twitter

Pages

Sabtu, 15 Juni 2019

Dari Kitchen Graha Tristar, mahasiswa Persembahkan Tomato Sauce & Chili Sauce


Praktik FoodTech di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Rachma

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Buat Saos Tomat Ekonomis, Saos Tomat Premium dan Saos Pedas

PADA tatap muka kali kedua, Kamis (13/06/2019) mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, diajarkan Dosen Food Technology Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar., cara membuat Tomato Sauce dan Chili Sauce di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Untuk membuat Tomato Sauce, misalnya, mahasiswa Advanced Culinary Class yang terdiri dari Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi, dibekali Chef Rachma cara membuat Saos Tomat Ekonomis dan Saos Tomat Premium.

Saos Tomat Premium bahan utamanya 100 persen pasta tomat atau tomat buah yang masih segar dan bahan-bahan lainnya berupa bumbu saos kemudian di-blender jadi satu sampai halus. Selanjutnya produk olahan setengah jadi ini dimasak sampai matang sempurna. Setelah didinginkan sekitar 30 menitan, kemudian dimasukkan ke dalam kemasan botol plastik transparan @ berukuran 140 ml.

Menurut Chef Rachma, selama proses pengolahan, Saos Tomat Premium itu bisa ditambahkan bahan pengawet makanan berupa benzoate agar saos tomat itu bisa bertahan hingga satu tahun di tempat penyimpanan (kulkas). Namun jika soas tomat itu tanpa ditambahkan benzoate hanya bisa tahan maksimum enam bulan di kulkas.

Selain diajarkan cara membuat Saos Tomat Premium, anak didik Chef Rachma juga dibekali teknik membuat Saos Tomat Ekonomis, yang bahan utamanya bukan dari pasta tomat atau buat tomat segar, melainkan buah pepaya yang dicampur dengan ketela rambat (ubi jalar) dan bahan-bahan pendukung lain termasuk bumbu hingga mencapai 100 persen.

Ide cerdas membuat Saos Tomat Ekonomis ini didasari pada mahalnya buah tomat  di pasaran terutama pas lagi tidak musim. Oleh karena itu dicarilah bahan substitusi yang bisa menggantikan peran buah tomat untuk bahan membuat saos, yakni buah papaya yang dikombinasi dengan ketela rambat (ubi jalar) yang cukup melimpah di pasaran dengan harga relatif murah.

Untuk membuat Saos Tomat Ekonomis juga tidak berbeda jauh dengan teknik membuat Saos Tomat Premium. Hanya bedanya, kalau Saos Tomat Premium warnanya merah maron, sedangkan Saos Tomat Ekonomis warna merahnya cenderung lebih cerah.

Kecerahan warna merah juga ditunjukkan ketika mahasiswa Advanced Culinary Class bersama Chef Rachma praktik membuat Chili Sauce (Saos Pedas) dan Saos Pedas Manis di Kitchen Graha Trista Surabaya, Kamis (13/06/2019) pagi. Di kaqlangan ibu-ibu rumah tangga, Chili Sauce yang berasa pedas ini biasa disebut Saos Bangkok.

Untuk membuat Chili Sauce, bahan utamanya adalah pasta tomat, rabe rawit, cabe merah besar berikut bumbunya lalu di-blender jadi satu kemudian dimasak hingga matang sempurna. Setelah didinginkan sekitar 30 menitan, barulah Chili Sauce itu dimasukkan dalam kemasan botol plastik transparan @ berukuran 140 ml.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada pertemuan hari pertama, Rabu (12/06/2019) lalu, Chef Rachma Nur Devianti, mengajarkan anak didiknya teknik membuat Chicken Crispy dan Mushroom Crispy di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya.

”Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Jumat (14/06/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class kembali kami bekali teknik membuat Patty Burger, Thousand Island dan Mayonnaise,” terang dosen pengajar dengan hijab di kepala ini kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.

Selanjutnya pada pertemuan hari keempat, Senin (17/06/2019), mahasiswa Advanced Culinary Class, kembali dikenalkan cara membuat BBQ Sauce dan Mushroom Sauce di Kitchen Graha Tristar Surabaya. Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Selasa (18/06/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class diuji membuat kreasi masakan (Food Creations) menurut versi mereka sendiri.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar