twitter

Pages

Minggu, 15 Juli 2018

Mahasiswa Baru Culinary Class Akpar Majapahit Belajar 'Basic Cooking'


Pengenalan Dasar Masak di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Graha Tristar
Awalid9
Chef Yanuar Bekali ’’Basic Cooking Knowledge’’ kepada 22 Mahasiswa Baru Culinary Class Akpar Majapahit


PADA  pekan kedua Juli 2018, tepatnya mulai Senin (09/07/2018) hingga Jumat (20/07/2018), 22 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Pagi dan Siang, dikenalkan pengetahuan dasar memasak oleh Chef Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM, Dosen Pengantar Dasar Masak (Basic Cooking Knowledge), di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

12 mahasiswa baru Culinary Kelas Pagi adalah Emmanuela Angelia Soetanto, Deby Lohta Tiro, Angelica Nathalya Kusuma, Eugennia Audrey Rhadian, Maria Avilla Anggita, Edsel Delano Gondo Saputro, Timothy Chandra, Natasha Virginia Wuwungan, Amelia Julyani Veren Toyo, Veronica Paulina Imanuel Utama, R. Moch. Indradjati dan Ronnan Ahmad Multazam Pasha.

Sedangkan 10 mahasiswa baru Culinary Kelas Siang yakni Yanuar Agung Nugraha, Muhammad Akbar, Mochammad Khoirun Najmi, Christopher Benson Maja Tambur, Rastra Cewakotama, James Natanael MM, Muhammad Erlang Athailah Audrey W., Tan Vincent Reonaldo Chandra, Eduardo Prakoso Suliantoro dan Wildan Ahmad.

Tidak seperti sebelumnya, dalam pembelajaran praktik masak di Dapur Culinary 3, Lantai 3, Graha Tristar kali ini (mulai pertengahan 2018), Chef Yanuar tidak lagi membagi 10 mahasiswa baru Culinary Kelas Siang itu dalam lima kelompok kerja, melainkan sudah per individu. Artinya satu mahasiswa kebagian satu stove (kompor gas) karena di Dapur Culinary 3 sekarang tersedia 13 unit stove lengkap dengan peralatannya.

Dalam kuliah perdana, Senin (09/07/2018) siang, pekan lalu, chef Yanuar sapaan akrab Yanuar Kadaryanto, menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teori-teori memasak Prancis klasik termasuk prinsip-prinsip resep dan menu dari Escoffier.

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Yanuar kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Culinary 3, Jumat (13/07/2018) pagi.

Sedangkan pada tatap muka hari keempat, Kamis (12/07/2018) siang, misalnya, mahasiswa diajarkan bagaimana membuat schrambled & vegetable cutting yang meliputi brown beef stock, white chicken stock, white fish stock dan white beef stock.

Pada pertemuan hari berikutnya, Jumat (13/07/2018) siang, Chef Yanuar bersama asistennya, Chef Masario Wahyu Saputra SKG mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side up & vegetable cutting yang terdiri dari béchamel, veloute, espagnole, tomato concasse dan tomato sauce (aneka sauce).

Sedangkan pada tatap muka hari keenam, Senin (16/07/2018) siang, mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat egg cookery seperti omelette, scrambled egg on toast & vegetable cutting yang meliputi chasseur, demi glace, supreme dan allemande.

Sementara itu pada pertemuan hari ketujuh Selasa (17/07/2018) siang, mahasiswa dikenalkan tentang kebersihan dan keselamatan kerja. Untuk memahami ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat poach egg & fitting chicken yang terdiri dari Italian sauce, piquante, lyonnaise dan diable.

Selanjutnya pada tatap muka hari kedelapan, Rabu (18/07/2018) siang, mahasiswa diajarkan Chef Yanuar dan asistennya cara membuat butter sauce yakni hollandaise di Dapur Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar.

Pada tatap muka hari kesembilan, Kamis (19/07/2018) siang, mahasiswa baru kembali diajarkan tentang pentingnya aspek kebersihan dan keselamatan kerja, khususnya bagaimana cara membuat  vegetable salad (dressing) & filleting fish yang meliputi mayonnaise, tartar, 1000’s island dan vinaigrette, dengan menggunakan bahan-bahan seperti onion, lettuce, avocado, cucumber, cronton dan gurami fish.

”Sedangkan pada pertemuan terakhir, Jumat (20/07/2018) siang, kami menekankan kembali kepada 22 mahasiswa baru (Culinary Kelas Pagi dan Culinary Kelas Siang) untuk memahami betul Basic Cooking Knowledge yang dilakoni selama 10 hari, maka pada praktik masak selanjutnya mereka sudah terbiasa dengan Standar Operation Procedure (SOP) kerja di dapur,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar