twitter

Pages

Minggu, 23 Juni 2019

Chef Endang Bekali Mahasiswa Pastry Class Teknik Pengolahan Hasil Pertanian


Mahasiswa Pastry Class Semester I Belajar Food Technology

Gelar Cooking Demo, Chef Endang Sri Rahajoe Buat Sambal Teri Petai, di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya


SETELAH dibekali ilmu cara membuat selai nanas, chili sauce dan jus belimbing oleh Dosen Pengajar Food Technology Chef Ernawati M.MPar., pada pertemuan pekan terakhir, Rabu (19/06/2019) siang, giliran Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar., yang berbagi ilmu seputar teknik membuat sambal teri petai dengan 18 mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit Semester I.

Gelaran cooking demo membuat sambal teri petai  bersama Chef Endang itu dihelat di Kitchen Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, maka 18 mahasiswa Pastry Class Semester I itu dibagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok anggotanya terdiri dari tiga orang mahasiswa.

Seperti pada cooking demo sebelumnya, mahasiswa Pastry Class juga tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat sambal teri petai di Kitchen Graha Tristar Surabaya bersama Chef Endang Sri Rahajoe.  

Sementara itu pada tatap muka pekan pertama, kedua dan ketiga bersama Chef Ernawati, mahasiswa telah dibekali dan diajarkan cara membuat selai nanas, chili sauce dan praktik membuat jus belimbing dengan sentuhan Food Technology.

Pada saat demo masak membuat sambal teri petai, Dosen Pengajar juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat aneka produk olahan dengan sentuhan Food Technology di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Pada tatap muka pekan terakhir, Rabu (19/06/2019) siang, Chef Endang bersama anak didiknya langsung praktik membuat sambal teri petai yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat sambal teri petai kepada mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Bahan untuk membuat sambal teri petai antara lain teri jengki, petai, hot chili, red chili, shallot, garlic, fish cake, sugar, palm sugar, salt, MSG dan tamarind. Pekerjaan pertama, teri jengki digoreng sampai masak. Sedangkan bahan-bahan lain seperti petai dikupas kulitnya lalu diiris kecil-kecil. Begitu juga hot chili, red chili, garlic dan shallot dicuci bersih lebih dulu, sebelum di-blender sampai halus bersama fish cake, sugar, palm sugar, salt, MSG dan tamarind.

Bahan-bahan untuk membuat sambal teri yang sudah dihaluskan lalu dimasak di atas wajan hingga aroma khas sambal terasi keluar. Sebelum sambal itu masak sempurna, teri jengki dan irisan petai dimasukkan ke wajan lalu diaduk merata sampai sambal teri petai itu masak sempurna.

Sambal teri petai yang sudah matang kemudian didinginkan sekitar 30 menitan, barulah dimasukkan dalam kemasan cup plastic berukuran 120-an ml. Sambal teri petai dalam kemasan itu sudah bisa dikonsumsi atau bisa juga Anda simpan di kulkas untuk persediaan.

”Penyimpanan di kulkas agar sambal teri petai itu bisa bertahan sampai enam bulanan,” kata Chef Endang Sri Rahajoe kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Rabu (19/06/2019) siang, pekan lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar