twitter

Pages

Minggu, 30 Juni 2019

Ide Orisinil Mahasiswa Layak Diapresiasi saat Kreasikan Cakes & Petit Four pada Final Exam



Dari Final Exam Hari Kedua Sesi Pagi di Kitchen Graha Tristar

Freur au Jardin, Keindahan Bunga yang Bermekaran di Taman Jadi Nama Petit Four yang Dikreasi Yasir Indrastata

PADA final exam secara individual hari kedua, Kamis (27/06/2019) sesi pagi, giliran tujuh mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II yang dibimbing Dosen Pengajar Pastry Class Chef Laurentia Vivi, mempersembahkan tujuh kreasi Cakes & Petit Four kekinian, salah satunya adalah Freur Au Jardin., petit four persembahan Yasir Indrastata.


Pada final exam hari kedua, Kamis (27/06/2019) pagi, ada tujuh mahasiswa yang tampil. Mereka adalah Aditya Bagus Purnomo, Arika Putri Febrinawati, Arjuna Anggara Sadana Putra, Imelda Alodia Vadi Permata, Mochammad Irfan Hamdani, Sindy Jannete Puto dan Yasir Indrastata. 

Ujian praktik masak individual itu dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (27/06/2019) pagi. Selama ujian berlangsung pagi itu, Aditya sapaan akrab mahasiswa berbadan subur asal Kalimantan ini berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi mini cake yang bertajuk Violet Cake.

Sedangkan Arika fokus membuat kreasi petit four kekinian yang diberi titel Honey Cake & Lychee Mousse. Begitu juga dengan Arjuna, yang tampil antusias demi menyiapkan petit four kreasinya yang diberi nama Banana Cake.

Selanjutnya yang tampil adalah Imelda. Mahasiswi yang akrab disapa Audi tersebut berupaya keras membuat mini cake andalannya dengan mengusung tema Matchamisu. Sementara itu Irfan Hamdani, yang akrab dipanggil Mahasiswa Berbakat itu berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan umtuk membuat petit four unggulannya, yang diberi nama Choco Orange End Game.

Tak mau kalah dengan rekannya, Sindy, mahasiswi imut dari Jepara, Jawa Tengah ini juga berupaya keras untuk menyiapkan kreasi mini cake kekinian yang bertajuk Rainbow Candy Surprise Cake.

Terakhir yang tampil adalah Yasir Indrastata. Mahasiswa asal Surabaya itu antusias membuat kreasi petit four yang diberi judul Freur au Jardin. Kreasi petit four kekinian tersebut terinspirasi keindahan bunga yang bermekaran di sebuah taman kota yang hijau dan asri. ”Keindahan taman kota yang bunganya sedang bermekaran, saya tuangkan pada final exam membuat kreasi petit four,” ujar mahasiswa ramah ini.

Sementara itu, menurut Chef Laurentia Vivi, durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Pastry Graha Tristar itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi Cakes & Petit Four tersebut.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu saya nilai sendiri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Vivi, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Final exam yang mengangkat tema Cakes & Petit Four Creation antara lain bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat cakes hingga diajarkan cara menghias cakes kekinian di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

”Kemampuan mahasiswa dalam menuangkan inspirasi menjadi sebuah kreasi cakes & petit four kekinian nan cantik, menarik dan orisinil menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian dalam final exam kali ini. Ide-ide cerdas dan kreatif dari mahasiswa memang layak diapresiasi,”  pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar