twitter

Pages

Jumat, 13 September 2019

Chef Ernawati Bekali Food Technology Applications kepada Mahasiswa Akpar Majapahit


Mahasiswa Baru Pastry Class Praktik Buat Kripik Pisang Original & Chocolate di Kitchen Graha Tristar Surabaya


SEKITAR 20-an mahasiswa baru Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit terakreditasi A Konsentrasi Pastry Kelas Pagi, kembali dibekali cara membuat Kripik Pisang (Banana Chips) Original & Chocolate, di Kitchen Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (11/09/2019) pagi. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Ernawati M.MPar.

Jika pada tatap muka sebelumnya, Rabu (07/08/2019) pagi, mahasiswa baru Pastry (P2) Kelas Pagi itu diajarkan cara membuat Teh dalam Kemasan Botol oleh Chef Endang, sapaan akrab Endang Sri Rahajoe M.MPar. Giliran pada pertemuan pekan kedua, Rabu (14/08/2019) pagi, diajarkan teknik membuat Siomay Premium oleh Chef Ernawati M.MPar.

Selanjutnya pada tatap muka ketiga, Rabu (04/09/2019) pagi, mahasiswa dibekali teknik membuat Sambal Rujak Manis dan giliran berikutnya, Rabu (11/09/2019) pagi, mahasiswa kembali diajarkan cara membuat Kripik Pisang  dengan dua varian rasa, yakni Original dan Chocolate oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Ernawati M.MPar.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kripik Pisang Original, antara lain  pisang kepok mentah, garam air, minyak goreng, kertas merang, dextrose powder, icing, chocolate powder dan plastik pouch klip.

Pekerjaan pertama yang dilakoni mahasiswa adalah pisang kepok yang masih mentah dikupas kulitnya, lalu dipasrah sehingga terbentuk irisan tipis pisang (chips). Irisan tipis dari pisang itu kemudian direndam dalam air (yang telah diberi garam sedikit) untuk membersihkan getah dan memberi rasa gurih pada irisan pisang seusai digoreng.

Usai direndam sekitar 30 menitan, irisan pisang kepok itu kemudian digoreng hingga matang dan terasa renyahnya kalau digigit. Irisan kripik pisang yang sudah matang didiamkan di atas loyang yang dilapisi kertas merang sampai minyaknya meresap semua atau ditiriskan sampai minyaknya hilang.

Demi tampil cantik dan menarik, maka Kripik Pisang Original itu kemudian dimasukkan dalam plastik pouch klip dan diberi etiket (label) merek produknya, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluarsa, hingga nomor P-IRT, jika makanan kemasan itu siap dijual secara komersial.

Sementara itu untuk membuat Kripik Pisang Chocolate, irisan pisang yang sudah digoreng sampai matang lalu dioplos jadi satu dengan chocolate powder, dextrose dan icing. Kripik pisang rasa coklat ini kemudian dimasukkan dalam plastik pouch klip (ukuran bervariasi mulai 100-500 gram, tergantung kebutuhan) dan diberi etiket (label) sebelum dipasarkan.

Selanjutnya pada tatap muka terakhir, Rabu (18/09/2019) pekan depan, mahasiswa baru Pastry Class (P2) ini akan diajarkan teknik membuat Nugget (Frozen Food) Praktik membuat berbagai olahan produk food technology itu dihelat di Kitchen Pastry 2. Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan,” kata Chef Erna, sapaan akrabnya.

Materi praktik Food Technology Applications yang diberikan kepada mahasiswa baru Pastry Class, dipilihkan yang saat ini lagi disuka konsumen dan masih tetap booming di pasaran. Pihaknya juga mengajarkan tentang pentingnya membuat kemasan produk yang cantik sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar