twitter

Pages

Sabtu, 29 Juni 2019

Angkat Tema Indonesian Food pada Ujian Praktik Masak di Kitchen Graha Tristar


Dari Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Kitchen Graha Tristar

15 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Malam Diuji Buat Tujuh Kreasi Masakan ”Indonesian Food”


SEBANYAK 15 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Malam –terbagi dalam tujuh kelompok kecil-- yang dibimbing Dosen Pengajar Culinary Class Chef Ari Purwantoro, mengikuti ujian praktik masak Indonesian Food selama tiga hari di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mulai Rabu (26/06/2019) hingga Jumat (28/06/2019) pagi.

Pada final exam hari pertama, Rabu (26/06/2019) pagi, diikuti tiga kelompok.  Mereka bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Indonesian Food, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 1,5 jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

Personel Kelompok 1, Antoni Cleanus Suhanto dan Anindhy Ega Arthamevia tampil all out di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, demi menyiapkan kreasi masakan andalannya yakni Nasi Bakar, Udang Puyuh Balado dan Orak Arik Sayur.

Sedangkan dua orang anggota Kelompok 2, Adam Gilrandy Hidayat dan Achmad Rizki Dian Bahari fokus menyiapkan kreasi masakan kesukaannya berupa Lontong, Sate Lilit, Lawar Ayam dan Sambal Matah.

Selanjutnya Kelompok 3 yang beranggotakan Bernika Elita Sari dan Rahmat Garilhadi mengangkat masakan asli Tapanuli Sumatera Utara yakni Nasi Putih, Cumi Petai Sambal dan Sayur Ubi Tumbuk, dalam final exam kali ini.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Ari, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Rabu (26/06/2019) siang. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Selain itu mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga sudah dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan kitchen yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan.

Sementara itu, tiga juri yang dihadirkan pada final exam hari pertama, Rabu (26/06/2019), sesi pagi adalah Hedy W. Saleh, Chef Renny Savitri dan Chef Ari Purwantoro.

Ujian praktik masak yang mengangkat tema Indonesian Food tersebut untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka makanan khas Nusantara yang cita rasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri, karena mengaplikasikan bumbu putih, bumbu kuning, bumbu merah dan bumbu oranye sesuai jenis masakannya.

”Pasalnya, kuliner khas Indonesia itu merupakan mahakarya (masterpiece) yang layak untuk dipelajari mahasiswa dan dilestarikan eksistensinya sebagai bagian integral dari kekayaan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar