twitter

Pages

Selasa, 25 September 2018

Mahasiswa Akpar Majapahit Kunjungi Pabrik Minyak Goreng dan Es Krim di Rungkut Industri


Demi Mengaplikasikan Mata Kuliah Food Technology

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kunjungi Pabrik Minyak Goreng dan Es Krim di Rungkut Industri


DEMI mengaplikasikan mata kuliah Food Technology (FoodTech) yang diajarkan Rachma Nur Devianti S.TP., 26 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary mengunjungi pabrik minyak goreng PT Smart Corporation (Sinar Mas Group) Tbk dan PT Campina Es Cream Industry Tbk di Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) pada Selasa (18/09/2018) pagi.

26 peserta Factory Visit 2018 itu, 21 orang di antaranya mengambil Advanced Culinary Class, Mereka adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi (Advanced Culinary Kelas Pagi).

Sedangkan Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya (Advanced Culinary Kelas Siang). Sementara itu lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang lainnya adalah Ryan, Rionaldy, Yosef, Timotius dan Yumato.

Keberangkatan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dengan menumpang dua unit minibus (Isuzu Elf) menuju PT Smart Corporation (Sinar Mas Group) Tbk., pagi itu, di dampingi Dosen Culinary Tristar Group Chef Sunarhadi dan Dosen Teknologi Pangan Rachma Nur Devianti S.TP. 

Untuk kelancaran acara Factory Visit kali ini, pihak Akademik menunjuk empat mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit, yakni Sheila Dionita dan Nurul Hamidah (Semester V), sedangkan Puspita Ayu dan Siti Nur Annisa (Semester III) sebagai tour leader-nya.

Tugas tour leader itu selain menyiapkan Itinerary berupa run down kegiatan sejak awal keberangkatan hingga kepulangan peserta Factory Visit 2018 kembali ke kampus, juga memastikan bahwa acara yang telah disusun berjalan sesuai rencana. Mereka juga menyiapkan spanduk yang bertuliskan ”Factory Visit 2018 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit” serta mengurusi semua pernak-pernik acara tur tersebut mulai transportasi, konsumsi hingga berkoordinasi dengan perwakilan dari kedua pabrik tersebut hingga hari H acara.

Perjalanan melalui jalur darat dari Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya ke PT Smart Corporation Tbk di Kawasan Rungkut Industri I memakan waktu sekitar 15 menit.

Sesampai di tempat tujuan, rombongan mahasiswa itu disambut oleh Dewi Purwati (GM Secretary PT Sinar Mas Tbk), Irfan Safri (General Affair Section Head), Moch. Alamsyah (General Affair), Hartono Lauw (Production & Marketing Section Head), M. Arifin (Environmental Health Fire Safety Section Head dari Safety & Environmental Department), Aries (Staff Processing Engineer Officer), Dewi Setyowati (Filling Officer), Tri Sumarno (Refinary Offiner), dan Lisa Octaviani (Logistic Department).

Rombongan kemudian diajak ke ruang pertemuan untuk mendapatkan penjelasan dari Hartono Lauw seputar profile company daripada PT Sinar Mas Agrobusiness & Food Industry Tbk, mulai gambaran umum kinerja perusahaan, mengelola perkebunan kelapa sawit 500.000 hektare lebih, pengolahan kelapa sawit di pabrik rafinary Rungkut, Surabaya menjadi minyak goreng dan margarine berkualitas ekspor.

PT Sinar Mas Group (Smart Corporation) Tbk juga memiliki fasilitas bulking di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Buah kelapa sawit hasil pemanenan terdiri dari misora, kernel dan kulit (cangkang)-nya bisa dimanfaatkan untuk biomassa.

Sebelum diproses lebih lanjut menjadi minyak goreng dan margarine, Crude Palm Oil (CPO) di-rafinary menjadi RBD-CPO. Dari RBD-CPO ini selanjutnya diproses lebih lanjut melalui proses deodorizing (untuk mengurangi bau dan rasa getir), juga di-fractination menjadi dua produk yakni oleine (bentuk cair) yang kemudian diproses menjadi minyak goreng, sedangkan bentuk padatnya yakni stearine selanjutnya diolah menjadi margarine.

Produk minyak goreng dan margarine itu kemudian didistribusikan ke konsumen dalam kemasan pouch, botol, jeriken dan baking box (BB) demi menjamin kualitasnya agar tetap terjaga sejak dari pabrik hingga ke tangan konsumen.

Untuk menjamin bahwa minyak goreng dan margarine yang dibuatnya itu aman dikonsumsi dan berkualitas tinggi, maka PT Sinar Mas (Smart Corporation) Tbk juga mengantongi sejumlah sertifikat, seperti RSPO & HVO, EFICI, LINS & WMS, OHSAS, SMK3 & ISO14000, ISO 9001 : 2015 (Quality), ISO 22000 : 2005 (Food Safety), Sertifikat Halal dari MUI  Kosher Certificate dan Halal Assurance System.

Setelah diberi pencerahan, maka mahasiswa Akpar Majapahit (dibagi dalam dua kelompok) diajak keliling pabrik sejak proses produksi, filling, pengemasan dan pengepakan hingga penyimpanannya di gudang, sebelum kedua produk itu didistribusikan ke konsumen.

”Usai keliling pabrik, mahasiswa mengikuti acara demo masak yang dipresentasikan oleh Chef Kim Gerry dan asistennya Chef Mickey Gunawan. Ada tiga resep makanan yang dibuat di hadapan mahasiswa yakni Crispy Chicken Pizza, Chicken Salted Egg dan Chocolate Legit Roll,” kata Dewi Priyanti, GM Secretary PT Sinar Mas Group (Smart Corporation) Tbk.

Usai menyaksikan demo masak dan makan siang bersama, rombongan mahasiswa foto bareng dengan tuan rumah di lobi pabrik minyak goreng tersebut. Selanjutnya rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit melanjutkan agenda tour-nya ke pabrik es krim PT Campina Es Cream Industry Tbk di Jl Rungkut Industri II No. 15-17 Surabaya.

Kedatangan rombongan siang hari itu disambut oleh Anis Laily (Public Affair) dan Sukaryono (Public Affair Officer Section Head). Untuk memberi gambaran lebih detail seputar profile company PT Campina Ice Cream Industry Tbk ini, Sukaryono menjelaskan singkat perjalanan pabrik es krim asli Surabaya yang berdiri pada 22 Juli 1972 silam.

Pabrik es krim ini semula merupakan usaha rumahan milik keluarga Darmo Hadi Pranoto di kawasan Gembong Sawah. Setelah bisnis berkembang pesat, pabrik es krim ini pindah ke kawasan industri PT SIER, tepatnya Jl Rungkut Industri II No. 15-17 Surabaya sekitar tahun 1985-an. Kemudian pada 1994, pabrik es krim ini bergabung dengan PT Ultra Jaya dan namanya tercatat di lantai bursa menjadi PT Campina Es Cream Industry Tbk sampai sekarang.

Setelah mendengarkan presentasi langsung dari pihak PT Campina Ice Cream Industry Tbk, rombongan mahasiswa diajak keliling pabrik oleh Anis Laily, Public Affair, sekaligus melihat proses produksi dan fasilitas cold storage-nya. Sebelum kembali ke kampus, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit diajak foto bareng dan menikmati es krim bersama secara gratis.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di dalam kampus (Gedung Graha Tristar) maupun di luar kampus, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar