twitter

Pages

Rabu, 23 Januari 2019

Kehebohan Mahasiswa Advanced Culinary Class Diuji Buat Food Creations di Kitchen


Dari Ujian Praktik Masak di Kitchen Culinary Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Persembahkan Lima Kreasi Makanan Versi Mereka Sendiri


SETELAH dibekali membuat aneka olahan makanan dengan pendekatan Food Technology, giliran selanjutnya lima mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit diuji Dosen Indonesian Food Technology I, Rachma Nur Devianti STP., M.MPar., membuat kreasi makanan (food creation) menurut versi mereka sendiri, Jumat (18/01/2019) pagi.


Lima mahasiswa yang mengikuti ujian praktik masak tersebut adalah Hatmadi Ismu S., Melvin Septian Budiono, Wayan Raditya, Wahyu Trisna Adi dan Edric Wilbert Tjoa. Ujian praktik masak itu sendiri mengambil tempat di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sementara itu lima mahasiswa Advanced Culinary Class yang maju ujian praktik masak, Jumat (18/01/2019), akhir pekan lalu, berupaya keras untuk tampil all out demi menghasilkan kreasi makanan yang terbaik di hadapan juri.

Hatmadi, misalnya, antusias menyiapkan masakan andalannya yang diberi judul Tim Ikan (Gurami) Tauco dan Tumis Kangkung, sedangkan Melvin mengangkat tema masakannya yang diberi nama Mie Goreng Seafood Salted Egg.

Seakan tidak mau kalah dengan dua koleganya, Wayan pun ingin berupaya keras untuk tampil all out, saat masak makanan kesukaannya yang diberi titel Pepes Otak-otak Bumbu Rujak dengan Tumis Taoge.

Sementara itu, Wahyu dan Wilbert juga tampil antusias saat menyiapkan dua masakan unggulannya, masing-masing berjudul Batagor Khas Bandung dan Ikan Kerapu Bakar Sambal Kecap. Peserta ujian praktik masak itu tampil serius tapi santai ketika bekerja di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar.

Menurut Chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti, ujian praktik mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini mengangkat tema Indonesian Food. Setiap peserta ujian dituntut untuk fokus dengan masakan yang dibuat, demi menghasilkan kreasi makanan yang terbaik, sekalipun mereka baru menghabiskan masa liburan akhir tahun 2018 lalu.

Durasi ujian praktik masak dengan sentuhan Food Technology ini sekitar 1,5-2 jam terhitung sejak persiapan bahan masakan beserta bumbunya (pukul 09.30 WIB) hingga proses memasak dan mem-plating hasil masakan itu untuk disajikan di hadapan dosen penguji (pukul 11.30 WIB).

”Seperti ujian-ujian praktik sebelumnya, ada tiga kriteria penilaian yang dipakai acuan juri yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasa. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Rachma di ruang kerjanya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar