twitter

Pages

Selasa, 31 Juli 2018

Mahasiswa Advanced Pastry & Advanced Culinary Class Belajar Marketing Perhotelan di Midtown Hotel


Dari Kunjungan Industri di Midtown Hotel Surabaya 

18 Mahasiswa Advanced Pastry & Advanced Culinary Class Belajar  Marketing Perhotelan di Midtown Hotel 

SEBANYAK 18 mahasiswa Advanced Pastry dan Advanced Culinary Class Akpar Majapahit belajar Marketing Perhotelan di Midtown Hotel Jl. Basuki Rahmat No. 76 Surabaya, Senin (30/07/2018) pagi. Kunjungan mahasiswa ke industri tersebut di dampingi Dosen Hotel Marketing Perhotelan Maftucha Dipl.Hot., SE, M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Kedatangan rombongan mahasiswa Advanced Pastry dan Advanced Culinary Class Akpar Majapahit itu disambut oleh Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Surabaya Andra, Sales Executive Busro dan Public Relation Officer Firmandy di lobi hotel bintang tiga tersebut.

Sebelum belajar tentang sisik melik Marketing Perhotelan, Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Surabaya, Andra menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut lebih dulu kepada mahasiswa baru Akpar Majapahit. 

Acara pertama, tour hotel meliputi showing room & kitchen selama 30 menitan yang dipandu langsung oleh pihak hotel. Usai mengikuti showing room & kitchen, acara selanjutnya menghadiri presentasi Marketing Perhotelan di Nusa 1 Meeting Room.

Ruang pertemuan berkapasitas 20 orang (di-set up ala Class Room) ini menempati area seluas 32 m2. Untuk presentasi itu durasinya kurang lebih satu jam termasuk sesi tanya jawab dengan Andra (Sales & Marketing Manager) bersama  Busro (Sales Executive) dan Firmandy (Public Relation Officer) Midtown Hotel Surabaya.

”Sedangkan acara penutup, mahasiswa dipersilakan menikmati jamuan makan siang bersama bertajuk Nusantara Buffet Lunch di Townhall Restaurant,” kata Busro, Sales Executive Midtown Hotel Surabaya, Senin (30/07/2018) pagi.

Hotel yang mengoperasikan 197 kamar dengan lima tipe (Cool, Groovy, Splendid, Fabulous dan Marvelous) ini proaktif mendekati corporate, travel agencies, sekolah dan kampus-kampus untuk menawarkan acara meeting, seminar, pelatihan (training), launching produk baru hingga pesta (party) di restoran hotel berbintang tiga yang berkapasitas sampai 200 pax tersebut.

Pada sesi tour hotel dan showing room bersama Sales Executive Midtown Hotel Surabaya, Busro, 18 mahasiswa Advanced Pastry dan Advanced Culinary Class Akpar Majapahit (dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan 9 orang) diajak ke lantai 5, 8 dan 9 untuk melihat langsung lima tipe kamar, yakni Cool (tarifnya termurah), Groovy, Splendid, Fabulous dan Marvelous (tarifnya termahal).

Sebelum showing room bersama Mr. Busro, mahasiswa Akpar Majapahit itu lebh dulu diajak Firmandy, Public Relation Officer Midtown Hotel untuk melihat mekanisme kerja di kitchen hotel sekaligus berdiskusi langsung dengan Head Chef Midtown Hotel Heru Atmadji.

Keberadaan kitchen hotel ini menyatu dengan Townhall Restaurant. Fasilitasnya boleh dibilang lengkap untuk kegiatan masak memasak. Dapur ini hampir 100 persen untuk kegiatan hot kitchen (culinary) dan tidak dilengkapi alat pendingin ruangan (AC).

”Kalau di hotel bintang empat ke atas, hot kitchen dan cool kitchen aturannya dibuat terpisah. Namun untuk hotel bintang tiga seperti Midtown Hotel, kitchen-nya jadi satu seperti ini,” kata Heru Atmadji sambil menunjukkan fasilitas kitchen-nya kepada mahasiswa Akpar Majapahit.

Setelah acara mengikuti rangkaian acara showing room & kitchen selama 45 menitan, mahasiswa diajak ke Nusa 1 Meeting Room untuk mengikuti presentasi seputar sisik melik Marketing Perhotelan. Sebagai pembicaranya adalah Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Surabaya Andra. Ia mempresentasikan materi tentang Marketing Perhotelan khususnya di Midtown Hotel Surabaya sendiri.

Hotel bintang 3 plus yang berada di bawah manajemen Midtown Group ini merupakan hotel bisnis yang mengusung tagline: Our Dreams, Our Commitment. Midtown Hotel Surabaya yang beroperasi sejak 2012 silam, kini juga menyasar keluarga (di samping kalangan pebisnis), menyusul banyaknya tamu dari kalangan keluarga yang berlibur di Surabaya.

Untuk bisa eksis di bisnis hospitality, jaringan hotel di bawah Midtown Group khususnya Midtown Hotel Surabaya tetap fokus memasarkan kamar hotel dan F&B Service, sebagai target revenue yang utama. Selain menjual aneka produk Food & Beverage (F&B), pihak Sales Executive Midtown Hotel Surabaya juga gencar menawarkan kamar hotel kepada klien dan tamu yang datang ke sini. 

Menurut Andra, untuk menjadi seorang sales & marketing hotel yang sukses dan profesional di bidangnya, setidaknya ada tiga konsep yang wajib diperhatikan baik-baik yakni sikap (attitude), perhatian (attention) dan tindakan (action).

Mengingat bisnis hotel termasuk dalam kelompok industri jasa maka pendekatannya berbeda dengan industri manufaktur (memproduksi barang). Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan klien (tamu hotel bisa perorangan maupun corporate atau gouverment) termasuk me-maintain klien tersebut agar menjadi pelanggan loyal, merupakan keniscayaan. 

Untuk memudahkan kerja sales & marketing staff, maka ada beberapa patokan yang harus diperhatikan demi pencapaian target yang telah diproyeksikan (bulanan, triwulan, semester atau tahunan), yakni dengan menyusun action plan

Misalnya, tim marketing Midtown Hotel Surabaya menyiapkan promo Merah Putih bertajuk Pesta Rakyat dan promo Idul Adha (selama Agustus 2018). Sasaran yang dibidik pelanggan perorangan, corporate maupun gouverment dengan membuat penawaran melalui media sosial maupun e-mail.

Sementara itu, usai mengikuti presentasi yang dibawakan Sales & Marketing Manager Midtown Hotel Andra,  pihak Townhall Restaurant mengemas acara makan siang bertajuk Nusantara Buffet Lunch. Mereka menyajikan berbagai macam hidangan istimewa khas Nusantara bagi mahasiswa Akpar Majapahit. 

Saat makan siang pada hari Senin (30/07/2018) itu, menu prasmanan yang tersedia antara lain rujak manis, rujak gobet dan aneka kue/roti (Appetizer), sayur asem Jakarta (Soup), nasi putih, bakmi anglo, ayam goreng terasi, ikan acar kuning, telur bumbu petis, tahu tempe bacem dan aneka kerupuk + sambal (Main Course).

Sedangkan Dessert-nya sendiri terdiri dari es buah telasih, slice fruits (semangka dan pepaya), pudding, karedok, asinan Jakarta, guava juice, sirsak juice, infused water, mineral water, teh dan kopi. Selain itu juga ada angkringan, berupa lontong balap, nasi belalung (Bali) dan nasi gudeg (Jogja).

Sementara itu, Dosen Marketing Perhotelan Akpar Majapahit Maftucha Dipl.Hot., SE, M.Par mengatakan, demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri.

”Kunjungan industri bagi mahasiswa baru ini terkait dengan aplikasi mata kuliah umum (MKU) Marketing Perhotelan yang kami ajarkan di kelas. Terobosan baru ini bertujuan membuka mind set mahasiswa seputar perkembangan terkini bisnis perhotelan di Surabaya,” kata Maftucha kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar