twitter

Pages

Kamis, 12 September 2019

Praktik Wine Dinning Service di Canting Restaurant Dafam Hotel Pacific Caesar

15 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Terakreditasi A Belajar Wine Tasting & Wine Dinning Service


UNTUK kali kedua, sebanyak 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Terakreditasi A, menghadiri kunjungan industri di Dafam Hotel Pacific Caesar Jl. Dr Ir Soekarno No. 45 C Surabaya, demi menyukseskan kegiatan bertajuk Wine Tasting & Wine Dinning Service sesuai Standar Industri Perhotelan.

Kunjungan mahasiswa Akpar Majapahit pada Jumat (06/09/2019) siang itu di dampingi Dosen Pengajar Etika Profesi Perhotelan & Psikologi Pelayanan Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Menurut Hardhita, kunjungan industri mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini untuk belajar etika perjamuan terutama bagaimana cara men-taste minuman anggur sebelum anggur itu disajikan kepada tamu (How to Taste Wine) dan bagaimana tata cara menyajikan minuman anggur pada tamu atau undangan VIP (How to Serve Wine)   dalam sebuah acara perjamuan makan resmi.

Dengan mengikuti langsung kegiatan Wine Tasting & Wine Dinning Service tersebut, mahasiswa bisa mengetahui lebih dekat teknik penyajian Wine Service (How to Serve Wine) dalam sebuah acara perjamuan makan resmi (Fine Dinning), yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel bintang tiga yang beroperasi di Jl Dr Ir Soekarno No. 45C Surabaya (sebelah Utara Kampus C Unair, Kawasan Galaxy Mall) tersebut sekitar pukul 13.00 WIB.

Perjalanan sejauh 30-an kilometer ditempuh 60 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 14.00 WIB. Kedatangan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbing dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit siang itu disambut oleh Food & Beverage (FB) Supervisor Erik Fidian S. dan Sales Executive Adi Setiyawan, di lobi hotel bintang tiga tersebut. 

Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa itu langsung diajak ke Canting Restaurant di Lantai 2 Dafam Hotel Pacific Caesar Surabaya yang menjadi tempat acara Wine Tasting & Wine Dinning Service. Restoran itu selain menyajikan menu Indonesia Traditional Food, juga Chinese Food dan aneka menu bercita rasa Internasional.

Sebelum memasuki acara utama, mereka diajak tour hotel untuk lebih dulu oleh Sales Executive Adi Setyawan. Untuk menyingkat waktu, rombongan mahasiswa itu diajak ke Lantai 17 melihat fasilitas dari Pacific Caesar Hall yang di-set up untuk acara wedding party berkapasitas 400-500 pax. 

Usai melihat langsung Pacific Caesar Hall, rombongan  turun ke Lantai 10 untuk  showing room guna melihat dari dekat fasilitas tiga kamar hotel yakni Deluxe Room, Royal Suite dan Executive Room.

Usai tanya jawab dengan Adi Setyawan, rombongan pun diajak kembali ke Canting restaurant di Lantai 2 Dafam Hotel Pacific Caesar, untuk mengikuti acara utama  yakni Wine Tasting & Dinning Service yang dipresentasikan langsung oleh FB Supervisor Dafam Hotel Pacific Caesar, Erik Fidian S. 

Sebelum Erik Fidian mempraktikan tata cara Wine Tasting & Wine Dinning Service, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu dibekali pengetahuan umum seputar wine (anggur) sebagai sebuah minuman elegan dan eksklusif, yang disajikan dalam sebuah acara perjamuan makan resmi di kalangan atas, mulai pengusaha, kelompok jet set hingga Kepala Negara (Presiden atau Raja).

Pengertian wine secara umum adalah minuman beralkohol alami dari proses fermentasi buah anggur. Sampai saat ini wine (anggur) di pasaran dibedakan empat kelompok, yakni red & white wine, champagne atau sparkling wine, rose wine dan portified wine.

Untuk mengetahui wine yang berkualitas, Anda bisa membaca dari labelnya. Misalnya, wine produksi Jacob Creek Winery dari Australia, buah anggur varietas Shiraz, ditanam di perkebunan Barossa Valley, buah anggur itu dipanen pada 2002 lalu, volume 750 ml (termasuk tujuh standard drink dan mengandung 12,5 persen alkohol).

Sementara itu, wine yang digunakan untuk menyukseskan gelaran Wine Tasting & Wine Dinning Service adalah merek Balbi Soprani White Wine Sparkling dari Italia, buah anggur varietas Moscato D’Asti, ditanam di perkebunan Moscato Bianco

Buah anggur itu dipanen pada 2017 lalu, volume 750 ml (termasuk tujuh standart drink dan mengandung sekitar lima persen alkohol). Di toko online, harga Balbi Soprani White Wine Sparkling dipatok sekitar Rp 450 ribu perbotolnya.

Mengingat harganya yang tidak murah, pemesan minuman anggur di sebuah hotel berbintang pun memperoleh pelayanan istimewa, sejak tamu itu memesan wine, teknik membuka tutup botol anggur yang masih tersegel hingga cara menyajikannya mendapat perlakukan khusus karena ini menyangkut prestige tamu dan hotelnya sendiri.

Untuk praktik Wine Tasting, salah satu mahasiswa (diposisikan sebagai host) ditutup matanya oleh Erik Fidian dan anggur yang sudah dituang di gelas piala selanjutnya diminta untuk dicium aromanya. Setelah yakin aroma anggur itu sesuai pesanannya, barulah penutup mata itu dibuka kembali dan yang bersangkutan dipersilakan mencicipi wine tersebut.

Selanjutnya saat praktik Wine Dinning Service, Erik juga memberi contoh tata cara menyajikan wine kepada tamu atau undangan VIP. Tentu saja sebelum wine itu dituangkan di masing-masing gelas piala, waiter/waitress spesial penyaji anggur, minta ijin lebih dulu kepada host-nya, seraya menunjukkan etiket wine yang tertempel lengkap pada botol minuman anggur tersebut apakah sudah sesuai pesanan.

Selain itu teknik menuangkan wine di gelas pun harus ekstra hati-hati. Jangan sampai menetes dan jatuh di meja perjamuan makan resmi. Makanya, penyaji wine di tangan kirinya terpasang celemek (napkin) putih yang dipakai untuk menyerap sisa wine yang ada di bibir botolnya agar tidak menetes. Untuk menambah semarak acara jamuan makan resmi, host pun mengajak tamu bersulang bersama untuk menikmati wine yang sudah tersaji di meja makan.

Di sela mendampingi anak didiknya praktik Wine Tasting & Wine Dinning Service di Canting Restaurant, Dosen Pengajar Etika Profesi Perhotelan dan Psikologi Pelayanan, Hardhita Kusdharyanto M.Par mengatakan, praktik Wine Tasting & Wine Dinning Service sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar materi perkuliahan Etika Profesi Perhotelan dan Psikologi Pelayanan di kelas. 

How to Taste Wine dan How to Serve Wine yang diperagakan Erik Fidian, FB Supervisor Dafam Hotel menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menyerap ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya.

Usai gelaran acara utama tersebut, mahasiswa dipersilakan menikmati hidangan aneka menu makanan siang lengkap mulai Chicken Karage (Appetizer), Sup Asparagus (Soup), Nasi Putih, Ayam Cabe Kering, Mie Goreng Sosis, Ikan Saos Bangkok dan Thailand Sauce Garlic (Main Course) sampai Pisang Goreng Keju dan Slice Fruits (Dessert )-nya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar