twitter

Pages

Rabu, 18 Juli 2018

Mahasiswa Culinary Class Praktik Masak 'Italian Food' Bersama Chef Ari


Praktik Masak Italian Food di Dapur Culinary 1 Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Class Buat Sicilian Mix Grill, Chicken Rosemary with Pesto dan Spaghetti with Shrimp & Mussel


MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi (C1) yang diasuh oleh chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, selama 10 hari pertemuan sejak Senin (16/07/2018) lalu hingga Jumat (27/07/2018) mendatang, dibekali pengetahuan teknik masak 30-an resep masakan Italian Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Dapur Culinary, kami rata-rata membuat tiga resep Italian Food. Jika pembelajaran masak makanan Italian Food itu dilakoni 10 kali pertemuan, maka mahasiswa diajarkan membuat sekitar 30-an resep masakan khas Negeri Pizza Italia,” kata Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Rabu (18/07/2018) siang.

Pengolahan makanan Italia ini merupakan pelajaran selama dua minggu. Mahasiswa akan diberi pengenalan mengenai konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak masakan Italia. Produksi akan dititikberatkan pada bahan-bahan tradisional dan yang umum disajikan di restoran dan hotel-hotel.

Praktik masak Italian Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada enam mahasiswa Culinary Kelas Pagi (C1) seputar teknik memasak aneka makanan khas Italia yang citarasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri.

Sebelum diajarkan masak aneka resep Italian Food, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit sudah dibekali Basic Cookery Knowledge (Pengantar Dasar Memasak) selama sepekan yang diselenggarakan di Dapur Culinary 1 pada 09-14 Juli 2018 lalu.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (16/07/2018) lalu, Chef Ari mengajarkan anak didiknya memasak tiga resep Italian Food yakni Zucchini Tomato & Mushroom Sauce, Grilled Bluegrass Chicken dan Mushroom Ravioli in Rosemary Garlic Cream.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (17/07/2018) pagi, Chef Ari bersama asistennya, Chef Masario membekali anak didiknya cara memasak Chicken Pepper Corn, Risoto with Parmesan dan Cannelioni with Spinach

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Rabu (18/07/2018) pagi, mahasiswa Culinary Class praktik masak tiga resep Italian Food yakni Sicilian Mix Grill, Chicken Rosemary with Pesto dan Spaghetti with Shrimp & Mussel.

”Sedangkan pada tatap muka hari terakhir, Jumat (27/07/2018) nanti, kami akan berbagi ilmu dengan mahasiswa Culinary Class cara memasak Chicken Picata, Fusili Salad dan Caramelized Sweet Potato sesuai Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa,” kata Chef Ari sapaan akrabnya.

Enam mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang hadir pagi itu praktik masakan secara individual di Dapur Culinary 1. Untuk mengetahui siapa yang terbaik masakannya dari aspek tekstur, rasa dan penampilan plating-nya maka setiap mahasiswa itu berusaha tampil all out.

Hal itu terlihat jelas sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing untuk dikritisi hasil kreasi masakannya. Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Selain itu, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga kami bekali pengetahuan tentang pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan di industri,” pungkasnya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar