twitter

Pages

Kamis, 26 Juli 2018

Usai Belajar Entrepreneurship, Mahasiswa 'Dinner Buffet' di Kokoon Restaurant


Sisi Lain dari Belajar Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya

Setelah Belajar Entrepreneurship, 20 Mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit ”Dinner Buffet” di Kokoon Restaurant 


SETELAH praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya Jl. Slompretan No. 26 Surabaya sekitar dua jam, 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, diajak menikmati sajian makan malam bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Kokoon Restaurant, Senin (23/07/2018) malam.

Dinner buffet di Kokoon Hotel Surabaya ini antara lain menyajikan menu Crab & Corn Soup (Soup) dan Main Course-nya sendiri meliputi Nasi Putih (Steamed Rice), Nasi Goreng Mentega, Mie Goreng Thailand, Kakap Balado, Ayam Goreng Serai, Baby Caylan Garlic, dan Kerupuk

Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Slice Fruits (Melon, Pepaya dan Semangka), Orange Juice, Guava Juice, Ice Apple Tea dan Infused Water. Menu makan malam yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera mahasiswa yang baru saja selesai melakoni praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya.

Dalam kesempatan itu, General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin mengatakan, revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia (domestik maupun mancanegara) hotel berbintang tiga yang mengusung konsep Heritage Hotel tersebut. 

”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, European Cuisines, Middle East Cuisines, Chinese Food atau Japanese Food,” kata Hassanudin 

Terkait dengan praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya bagi mahasiswa Akpar Majapahit, pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa lain, dari Akpar Majapahit on the job training di sini,” ujar Hassan sapaan akrab GM Kokoon Hotels Surabaya tersebut. 

Beberapa mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit, seperti Jonathan, Ika, Ronald antusias mendengarkan penjelasan GM Kokoon Hotels Surabaya yang malam itu mendampingi mahasiswa praktik Entrepreneurship. Mereka pun tak segan menanyakan kepada Hassanudin seputar suka dukanya berkarier di dunia perhotelan. 

Hassan juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Hassanudin.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau cafĂ© dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” cetusnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar