twitter

Pages

Sabtu, 29 Juni 2019

Segarnya Es Krim dan Es Puter Persembahan dari Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya


Belajar Buat Aneka Kreasi Es Krim & Es Puter Bersama Chef Vivi

Kali Kedua, Mahasiswa Persembahkan Rum Raisin Ice Cream, Avocado Ice Cream, Mocha & Cashewnut Ice Cream dan Es Puter Nangka


UNTUK kali kedua, 20 Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Semester II yang diasuh oleh Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., diajarkan teknik membuat Run Raisin Ice Cream, Avocado Ice Cream, Mocha & Cashewnut Ice Cream dan Es Puter Nangka di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (24/06/2019).


Sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus), jadwal praktik pada pertemuan hari kedua, Senin (24/06/2019) pagi, Chef Vivi mengajarkan anak didiknya cara membuat empat resep es krim kekinian, yakni Run Raisin Ice Cream, Avocado Ice Cream, Mocha & Cashewnut Ice Cream dan Es Puter Nangka, di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.

”Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 20 mahasiswa pastry class itu kembali dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok beranggotakan lima mahasiswa. Kelompok pertama, misalnya, praktik buat Rum Raisin Ice Cream hingga kelompok empat kebagian tugas buat Es Puter Nangka,” kata Chef Vivi, di ruang kerjanya.

Sebelum praktik dimulai, Chef Vivi mengingatkan kembali teknik membuat es krim, es milk (gelato), sherbet dan es puter, seperti yang diterangkan sebelumnya dengan mengacu pada panduan singkat yang tersaji pada Buku Ajar (Silabus).

Selain itu, mereka juga sudah dikenalkan cara mengaplikasikan mesin pemroses es krim dan es puter pada tatap muka hari pertama di Kitchen Pastry 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Sehingga praktik membuat es krim dan es puter hari kedua tinggal melihat resepnya di Buku Ajar (Silabus).

Untuk membuat Run Raisin Ice Cream, misalnya, bahan yang dibutuhkan antara lain fresh cream, fresh milk, sugar, corn starch, egg yolk, run paste dan raisin (di-chop). Tahapan pekerjaan yang dilakoni antara lain fresh milk dan fresh cream di-boil lebih dulu.

Sugar, corn starch, egg yolk, run paste dan raisin di-blender sampai halus kemudian dicampur jadi satu dengan fresh milk dan fresh cream untuk di-boil sampai masak, barulah adonan es krim itu didinginkan sampai mendekati titik beku.

Sementara itu, kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Avocado Ice Cream, maka mereka harus menyiapkan bahan-bahannya antara lain fresh cream, fresh milk, sugar, corn starch, egg yolk, vanilla paste dan avocado (di-blend). Tahapan pekerjaan yang dilakoni antara lain fresh milk dan fresh cream di-boil lebih dulu.

Sugar, corn starch, egg yolk, vanilla paste dan avocado di-blender sampai halus lalu dicampur jadi satu dengan fresh milk dan fresh cream untuk di-boil sampai masak, barulah adonan es krim itu didinginkan sampai mendekati titik beku.

Selanjutnya, mahasiswa juga diajarkan cara membuat Mocha & Cashewnut Ice Cream. Untuk membuat es krim ini butuh bahan-bahan sebagai berikut: fresh cream, fresh milk, sugar, corn starch, egg yolk, vanilla paste, mocha paste dan cashewnut (di-bake & chop). Secara umum cara pembuatannya seperti praktik membuat Run Raisin Ice Cream.

Terakhir, mahasiswa diajarkan cara membuat Es Puter Nangka oleh Chef Laurentia Vivi. Bahan membuat es puter yang satu ini antara lain water, coconut fresh (di-grated), pandan leaf, buah nangka atau jackfruit (di-brunoise), salt, sugar dan corn starch.

Tahapan pekerjaannya adalah corn starch ditambahkan air kemudian diaduk sampai rata. Selanjutnya semua bahan tersebut dicampur jadi satu kemudian dimasak sampai matang, Setelah itu dimasukkan dalam mesin pemroses es puter hingga mendekati titik beku.

”Untuk penyajian terbaik, es krim atau es puter itu sebaiknya dalam keadaan beku sebab kalau sudah meleleh tampilannya jadi kurang menarik,” ujar Chef Laurentia Vivi kepada anak didiknya di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar