twitter

Pages

Minggu, 30 Juni 2019

Juri Apresiasi Keunikan Nasi Telang Kreasi Alyaa & Ananda, Mahasiswa Culinary Kelas Malam


Dari Final Exam Hari Kedua Sesi Pagi di Kitchen Graha Tristar

Nasi Telang, Ayam Bumbu Rujak & Urap-Urap dan Nasi Putih Kreasi Alyaa dan Ananda, Sukses Raih Nilai 86,4 


PADA final exam hari kedua sesi pagi, giliran dua kelompok mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Malam yang dibimbing Dosen Pengajar Culinary Class Chef Ari Purwantoro, mempersembahkan dua kreasi masakan Indonesian Food. Ujian praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (27/06/2019) pagi.

Pada final exam hari kedua, Kamis (27/06/2019) pagi, hanya diikuti dua kelompok. Kelompok 4 ini beranggotakan Ananda Septa Putra dan Alyaa Zeinaquieta yang fokus menyiapkan masakan unggulannya berupa Nasi Telang, Ayam Bumbu Rujak dan Urap-Urap.

Sedangkan anggota Kelompok 5, Christopher Alvin Soesanto dan Raditya Wijaya antusias menyiapkan kreasi masakan kegemarannya berupa Nasi Putih, Ayam Bumbu Jangkep dan Oseng-Oseng Buncis, demi menghasilkan produk masakan yang terbaik pada final exam tersebut.

Dalam ujian praktik itu, mahasiswa bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Indonesian Food, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 1,5 jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Ari, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Rabu (26/06/2019) siang.

Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Tiga orang juri yang dihadirkan pada hari kedua, Kamis (27/06/2019) sesi pagi adalah Chef Yuda Agustian, Chef Thomas Denny dan Chef Ari Purwantoro. 

Chef Yuda, Chef Thomas dan Chef Ari mengapresiasi kreasi masakan Nasi Telang (seperti Nasi Kuning tetapi warnanya Biru), Ayam Bumbu Rujak dan Urap-Urap persembahan Ananda Septa Putra dan Alyaa Zeinaquieta, karena Nasi Telang ini jadi primadona kuliner di Negeri Jiran, Malaysia.

Warna biru pada Nasi Telang diperoleh dari warna alami Bunga Telang (kelompok tanaman merambat) yang banyak dibudidayakan masyarakat sebagai Tanaman Obat Keluarga (Toga). Tak salah jika Bunga Telang itu harganya lumayan mahal jika sudah masuk Supermarket atau Toko Swalayan di Surabaya dan sekitarnya.

Keputusan Alyaa dan Ananda mengangkat Bunga Telang untuk pewarna nasi tidak lepas dari atensi ibunda Alyaa yang tinggal di Blitar dan kebetulan juga menanam Bunga Telang untuk Tanaman Obat Keluarga. (Toga). Maka dibawalah Bunga Telang itu untuk maju ujian praktik masak pada hari kedua tersebut.

Berkat kreasi masakannya yang boleh dibilang amazing tersebut, maka pasangan Alyaa dan Ananda diganjar nilai ujian praktik masak Indonesian Food yang lumayan tinggi. Nilai rata-rata dari hasil penilaian tiga juri adalah 86,4. Selamat dan sukses ya mas bro ….!

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar