twitter

Pages

Sabtu, 15 September 2018

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Diuji Buat Aneka Kreasi 'Package Food'


Dari Ujian Praktik Masak Membuat Kreasi Package Food

Chef Thomas Uji Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Buat Aneka Kreasi ”Package Food”


SETELAH dibekali pengetahuan seputar Package Food oleh Chef Thomas ”Hibachi” Denny selama tiga hari tatap muka, giliran pada pertemuan hari keempat, 21 mahasiswa Advanced Culinary Akpar Majapahit kelas Pagi maupun Kelas Siang, diuji membuat aneka kreasi Package Food menurut versi mereka sendiri di Dapur Culinary Kampus J-5 Jl. Prapen Indah Blok J-5 Surabaya, Rabu (05/09/2018).

Ujian praktik masak membuat kreasi Package Food sesi pertama, diikuti 10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi. Mereka adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi.

Sedangkan ujian praktik sesi kedua, pesertanya 11 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Siang. Mereka adalah Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad  Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya.
 
Pada ujian praktik masak sesi pertama, Rabu (05/09/2018) pagi, 10 mahasiswa Advanced Clinary Class itu dibagi tiga kelompok. Kelompok 1 (Portable Café & Bar) yang terdiri dari Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Nicholas Anderson dan Setia Yoga Pratama all out membuat  Penne Pasta with Mushroom Sauce.

Sedangkan anggota Kelompok 2 (Oppa Café) yang meliputi Alfonso S.A., Delfries H. Yudhanto dan Rivaldi J.A., antusias membuat kreasi package food yang diberi titel Mixed Salad with Thousand Island Sauce.

Selanjutnya personel Kelompok 3 (Just D’Kitchen Cafe) yang terdiri atas Ronaldo Dimas J., Iversen Riky D.J. dan Florensius Vendy S., menyiapkan kreasi package food-nya yang mengusung tema Caesar Salad.

”Ujian praktik masak membuat aneka kreasi package food itu kami laksanakan dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Durasi ujian praktik masak secara berkelompok itu sekitar 1,5 jam,” kata Chef Thomas Denny kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (05/09/2018) pagi.

Hasil kreasi masakan mahasiswa tersebut wajib di-plating lebih dulu setelah diletakkan di dalam wadah bento box (cetakan plastik yang tutupnya transparan), sebelum dinilai oleh dosen penguji. ”Penggunaan bento box pada package food sendiri selain memberi kesan mewah dan berkelas, juga hygiene, healthy dan good quality,” terang Chef Thomas Denny.

Masih menurut Chef Thomas, teknik membuat salad dressing yang pas dari sisi liquidity (kekentalan)-nya menjadi penilaian tersendiri bagi peserta ujian. Jangan sampai salad dressing yang Anda buat keenceran atau kekentalan. Begitu juga saat Anda membuat thousand island sauce, rasa agak pedasnya juga harus terasa.karena ada penambahan tabasco (chili sauce). 

”Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut di atas, maka package food itu bisa dibawa camping karena bisa tahan 1x24 jam masih layak konsumsi. Pasalnya, salad di dalam bento box itu kemasannya bebas udara dan tidak berembun,” tandasnya. 

Sementara itu, kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan, yakni penampilan dan kreativitas (plating & creativity), tekstur (texture) dan cita rasa (taste). 

Hasil penilaian juri usai ujian praktik masak package food tersebut, Kelompok 1 raih nilai B, sedangkan Kelompok 2 dan Kelompok 3 masing-masing mendapat nilai B+ dan B. Mengingat tiga package food itu dinilai layak jual secara komersial, maka harga yang pantas untuk Penne Pasta with Mushroom Sauce sekitar Rp 25.000-Rp 35.000 per pack-nya.

”Selanjutnya produk dari Kelompok 2, Mixed Salad with Thousand island Sauce dihargai Rp 25.000 per pack-nya dan kreasi package food Kelompok 3, Caesar Salad dibandrol Rp 30.000 per pack karena ada daging ayam,” kata Chef Thomas, usai penjurian.

Sebelumnya, pada tata muka hari pertama, Jumat (31/08/2018) lalu, mahasiswa Advanced Culinary Class diajarkan teknik membuat Mixed Salad dan Caesar Salad. Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Senin (03/09/2018) dan hari ketiga, Selasa (04/09/2018) mahasiswa diajarkan membuat tiga kreasi masakan yakni Penne Pasta with Mushroom Sauce, Sesame Meat Ball dan Grilled Chicken Salad.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksimili (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar