twitter

Pages

Sabtu, 15 Juni 2019

Mahasiswa Pastry Class Praktik Hias 12 Kreasi Cakes Spesial


Belajar Teknik Menghias Kue Spesial Bersama Chef Vivi

Mahasiswa Pastry Class Diajarkan Buat Minion Cake, Mandala Cake dan Ombre Cake di Kitchen Graha Tristar

SELAMA sepekan terhitung mulai Kamis (13/06/2019) hingga Kamis (20/06/2019), 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II, diajarkan Teknik Menghias Kue Spesial oleh Dosen Pengajar Pastry, Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., di Kitchen Pastry Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Selama lima kali tatap muka, mahasiswa Pastry Class diajarkan membuat 12-an resep kue (cakes) special. Dosen Pengajar menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar menghias kue spesial di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Pada tatap muka hari pertama, Kamis (13/06/2019) pagi itu, Dosen Pengajar bersama anak didiknya langsung  praktik membuat tiga resep cakes spesial seperti yang tersaji di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dipegang mahasiswa.

Tiga kreasi cakes spesial itu adalah Minion Cake (dikreasi menjadi dua varian), Mandala Cake (dua varian) dan Ombre Cake (dua varian). Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, maka  20 mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit itu dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing beranggotakan 2-4 orang.

Untuk membuat Minion Cake, minimal ada tiga tahapan pekerjaan, yakni (1). Membuat Vanilla Sponge, (2). Menyiapkan Filling-nya berupa strawberry jam dan (3). Menghias cake itu dengan karakter Minion yang kemudian kue spesial itu diberi titel Minion Cake.

Selanjutnya, membuat Mandala Cake. Sedikitnya juga ada tiga tahapan pekerjaan yang dilakukan mahasiswa, yakni (1). Membuat Vanilla Sponge, (2). Menyiapkan Royal Icing-nya dari icing sugar, lemon/lime juice/vinegar, egg white dan (3). Menghias cake itu dengan tampilan warna warni yang cantik dan menarik.

Kreasi cake yang ketiga adalah Ombre Cake. Untuk membuat Ombre Cake sedikitnya ada tiga tahapan pekejaan yang harus dilalui, mulai (1). Membuat Vanilla Sponge, (2). Menyiapkan Filling dari strawberry jam dan Butter Cream dan (3). Menghias cake tersebut dengan topping berupa chocolate paste lengkap dengan pernak perniknya.
Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Jumat (14/06/2019) siang, Chef Vivi kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat Animal Cake (dikreasi jadi dua varian yakni Cat Cake dan Peacock Cake), Tutti Fruttie (dua varian yakni Tutti Fruttie dan Tea Time) dan Succulent Cake (dua varian yakni Succulent Cake dan Succulent Cup Cake) di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

.Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar