twitter

Pages

Selasa, 31 Juli 2018

Mahasiswa Baru Culinary Class Belajar 'Hotel Introduction' di Midtown Hotel Surabaya


Dari Kunjungan Industri di Midtown Hotel Surabaya 

Mahasiswa Baru Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi Belajar ”Hotel Introduction” di Midtown Hotel Surabaya

SEBANYAK 13 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (C3) Kelas Pagi belajar Hotel Introduction (Pengantar Perhotelan) di Midtown Hotel Jl. Basuki Rahmat No. 76 Surabaya, Jumat (27/07/2018) siang. Kunjungan mahasiswa ke industri tersebut di dampingi Dosen Pengantar Perhotelan Peter ST, Dosen Beverage Product, Yoseph Agung Priyo Widodo, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Direktur Tristar Institute Drs EC Andrean L. Bandoro, MBA, MM, MM.Par. 


Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit disambut oleh Human Resource Manager Midtown Hotel Surabaya Didiek Prabowo, Sales & Marketing Manager Andra, Sales Executive Midtown Hotel Busro dan Yenny Agustina di lobi hotel bintang tiga tersebut.

Sebelum belajar tentang sisik melik Hotel Introduction (Pengantar Perhotelan), Human Resource Manager Midtown Hotel Surabaya, Didiek Prabowo menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut lebih dulu kepada mahasiswa baru Akpar Majapahit. 

Acara pertama, mahasiswa dipersilakan menikmati jamuan makan siang bersama bertajuk Nusantara Buffet Lunch di Townhall Restaurant. Waktunya sekitar 45 menitan. Selanjutnya tour hotel dan showing room selama 15 menitan yang dipandu langsung oleh pihak hotel.

”Sedangkan acara penutup adalah presentasi Pengantar Perhotelan di Nusa 1 Meeting Room. Ruang pertemuan berkapasitas 20 orang (di-set up Class Room) ini menempati area seluas 32 m2. Untuk presentasi itu durasinya kurang lebih satu jam termasuk sesi tanya jawab,” kata Didiek Prabowo, HR Manager Midtown Hotel Surabaya, Jumat (27/07/2018) siang.

Menu yang ditawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pihak Townhall Restaurant mengemas acara makan siang bertajuk Nusantara Buffet Lunch yang menyajikan berbagai macam hidangan istimewa khas Nusantara dengan harga IDR 75.000 nett/pax. 

“Sedangkan menu makan malam yang bertema International Buffet Dinner menyajikan aneka makanan Asian Food, European Food dan Middle East Food dengan harga IDR 99.000 nett/pax,” kata Busro, Sales Executive Midtown Hotel Surabaya seraya menunjukkan brosus promo dari Townhall Restaurant.

Saat makan siang itu, menu prasmanan yang tersedia antara lain rujak manis, rujak gobet dan aneka kue/roti (Appetizer), sayur asem dan sup bakso tahu jamur (Soup), nasi putih, nasi goreng Jawa, mie goreng Jawa, baby caylan garlic, chicken potato, telur bumbu petis, tahu tempe bacem dan aneka kerupuk + sambal (Main Course).

Sedangkan Dessert-nya sendiri terdiri dari es campur Midtown, slice fruits (semangka dan pepaya), pudding, karedok, asinan Jakarta, guava juice, orange juice, infused water, mineral water, teh dan kopi. Selain itu juga ada angkringan, berupa lontong balap, nasi belalung (Bali) dan nasi gudeg (Jogja).

Selain menjual aneka produk Food & Beverage (F&B), pihak Sales Executive Midtown Hotel Surabaya juga gencar menawarkan kamar hotel kepada klien dan tamu yang datang ke sini.
Hotel yang mengoperasikan 197 kamar dengan lima tipe (Cool, Groovy, Splendid, Fabulous dan Marvelous) ini proaktif mendekati corporate, travel agencies, sekolah dan kampus-kampus untuk menawarkan acara meeting, seminar, pelatihan (training), launching produk baru hingga pesta (party) di restoran hotel berbintang tiga yang berkapasitas sampai 200 pax tersebut.

Pada sesi tour hotel dan showing room bersama Sales Executive Midtown Hotel Surabaya, Busro dan Yenny Agustina, 13 mahasiswa baru Akpar Majapahit (dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan 6-7 orang) diajak ke lantai 5, 8 dan 9 untuk melihat langsung lima tipe kamar, yakni Cool (tarifnya termurah), Groovy, Splendid, Fabulous dan Marvelous (tarifnya termahal).

Setelah acara tour hotel dan showing room, Didiek Prabowo mempresentasikan tentang Pengantar Perhotelan khususnya tentang profil Midtown Hotel Surabaya yang beroperasi di Jl. Basuki Rahmat No. 72 Surabaya sejak 2012 dan kiprahnya dalam mendukung industri pariwisata di Surabaya.

Midtown Hotel Surabaya yang berada di bawah manajemen Midtown Group ini merupakan hotel bintang tiga plus dengan konsep hotel bisnis yang mengusung tagline: Our Dreams, Our Commitment

Selain Midtown Hotel Surabaya, jaringan hotel bintang tiga dan empat yang dikelola Midtown Group antara lain Verwood Hotel di Jl Dukuh Kupang Timur Suraya, Crown Prince Hotel & Apartment Residence (Bintang 4), Marvell Surabaya City Hotel di Jl Ngagel Surabaya (Bintang 4), Midtoon Residence Jakarta (Bintang 4) dan Midtown Hotel Kalimantan (Bintang 3).

Nama Midtown diadopsi langsung dari Eropa sejak 2012 silam, yang kini telah di-franchise di Indonesia dan manajemennya  di bawah payung Midtown Group. Midtoen Group selain merambah bisnis hotel juga residence dan mengelola mall.

Untuk bisa eksis di bisnis hospitality, jaringan hotel di bawah Midtown Group khususnya Midtown Hotel Surabaya tetap fokus memasarkan kamar hotel dan F&B Service, sebagai target revenue yang utama, sedangkan penjualan di luar kamar (Room Service) dan F&B Service merupakan revenue yang menjadi pendukung penjualan kamar hotel dan F&B Service.

Dalam kesempatan itu, Didiek Prabowo juga memberikan tips & trik berkarier di hotel bagi mahasiswa baru Culinary Class Akpar Majapahit. Jika saat ini passion Anda adalah fokus belajar pastry dan culinary, namun saat berkarier di industri perhotelan bisa saja Anda bersinar di Front Office (FO), Housekeeping, Accounting & Finance, Sales & Marketing, Human Resources, Kitchen bahkan menjadi General Manager (GM) sebuah hotel berbintang.

”Pasalnya tidak semua lulusan Perhotelan Konsentrasi Pastry dan Culinary ujuk-ujuk menjadi Head Chef atau Executive Chef. Mereka yang ingin bekerja di kitchen sebuah hotel, harus menapaki jenjang karier mulai dari Cook Helper, Cook 1, Cook 2, Demichef, CDP, Sous Chef dan puncaknya menempati posisi sebagai Head Chef atau Executive Chef,” terang Didiek, sapaan akrab HR Manager Midtown Hotel Surabaya itu.

Sementara itu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R.Paulus W. Soetrisno M.Par menambahkan, demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri, maka pihaknya meminta mahasiswa baru Akpar Majapahit untuk mempergunakan setiap kesempatan emas dengan sebaik mungkin saat Anda bertemu pelaku industri demi meningkatkan kompetensi profesi di industri perhotelan dan pariwisata. 

”Kunjungan industri bagi mahasiswa baru ini terkait dengan aplikasi mata kuliah umum (MKU) Hotel Introduction yang kami ajarkan di kelas. Terobosan baru ini bertujuan membuka mind set mahasiswa seputar perkembangan terkini bisnis perhotelan yang lagi booming belakangan,” tambah Peter ST, Dosen Pengantar Perhotelan Prodi Perhotelan Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar