twitter

Pages

Sabtu, 28 September 2019

Dua Hari Sukseskan Final Exam Bertajuk Layered Dough di Kitchen Tristar Institute Manyar


Dari Kitchen Pastry Tristar Manyar, Mahasiswa Pastry Class Persembahkan 67 Kreasi Croissant & Danish Cake


UJIAN praktik individual membuat aneka kreasi Croissant dan Danish Cake bertajuk Layer Do memang telah berakhir, Senin (23/09/2019) petang, setelah 67 mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) berjibaku selama dua hari demi memperrsembahkan kreasi terbaiknya. Sebanyak 67 mahasiswa Pastry Class itu berasal dari Kelas A, B, C dan D yang diasuh oleh Chef Ita Suhervin AMd.Par dan Chef Fitri Shyntiadewi SE.

Rinciannya, 37 mahasiswa Kelas A dan C yang dibimbing Chef Ita telah menjalani ujian teori dan ujian praktik (final exam), pada Kamis (19/09/2019) dan Jumat (20/09/2019), pekan lalu. Sedangkan 30 mahasiswa Kelas B dan D yang diasuh Chef Fitri baru maju ujian teori dan ujian praktik (final exam)-nya pada Jumat (19/09/2019) dan Senin (23/09/2019).

”Selama ujian teori di ruang kuliah, materi yang kami ujikan antara lain berupa pengetahuan umum seputar roti (breads) dan cakes, pengetahuan bahan, teknik pengolahan bahan, teknik membuat adonan hingga cara menghias cakes,” kata Chef Ita di dampingi koleganya Chef Fitri Shyntidewi di ruang kerjanya, Senin (23/09/2019).

Ujian teori ini, lanjut Chef Fitri, demi me-refresh pemahaman mahasiswa Pastry Class tentang pengolahan roti dan cakes, sebelum mereka mengikuti ujian praktik secara individual bertema Layered Dough di Kitchen Pastry Tristar Manyar pada Jumat (20/09/2019) dan Senin (23/09/2019).

Berdasarkan tema Layered Dough dalam final exam tersebut pihaknya ingin mengukur sejauh mana kemampuan mahasiswa Pastry Class mengaplikasikan teknik pengolahan adonan berlapis ketika membuat aneka kreasi Croissant dan Danish Cake.

Final exam yang mengangkat tema Layered Dough antara lain bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat Croissant & Danish khusus pengolahan kue dengan teknik adonan berlapis hingga diajarkan cara menghiasnya di Kitchen Pastry Tristar Manyar Surabaya.

”Pada final exam tersebut, setiap peserta ujian bebas mengangkat kreasi kue dengan teknik pengolahan adonan berlapis sesuai tema yakni Layered Dough dan kue yang dikreasikan itu pun tampilannya harus kekinian,” kata Chef Fitri.

Chef Fitri lalu mencontohkan Clarissa Patricia Anggara yang membuat kreasi Danish yang diberi judul Lemon Danish in Cup. Mahasiswi cantik ini terinspirasi dari penyajian Danish cake di Corner Pastry sebuah hotel berbintang, maka ia pun tertarik untuk membuat Danish cake di atas cup yang cantik tampilannya pada saat ujian praktik.

Dengan tampilan seperti itu tentunya memudahkan untuk menaruh dan menata kue itu di dalam dessert box. Sementara itu untuk mempercantik tampilan dan rasanya pun semakin istimewa, Clarissa membuat fla-nya dari campuran rum, milk dan pengental kue dan untuk topping-nya sendiri berupa lemon sauce, cheese stick yang dibuat dari chocolate compound dan irisan tipis lemon.

Sementara itu, Chef Ita Suhervin juga menginformasikan, durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Pastry Tristar Manyar dipatok tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi kue adonan berlapis yang mengusung tema Layered Dough tersebut. Untuk pengadaan bahannya sendiri, pihak kampus menyediakan uang subsidi belanja bahan sebesar Rp 50 ribu per orang.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai tiga juri. Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Dosen Pengajar Pastry Class dengan hijab di kepala tersebut kepada kru www.culinarynews.info.


Secara umum, 67 kreasi Croissant dan Danish Cake persembahan mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar, layak untuk diapresiasi karena mahasiswa itu baru belajar dunia pastry tiga bulan pertama. Untuk ke depannya, mereka bisa tampil lebih baik, belajar terus demi mengasah skill dan kreativitasnya saat menerima tantangan baru yang lebih seru. Good jobs Bro….! 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar