twitter

Pages

Selasa, 04 September 2018

16 Macam Kreasi 'Cake Decoration' Dipersembahkan Mahasiswa Pastry Class Asuhan Chef Renny Savitri


Dari Ujian Praktik Individual Buat Kreasi Cake Decoration

Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Triwulan II Kelas Pagi Persembahkan 16 Macam Kreasi ”Cake Decoration”

SETELAH dibekali pengetahuan praktis seputar sisik melik Basic Cake Decoation oleh Chef Renny Savitri M.Par, selama hampir sebulan sejak akhir Juli 2018 lalu, giliran 16 mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit diuji untuk membuat aneka kreasi Cake Decoration versi mereka sendiri. Ujian praktik masak itu dihelat selama tiga hari sejak Rabu (29/08/2018) hingga Jumat (31/08/2018) pagi di Dapur Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Ujian praktik secara individual ini merupakan lanjutan dari acara Cake Decoration Battle antarkelompok mahasiswa yang telah dilangsungkan sepekan sebelumnya. Ujian praktik pada Rabu (29/08/2018) pagi diikuti enam orang, yakni Tassya Tesalonika, Aurelia Johan Setiawan, Yonas Otniel Prakoso, Ferdinand Santoso, Steven Bambang Susetyo dan Fransiska Tri Achmad.

Tassya membuat Flower in the Basket, Yonas mempersembahkan Sponge Cake Vanilla Butter Cream, Johan membikin Strawberry Sponge Cake, Ferdynand prepare membuat La Fleur Cake, Fransiska all out menyiapkan kreasi Strawberry Sponge Cake dan Bambang fokus menyajikan kreasinya Es Teller Cake.

Selanjutnya yang tampil pada ujian praktik Kamis (30/08/2018) pagi adalah Mia Kurnia Dewi, Denny Handjali, Ika Indriyani, Timothy Jesse Setiawan dan Andi Firmansyah. Lima mahasiswa pastry ini ujian praktik di Dapur Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar.

Pada ujian praktik tersebut, Mia mempersembahkan Flower Chocolate Sponge Cake, Ika all out membuat Flower Pretty Strawberry Sponge Cake, Denny serius menyiapkan Wafer White Cake, Timothy fokus membikin La Demi Lune dan Firmansyah antusias menyiapkan kreasi andalannya Galaxy Lower.

Sementara itu, pada ujian praktik hari terakhir, Jumat (31/08/2018) pagi, pesertanya sebanyak lima orang mahasiswa. Mereka yang tampil adalah Tika Novilia, Griselda Jane Limeisa, Andre Immanuel, Verian Mahendra Jati dan Qalam Luthfi Qois.

Pada ujian praktik membuat aneka kreasi Cake Decoration di Dapur Pastry 3 tersebut, Tika fokus menyiapkan Tiger Blossom Animal Cake, Andre mempersembahkan Sponge Cake with Pink Flower, Griselda prepare membuat cake kesukaannya Vanilla Sponge Cake with Tulip Flower, Verian berusaha keras membikin kreasi Gift Box Cake dan Luthfi prepare untuk membikin Art Flower Bed.

Menariknya, di sela-sela ujian praktik membuat aneka kreasi Cake Decoration tersebut, ada tamu istimewa dari Hotel Ibis Styles Jemursari Surabaya yang berkunjung ke kampus Akpar Majapahit dan melihat dari dekat aktivitas mahasiswa. Kedatangan tamu dari hotel berbintang itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Pada ujian praktik tersebut, Chef Renny memberi waktu antara tiga jam (pukul 08.00 sampai pukul 11.00), sejak prepare bahan baku, proses memasak hingga mem-plating-nya sebelum Cake Decoration hasil kreasi mahasiswa Pastry Class itu dinilai Dewan Juri yang terdiri dari Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Chef Arwati dan Santa Elizebeth.

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa Pastry Class yakni Creativity & Plating, Texture dan Taste. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri. Dengan mengacu Standard Operation Procedure (SOP), maka mahasiswa semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan.

”Selama ujian praktik membuat aneka kreasi Cake Decoration, setiap mahasiswa dikasih subsidi sebesar Rp 50.000 per orang. Uang tersebut untuk belanja bahan kue/roti, jika biaya beli bahan itu melebihi plafon, maka mereka yang harus nomboki (menutup kekurangannya),” terang Chef Renny di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar