan gardener itu selain demi kepentingan tamu yang menginap di hotel dan juga untuk staf operasional hotel itu sendiri. Jika lingkungan hotel bersih dan asri, tamu betah berlama-lama menginap di hotel tersebut. Demikian juga bagi karyawan hotel jika tempatnya bekerja –locker karyawan, uniform room, tempat parkir, toilet, smoking area, musholla-- lingkungannya bersih dan nyaman, diharapkan mereka semakin produktif. 

”Demi memudahkan pekerjaan di lapangan, Housekeeping Department juga menyusun Cleaning Schedule, baik pekerjaan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semester hingga tahunan (annually),” kata Saiful di hadapan mahasiswa baru Akpar Majapahit, kemarin.

Untuk membersihkan lantai marmer di area front office dengan air bersih (wet cleaning treatment), dilakukan setiap hari. Namun jika menggunakan teknik dry cleaning treatment memakai cleaning chemical agent, maka pekerjaan memoles lantai marmer itu cukup dilakukan seminggu sekali supaya lantai marmer tetap mengkilap.

Perlengkapan untuk membersihkan public area hotel dibedakan dua, yakni manual cleaning equipment (seperti sikat, sapu, micro fiber, spoon, glove dan lain-lain), dan yang kedua adalah mechanical cleaning equipment (misalnya vacuum cleaner, polishing, blower, extractor machine, water pressure dan yang lainnya). 

Penggunaan peralatan seperti vacuum cleaner, polishing, blower, extractor machine yang juga ditunjukkan Saiful dan R. Paulus W. Soetrisno kepada mahasiswa baru Akpar Majapahit saat demo membersihkan karpet di Jayabaya Room Grand Darmo Suite Surabaya,  Senin (30/07/2018) sore.

Selain itu, mahasiswa baru Akpar Majapahit juga dikenalkan cleaning chemical agent untuk perhotelan, seperti MPC (seperti sabun deterjen), glass cleaner (untuk membersihkan kaca dari noda), toilet whole cleaner (untuk bersih-bersih toilet), cream cleaner (sabun cair) dan sebagainya.

Sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, sebaiknya Anda mengenali lebih dulu sifat-sifat cleaning agent untuk hotel. Bahan kimia pembersih yang bersifat basa (pH di atas 7) seperti MPC, sabun deterjen, sabun cair, sabun colek. Cleaning agent jenis ini cocok untuk membersihkan kotoran yang mengandung minyak atau lemak.

Sedangkan cleaning agent yang bersifat asam, biasanya mengandung HCl, pH-nya di bawah 7. Di pasaran bisa ditemukan produk pembersih yang bersifat asam seperti Porstex, Wixall, soda api. ”Bahan pembersih jenis ini baunya menyengat, mengeluarkan uap asap dan gatal di permukaan kulit tangan jika pemakainya tidak memakai sarung tangan dari karet,” ujar Saiful, Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya. 

Untuk itu, Anda mesti membaca Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) dan memperhatikan dulu cara penggunaannya agar tidak bermasalah nantinya. Di dalam LDKB itu juga dicontohkan bagaimana penanganan darurat jika terjadi kesalahan fatal saat memakai bahan-bahan cleaning chemical agent tersebut.

Usai praktik Housekeeping (HK) di public area Grand Darmo Suite Surabaya, 13 mahasiswa baru Culinary (C3) Akpar Majapahit Kelas Pagi menikmati sajian makan siang bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Rama-Rama Longue, Senin (30/07/2018) sore.

Makan siang ala buffet di Rama-Rama Longue itu menyajikan Asparagus Soup (Soup) dan menu Main Course terdiri dari Nasi Putih, Chicken Canton, Dori Sauce Bangkok, Beef Pasta Grauzin, Mix Vegetable Garlic, Kweetiauw Goreng Telur, dan Kerupuk + Sambal dan Sauce. Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Buah Iris (Slice Fruits), Pudding, Aneka Cakes,  Es Manado, Jus Buah Kiwi dan Mineral Water

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar