twitter

Pages

Rabu, 26 September 2018

Usai Belajar 'Barista & Wine Service', Mahasiswa Diajak 'Lunch Buffet' Bersama


Sisi Lain dari Belajar Barista & Wine Service di Kokoon Hotels

Usai Belajar ”Barista & Wine Service”, Mahasiswa Culinary dan Pastry Class Tristar Kaliwaron Diajak ”Lunch Buffet” 

SETELAH belajar Barista & Wine Service di Kokoon Hotels Surabaya Jl. Slompretan No. 26 Surabaya sekitar dua jam, 26 mahasiswa Culinary dan Pastry Class Akpar Tristar Institute Kaliwaron, diajak menikmati sajian makan siang bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Kokoon Restaurant, Rabu (19/09/2018) siang.

Lunch buffet di Kokoon Restaurant ini antara lain menyajikan menu Fruits & Vegetables Salad (Appetizer), Asparagus Soup (Soup) dan Main Course-nya sendiri meliputi Nasi Putih (Steamed Rice), Nasi Goreng Hongkong, Mie Goreng Seafood (Fried Noodle Seafood), Cap Cay, Canton Hoi Sin, Beef Black Pepper Sauce dan Kerupuk + Aneka Sambal.

Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Slice Fruits (Melon dan Semangka), Lychee Longan Ice, Orange Juice, Tea Ice dan Infused Water. Menu makan siang yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera mahasiswa yang baru saja melakoni praktik Barista & Wine Service di Kokoon Restaurant. 

Dalam kesempatan itu, General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin mengungkapkan, revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia (domestik maupun mancanegara) hotel berbintang tiga yang mengusung konsep Heritage Hotel tersebut. 

”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, European Cuisines, Middle East Cuisines, Chinese Food atau Japanese Food,” kata Hassanudin. 

Terkait dengan praktik Barista & Wine Service di Kokoon Restaurant bagi mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron, pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa lain, dari Tristar Group on the job training di sini,” ujar Hassan, sapaan akrabnya. 

Beberapa mahasiswa seperti Amy Alice Yalanty, Dicky Ardian Wibowo, Michelle Angela Sindhunata, antusias mendengarkan penjelasan GM Kokoon Hotels Surabaya yang siang itu turut mendampingi mahasiswa praktik Barista & Wine Service. Mereka pun tak segan menanyakan kepada Hassanudin seputar suka dukanya berkarier di dunia perhotelan. 

Hassan juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Hassanudin.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau café dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” cetusnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar