twitter

Pages

Rabu, 19 September 2018

Peserta Pelatihan Cruise Diajarkan Teknik Buat Aneka Kreasi Produk Patisserie


Belajar Buat Aneka Kreasi Patisserie di Dapur Tristar Institute
Awalid9
Peserta Pelatihan Cruise Diajarkan Teknik Membuat Aneka Kreasi Produk ”Patisserie” oleh Chef Yenata


SETELAH selama delapan pekan dibekali teknik masak aneka produk Culinary terutama Continental Food dan Western Food secara intensif, selanjutnya pada  pertemuan pekan kesembilan, tepatnya mulai Senin (17/09/2018) hingga Rabu (19/09/2018), 10 orang peserta Tristar Cruise Training Centre (TCTC), diajarkan cara membuat aneka kreasi produk Patisserie oleh Chef Yenata, Dosen Culinary Tristar Group, di Dapur Tristar Institute, Jl  Raya Jemursari No. 234 Surabaya.


10 orang peserta pelatihan cruise tersebut adalah Christian Evan Setiabudi, Deotelin Fajar, Mulyani Sari Octavia, DedyTrisno, George Langie, Ahmad Rafles Bagio, Irma Yuliana (penggantinya Jessica Pandew), Ely Akyuwen, Indinar Prakoso dan Anugrah Chrishinduarsa Irianto.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (17/09/2018) pagi, peserta pelatihan cruise praktik masak membuat produk Patisserie yakni Miles Crepes dan Variant of Pancake. Sedangkan pada hari kedua, Selasa (18/09/2018) pagi, Chef Yenata kembali berbagi ilmu teknik membuat Crème Brulee dan Panacota & Souffle.

Sementara itu, pada tatap muka hari ketiga, Rabu (19/09/2018) pagi, peserta pelatihan cruise dibekali ilmu cara membuat Petit Four Strawberry (Glaze Base) yang bahannya meliputi chocolate ganache, coffee butter cream dan mirror glaze. Sedangkan resep terakhir yakni membuat Orange Pavlova & the Topping.

”Untuk membuat Miles Crepes, misalnya, peserta pelatihan cruise selain saya ajarkan langsung cara membikin crepes-nya sendiri, juga cara membuat vanilla paste & filling atau disebut diplomat paste,” terang Chef Yenata kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Senin (07/09/2018) pagi.

Sebelum ganti materi praktik masak dari Culinary ke Patisserie, peserta pelatihan cruise masih dibekali Chef Thomas teknik masak ala chef hibachi pada Senin (10/09/2018) dan Rabu (12/09/2018) yang menekankan pada show of fire saat memasak.

Praktik masak ala chef hibachi itu dilakoni pada pekan kedelapan, tepatnya pada Senin (10/09/2018) dan Rabu (12/09/2018). Peserta pelatihan cruise dikenalkan dasar-dasar teknik masak dengan sentuhan chef hibachi yang menekankan pada kepiawaian show of fire (pertunjukan api) di hadapan tamu hotel atau penumpang kapal pesiar.

Chef Thomas, sapaan akrab Thomas Denny mengenalkan dasar-dasar teknik masak ala chef hibachi kepada peserta pelatihan cruise. Pasalnya, teknik masak yang satu ini berbeda dengan cara memasak secara klasik (konvensional) karena lebih menekankan pada kepiawaian memainkan show of fire di atas mesin grilling hibachi yang dibawanya dari rumah. 

Pria paro baya yang dikenal piawai mendemonstrasikan cara membuat masakan Jepang (Japanese Food) dengan sentuhan show of fire (pertunjukkan api) ini menyiapkan peralatannya antara lain berupa grilling hibachi, knife (pisau dapur), spatula, tempat bumbu dan sendok garpu. Khusus grilling hibachi-nya sendiri sudah ready di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Graha Tristar, sejak Senin (10/09/2019) lalu.

Peserta pelatihan cruise juga diajarkan membuat Beef Ribs BBQ & Potato Quenelle & Green Salad dan Buffalo Chicken with Baked Potato & Guacamole di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

”Untuk Beef Ribs-nya sendiri di-brush dengan margarine dan salt pepper. Sedangkan saat masak Buffalo Chicken, saya ajarkan cara membuat guacamole sauce yang bahannya terdiri dari avocado, cayenne, jalapone, fresh milk dan onion,” kata Chef Yenata pada kesempatan terpisah.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit (Tristar Group) Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar