twitter

Pages

Senin, 30 Juli 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar 'Beverage Product' di MaxOne Hotels Tidar Surabaya


Belajar Meracik Minuman Bersama Nur Halim dari MaxOne Hotels

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik ”Beverage Product” di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels
PADA hari Kamis (26/07/2018) petang, 28 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit belajar sisik melik tentang teknik meracik minuman (bartending) pada mata kuliah Beverage Product di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 3 Surabaya. Rombongan mahasiswa itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Beverage Product.


Rombongan mahasiswa Akpar Majapahit dan dosen pembimbing itu berangkat dari Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju MaxOne Hotels sekitar pukul 16.00. Setelah satu jam perjalanan, dua unit kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang ditumpangi mahasiswa merapat di area parkir hotel bintang tiga milik Mailstone Pacific Hotel Group (MPHG) tersebut.

Kedatangan rombongan mahasiswa dan dosen pembimbing disambut Food & Beverage Sales Manager (FBSM) MaxOne Hotels Tidar Surabaya Dundee dan Sales Executive Tika di lobi hotel, Setelah berbincang sejenak dengan Paulus W. Soetrisno dan Yoseph Agung Priyo Widodo, rombongan tamu istimewa MaxOne Hotels itu diajak naik lift menuju ke Lantai 7.

Di sanalah Loveshock Sky Bar sehari-hari melayani tamu dan pelanggan setianya. Pada hari kerja, Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels buka pelayanan mulai pukul 17.00 hingga pukul 01.00 (dini hari), sedangkan pada akhir pekan (long week end), Loveshock Sky Bar melayani tamu mulai pukul 17.00 sampai pukul 02.00 (dini hari).

Setelah rombongan mahasiswa Akpar Majapahit sampai di Lantai 7 MaxOne Hotels,  sudah menunggu Nur Halim, Supervisor Loveshock Sky Bar. Sebelum diajarkan seputar sisik melik teknik meracik minuman (bartending) oleh Nur Halim, rombongan mahasiswa itu diberi pengarahan singkat oleh Dundee seputar keberadaan Loveshock Sky Bar yang baru beroperasi dua tahun ini. 

”Pasalnya, grand opening Loveshock Sky Bar ini dilakukan pada tanggal 6 November 2016 lalu berbarengan dengan peresmian MaxOne Hotels oleh Wagub Jatim Drs H Saifullah Yusuf,” kata Dundee, FBSM  MaxOne Hotels Tidar Surabaya kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (26/07/2018) malam.

Selanjutnya giliran Supervisor Loveshock Sky Bar MaxOne Hortels, Nur Halim yang dipercaya pihak manajemen hortel untuk berbagi ilmu seputar sisik melik bartending dengan 28 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit.

Halim, sapaan karibnya, pertama-tama mengenalkan seputar profil singkat dirinya yang mantap berprofesi sebagai bartender di hotel berbintang dan bagaimana mengawali perjalanan kariernya dari seorang waiters (penyaji minuman di bar) hingga merangkak naik kelas menjadi seorang peracik minuman yang andal (bartender).

”Salah satu kunci suksesnya adalah kemauan untuk belajar terus menerus karena saya setiap hari menekuni pekerjaan tersebut, maka saya pun semakin piawai dalam meracik berbagai jenis minuman di bar,” terang Nur Halim di hadapan mahasiswa. 

Sebelum diajarkan praktik meracik minuman di Loveshock Sky Bar, Nur Halim antara lain memperkenalkan jenis minuman non alkohol (mocktail seperti aneka juice) dan minuman beralkohol (cocktail). Khusus untuk minuman beralkohol termasuk jenis-jenis spirit,  Nur Halim pun menunjukkan beberapa botol minuman jenis spirit yang telah tersedia di bar tersebut seperti gin, vodka, whisky.

Untuk kelompok minuman beralkohol misalnya rum, vodka, gin, tequila, triple sec, bourbon, whisky, scoth, dry vermouth, sweet vermouth, lime juice dan grenadine. Sedangkan jenis-jenis spirit (termasuk juga minuman beralkohol) adalah whisky, vodka, cognac (brandy), gin, rum, tequila, absinthe, akvarct, liqueur dan bitter.

Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan aneka juice antara lain orange juice, pineapple juice, cranberry juice, sweet & sour dan grape fruit juice. Juga beberapa jenis wine (anggur). Di bar tersebut juga tersedia air mineral dan ice cube.

Halim juga menunjukkan peralatan yang wajib tersedia di bar mulai aneka jenis gelas (glassware), meja, ice maker, tools bar seperti shacker, blender, bottle opener, wine opener, stainer, bar spoon. Selain itu ada rak gelas, stow, deterjen, korek api, alat tulis kantor (stationaries) seperti captain order, kertas, drink list, ball point.

Dalam kesempatan itu, Nur Halim juga mengambil contoh minuman beralkohol yang dituang dalam gelas piala untuk dicium aromanya oleh mahasiswa. Dari aroma alkoholnya diharapkan mahasiswa tahu jenis-jenis (nama) minuman termasuk merek dagangnya. Sehingga saat meracik minuman yang dipesan kastemer, mereka tidak keliru saat menyajikan minuman itu kepada tamu atau pengunjung bar. 

Setelah sesi tanya jawab, Nur Halim  kemudian mendemonstrasikan cara meracik minuman di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit. Minuman yang dibuat di Love Shock Sky Bar Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya, terdiri dari empat resep minuman jenis Cocktail dan dua resep minuman lainnya berjenis Mocktail.

Dalam demo meracik minuman tersebut, Nur Halim kali pertama membuat Cocktail berjudul Lychee Martini (jenis sweet & soul cocok banget buat cewek). Bahannya antara lain dry gin, vodka, lychee liquor, jeruk nipis (lime), simple syrup dan ice cube.

Demo selanjutnya adalah meracik minuman yang diberi titel Cranberry Brezee (masuk kelompok Cocktail), yang bahannya meliputi cranberry juice, vodka, dry gin, simple syrup dan ice cube. Racikan cocktail yang ketiga adalah Green Illution. Bahan untuk meracik Green Illution antara lain melon liquor, blue coracao, dry gin, vodka, jerus nipis (lime) dan ice cube.

”Demo meracik minuman resep yang keempat yakni Cuba Libra. Minuman beralkohol ini bahannya terdiri atas vodka, cola, simple syrup, lime dan buah cherry sebagai garnish-nya,” kata Nur Halim di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.

Selanjutnya Nur Halim memdemonstrasikan teknik membuat dua resep minuman jenis Mocktail (non alkohol) yakni Strawberry Smoothies (dari buah strawberry, yoghurt, fresh milk, simple syrup, marjan syrup, ice cream, perasan ime lalu di-blender) dan Virgin Blood (buah strawberry, marjan syrup, strawberry juice, lime kemudian di-shake, untuk garnish-nya sendiri menggunakan sugar yang ditabur di bibir gelas dan irisan buah strawberry).

Usai mendemonstrasikan keahliannya meracik dua resep minuman non alkohol (mocktail) dan empat resep minuman beralkohol (cocktail), Halim mempersilakan mahasiswa untuk mencicipi sajian menu makan malam secara prasmanan (dinner buffet) di Sky Box –ruang makan VIP bagi tamu Loveshock Sky Bar—sambil menikmati indahnya pemandangan kota Surabaya di malam hari dari Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya. 

Menu sajian makan malam tersebut meliputi spring roll (appetizer), chicken corn soup (soup), nasi goreng yong chow, mie goreng special, cap cay, breaded dori dan kerupuk (main course), sedangkan dessert-nya adalah pudding, slice fruit (melon), ice tea dan mineral water di Sky Box.

Sementara itu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja

Oleh karena itu, dalam demo meracik minuman di Loveshock Sky Bar MaxOne Hotels tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan. Dengan demikian, pembelajaran langsung di sini besar manfaatnya bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bar sebuah hotel berbintang.

Setelah menikmati lezatnya menu dinner buffet di Sky Box acara ditutup dan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit pun pamit kepada pihak MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar