twitter

Pages

Senin, 24 Juni 2019

Mahasiswa Culinary Class Tristar Kaliwaron Diajarkan Cara Buat Kreasi Beverage Product


Belajar Bartending Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo

Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Praktik Meracik Minuman Berbasis Buah dan Minuman Tradisional


PADA hari Senin (24/06/2019) siang, 15 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron diajarkan teknik meracik minuman pada mata kuliah Bartending di Kitchen Tristar Institute Kaliwaron Jl. Raya Kaliwaron No. 58-60 Surabaya. Praktik meracik minuman itu dibimbing oleh Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Pengajar Bartending Tristar Group.

Sebelum diajarkan praktik meracik minuman di kitchen Tristar Institute Kaliwaron, Yoseph memperkenalkan jenis minuman non alkohol (mocktail seperti aneka juice) dan minuman beralkohol (cocktail). Khusus untuk minuman beralkohol termasuk jenis-jenis spirit,  dia pun menunjukkan beberapa botol minuman jenis spirit yang telah tersedia di kitchen kampus seperti gin, vodka, whisky.

Untuk kelompok minuman beralkohol misalnya rum, vodka, gin, tequila, triple sec, bourbon, whisky, scoth, dry vermouth, sweet vermouth, lime juice dan grenadine. Sedangkan jenis-jenis spirit (termasuk juga minuman beralkohol) adalah whisky, vodka, cognac (brandy), gin, rum, tequila, absinthe, akvarct, liqueur dan bitter.

Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan aneka juice antara lain orange juice, pineapple juice, cranberry juice, sweet & sour dan grape fruit juice. Juga beberapa jenis wine (anggur). Di kitchen tersebut juga tersedia air mineral dan ice cube.

Dosen Pengajar Bartending ini juga menunjukkan peralatan yang wajib tersedia, mulai aneka jenis gelas (glassware), meja, ice maker, tools bar seperti shacker, blender, bottle opener, wine opener, stainer, bar spoon. Selain itu ada rak gelas, stow, deterjen, korek api, alat tulis kantor (stationaries) seperti captain order, kertas, drink list, ball point.

Dalam kesempatan itu, Yoseph juga mengambil contoh minuman beralkohol (Cocktail) yang dituang dalam gelas piala untuk dicium aromanya oleh mahasiswa. Dari aroma alkoholnya diharapkan mahasiswa tahu jenis-jenis (nama) minuman termasuk merek dagangnya. 

Setelah dikenalkan cara meracik Cocktail, Yoseph kembali memdemonstrasikan teknik membuat dua resep minuman jenis Mocktail (non alkohol) yakni Strawberry Smoothies (dari buah strawberry, yoghurt, fresh milk, simple syrup, marjan syrup, ice cream, perasan lime lalu di-blender).

Setelah diajarkan teknik meracik minuman, giliran sekarang mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron diminta untuk tampil secara individual bagaimana meracik minuman menurut versi mereka sendiri. Dosen Pengajar Bartending itu memberi kebebasan anak didiknya memilih untuk meracik minuman dan memberi garnish agar tampilan minumannya kian menarik, sebelum kreasi minuman itu disajikan di atas meja.

Sesuai panduan pada Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari pertama, Senin (24/06/2019) siang, mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron praktik meracik minuman ber-basic buah (Mocktail). Sedangkan pada muka hari kedua, Selasa (25/06/2019) siang, mahasiswa diminta untuk membuat kreasi minuman tradisional (Traditional Beverage).

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di jaringan kampus Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar