twitter

Pages

Minggu, 30 Juni 2019

Final Exam Culinary Class di Kitchen Graha Tristar, Durasinya Dibatasi Hanya 1,5 Jam


Dari Final Exam Hari Ketiga Sesi Pagi di Kitchen Graha Tristar

Mahasiswa Persembahkan Nasi Pecel with Serundeng & Sambal Goreng Telur Puyuh dan Nasi Putih, Ayam Goreng Mentega & Tumis Kangkung
 
JADWAL final exam hari terakhir sesi pagi, kembali dua kelompok mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Malam yang diasuh Dosen Pengajar Culinary Class Chef Ari Purwantoro, tampil all out saat menyiapkan dua kreasi masakan Indonesian Food. Ujian praktik masak tersebut digelar di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (28/06/2019) pagi.

Pada final exam hari ketiga, Jumat (28/06/2019) pagi, pesertanya tinggal dua kelompok. Kelompok 6 ini beranggotakan Reza Adi Prabowo, Aditya Surya Wardana dan George William Rama yang fokus menyiapkan masakan kegemarannya berupa Nasi Pecel with Serundeng & Sambal Goreng Telur Puyuh.

Sedangkan anggota Kelompok 7, Feprylian dan Marco Pandey tampil all out menyiapkan kreasi masakan kegemarannya berupa Nasi Putih, Ayam Goreng Mentega dan Tumis Kangkung, demi menghasilkan produk masakan yang terbaik pada final exam tersebut.

Dalam ujian praktik itu, mahasiswa bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Indonesian Food, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya. Durasi ujian praktik masaknya sendiri dipatok 1,5 jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut.

”Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Ari, sapaan akrabnya, kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Rabu (26/06/2019) siang.

Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Tiga orang juri yang dihadirkan pada hari terakhir, Jumat (28/06/2019) sesi pagi adalah Hedy W. Saleh, Chef Renny Savitri dan Chef Ari Purwantoro. 

Jika salah satu juri, yakni Chef Renny mengkritisi kreasi masakan Nasi Pecel with Serundeng & Sambal Goreng Telur Puyuh yang dipersembahkan Resa Adi Prabowo, saat mencicipi sambal pecel yang disajikan di meja penjurian. Kacangnya dinilai agak kegosongan saat.memprosesnya menjadi sambal pecel.

Sebaliknya Hedy W. Saleh dan Chef Ari Purwantoro justru mengapresiasi hasil kreasi masakan Indonesia yakni Nasi Putih, Ayam Goreng Mentega dan Tumis Kangkung yang dipersembahkan anggota Kelompok 7, Feprylian dan Marco Pandey.

Chef Ari pun memberikan tips bahwa rahasia masakan Indonesia itu terletak sejauh mana Anda mengelola waktu masak yang durasinya dibatasi 1,5 jam saja. Untuk itu, proses masak Ayam Bumbu Mentega sebaiknya didahulukan daripada masak Tumis Kangkung agar bumbunya meresep ke dalam daging ayam.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar