twitter

Pages

Kamis, 19 Juli 2018

Mahasiswa Advanced Pastry Class Belajar 'Food Technology' Bersama Chef Anastasia


Praktik FoodTech di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Masak Buat Aneka Olahan Keripik untuk Usaha Komersial
PERKULIAHAN mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit kembali bergulir pekan ini, setelah libur panjang Idul Fitri 2018 sampai 15 Juli 2018. Pada awal perkuliahan pekan ketiga Juli 2018 ini, 11 mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan pengetahuan seputar sisik melik cara membuat aneka olahan keripik dengan sentuhan Food Technology untuk usaha komersial.


Untuk pembelajaran tersebut, mahasiswa Advanced Pastry Class dibimbing langsung oleh Chef Anastasia Kristien STP, Dosen Food Technology Akpar Majapahit di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

11 mahasiswa Advanced Pastry Class yang mengikuti praktik pembelajaran ini adalah Abigail Gabriela, Steven Irfan Wibisono, Kenneth Tulangow, Ivony Wijaya Limantara, Ratu Isnaeny Surya, Nouva Swisstania Fasma, Athalia Stefi Mulyadi, Merliana Sari, Aldiansyah Zulfahmi, Ryan Halim dan Agnes Silviana.

Pada tatap muka hari pertama Senin (16/07/2018) siang, Chef Anastasia Kristien dan asistennya, Felicia, membekali anak didiknya teori dan praktik seputar teknik membuat olahan keripik pisang (Banana Chips Sweet dan Banana Chips Salted) dengan sentuhan Food Technology di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar.

Demi memudahkan pekerjaan di Dapur Pastry 2 tersebut, 11 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit itu dibagi tiga kelompok. Masing-masing beranggotakan 3-4 orang untuk setiap kelompoknya.

Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (17/07/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan teknik membuat olahan keripik ketela ungu (Purple Sweet Potato Chips) dan keripik kentang (Potato Chips) di Dapur Pastry 2.

Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (18/07/2018) siang, giliran Chef Anastasia dan asistennya mengajarkan anak didiknya cara membuat olahan keripik singkong (Cassava Chips Salted dan Cassava Chips Season) yang gurih, renyah dan pedas (khusus untuk keripik singkong balado).

”Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Kamis (19/07/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class praktik masak membuat olahan keripik tempe dan keciput.,” terang Chef Anas, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
.
Saat praktik masak membuat aneka olahan keripik di Dapur Pastry 2, mahasiswa juga dikenalkan mesin penapis minyak dan hand mini sealer. Dengan memanfaatkan mesin penapis minyak, maka keripik yang dihasilkannya jauh lebih kering hingga 80-90 persen.karena kandungan minyaknya telah berkurang banyak.

”Sedangkan penggunaan hand mini sealer memungkinkan produk olahan makanan tersebut bisa dikemas dan disimpan dalam wadah plastik kedap udara. Dengan teknik pengemasan sederhana seperti itu maka kualitas keripik tetap terjaga, renyah dan bisa disimpan lebih lama,” terang Chef Anastasia kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya..

Untuk pertemuan hari terakhir, Jumat (20/07/2018) siang, 11 mahasiswa Advanced Pastry Class diuji membuat kreasi keripik menurut versi mereka sendiri dan mengemas keripik hasil kreasinya yang sudah diberi etiket dengan hand mini sealer. Peserta ujian itu juga diminta untuk presentasi singkat di hadapan dosen pembimbing.

Presentasi business plan itu isinya antara lain mengupas tentang sejauh mana kekuatan, kelemahan dari peluang usaha aneka olahan keripik dan tantangan ke depannya agar rintisan usaha (skala rumahan atau home industry) itu bisa eksis dan berkembang melalui pendekatan Strenght, Weakness, Opportunity & Threat (SWOT)

Selain diminta untuk menghitung costing, harga pokok produksi (HPP) berikut harga jualnya (secara retail maupun grosir), biaya operasional termasuk ongkos produksi, tenaga kerja, pemasaran dan promosi (bagaimana sasaran market-nya), juga membuat kemasan produk yang menarik sehingga produk itu disuka konsumen dan laris manis di pasaran.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar