twitter

Pages

Sabtu, 19 Januari 2019

Menu Vegetarian Alternatif dalam Acara Jamuan Makan yang Dikemas ala Table Manner


Belajar Masak Appetizer & Menu Vegetarian Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Class Praktik Masak  Buat ”Triple Decker, Finger Sandwich, Monte Cristo, Mini Spring Roll, BBQ Chicken Wings dan Fritto Misto”


SETELAH dikenalkan teknik masak membuat Nicoise, Shrimp Cocktail dan Oriental Salad with Tuna, maka pada pertemuan hari keempat dan kelima, Rabu (16/01/2019) dan Kamis (17/01/2019). Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM., berbagi ilmu tentang cara membuat enam resep Appetizer & Vegetarian Menu yang berbeda kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit.


Enam resep Appetizer & Vegetarian Menu itu berturut-turut adalah Triple Decker, Finger Sandwich, Monte Cristo, Mini Spring Roll, BBQ Chicken Wings dan Fritto Misto. Keenam resep masakan tersebut diolah di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sedangkan pada hari kedua, Selasa (15/01/2019), mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit praktik masak membuat tiga resep Appetizer & Vegatarian Menu yakni Fruits Salad, Huzarensia dan Devil Egg.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa, maka selama lima kali pertemuan, mahasiswa dibekali 12 resep Appetizer dan Vegetarian Menu. Khusus pada tatap muka hari ketiga, Rabu (16/01/2019) pagi, mahasiswa diajarkan tentang teknik Ice Carving.

Praktik masak Appetizer & Vegetarian Menu hari pertama, Senin (14/01/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class dibekali pengetahuan masak tiga resep masakan Appetizer yakni Nicoise, Shrimp Cocktail dan Oriental Salad with Tuna (Chicken or Beef) di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Selasa (15/01/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class yang diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, kembali diajarkan teknik masak membuat Fruits Salad, Huzarensia dan Devil Egg.


Sekadar informasi, dalam sebuah acara jamuan makan malam lengkap (table manner) yang mengusung konsep fine dinning, misalnya, menu Appetizer disajikan kali pertama sebagai menu pembuka, yang sifatnya tidak mengenyangkan, melainkan untuk merangsang nafsu makan, umumnya berupa Fruits & Vegetables Salad.

Di sejumlah hotel berbintang atau restoran ternama, jamuan makan malam (fine dinning), sebelum menu Appetizer dikeluarkan oleh waiters/waitress, ada sajian ringan berupa Bread & butter (BB), yakni roti tawar dengan butter dan selai.

Menu vegetarian merupakan menu alternatif dalam sebuah acara jamuan makan yang dikemas ala table manner. Menu vegetarian termasuk kelompok healthy food yang disuka konsumen terutama untuk tujuan diet dan demi menjaga kesehatan diri.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar