twitter

Pages

Sabtu, 16 Maret 2019

Chef Ari Berbagi Ilmu Teknik Masak Chinese Food dengan Mahasiswa Culinary Class


Dari Praktik Masak Chinese Food I di Kitchen Graha Tristar

Dari Kitchen Culinary Graha Tristar, Mahasiswa Persembahkan ”Angshio Tofu dan Mapo Tofu”


SETELAH diajarkan teknik masak Olahan Daging (Meat I), sekarang giliran mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang (C1) Semester III yang dibimbing oleh Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, sejak Rabu (06/03/2019) lalu hingga Senin (18/03/2019) siang, dibekali pengetahuan tentang teknik masak Chinese Food I. Praktik masak tersebut dihelat di Kitchen Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class, kami membuat dua resep Chinese (Oriental Food). Jika pembelajaran masak makanan Chinese Food itu dilakoni delapan kali pertemuan termasuk acara showmanship (cooking demo), maka mahasiswa kami ajarkan membuat delapan resep masakan,” kata Chef Ari Purwantoro kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Kamis (14/03/2019) siang.

Praktik masak Chinese Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada empat mahasiswa Culinary Kelas Siang (C1) seputar teknik memasak aneka makanan khas Oriental yang citarasa dan teksturnya berbeda banget dengan masakan ala Western Cuisines. Empat mahasiswa itu adalah Stefanie Martha, Ardinata Wiguna, Sofia Chairunnisa Umrah dan Stephen Wijaya.

Pelajaran pengolahan makanan Chinese (Oriental Food) ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok).

”Sebelum diajarkan masak aneka resep Continental Food, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit sudah kami bekali cara pengolahan Daging Ayam (Poultry I) sejak awal Februari 2019 lalu,” kata Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Class.

Sementara itu pertemuan hari pertama, Rabu (06/03/2019), lalu, Chef Ari menghelat cooking demo dua resep menu Chinese Food yakni Yang Chow Fried Rice dan Fied Beef Chow Mein dei hadapan anak didiknya, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

”Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (08/03/2019) siang, giliran mahasiswa yang praktik masak Yang Chow Fried Rice dan Fried Beef Chow Mein seperti yang telah kami contohkan sebelumnya,” kata Chef Ari sapaan akrab Dosen Culinary Akpar Majapahit di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Senin (11/03/2019) siang, Chef Ari kembali menggelar cooking demo dua resep soup di hadapan anak didiknya. Dua menu masakan Oriental Food tersebut adalah Asparagus (Chicken) Soup dan Corn & Crab Meat Soup.

Sementara itu pada tatap muka hari keempat, Selasa (12/03/2019) siang, giliran anak didiknya yang tampil untuk memasak dua resep soup tersebut. Untuk hasil terbaik, maka empat mahasiswa Culinary Class itu pun berusaha tampil all out ketika masak Asparagus (Chicken) Soup dan Corn & Crab Meat Soup di Kichen Graha Tristar.

Keesokan harinya, tepatnya pada Rabu (13/03/2019) siang, Chef Ari Purwantoro untuk kali ketiga menghelat acara cooking demo membuat dua masakan Oriental Food yakni Angshio Tofu dan Mapo Tofu di hadapan anak didiknya.

Pada pertemuan selanjutnya, Kamis (14/03/2019) siang, giliran empat mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang yang tampil all out untuk masak Angshio Tofu dan Mapo Tofu, seperti yang telah diajarkan sebelumnya oleh Chef Ari di Kitchen Graha Tristar Surabaya.

Sesuai jadwal praktik masak yang disusun pihak Akademik, maka pada tatap muka hari ketujuh, Jumat (15/03/2019) siang, Chef Ari kembali menggelar acara cooking demo dua resep Chinese Food, yakni Steamed Fish with Soy Sauce dan Sweet & Sour Chicken di Kitchen Culinary Graha Tristar. 

Dan pada pertemuan hari terakhir, Senin (18/03/2019) siang, empat mahasiswa Culinary Class giliran yang tampil untuk memasak Steamed Fish with Soy Sauce dan Sweet & Sour Chicken dengan disupervisi langsung oleh Chef Ari Purwantoro.

Untuk mengetahui siapa yang terbaik masakannya dari aspek tekstur, cita rasa dan penampilan plating-nya, maka keempat mahasiswa itu harus tampil all out. Hal itu terlihat jelas sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.

Masih menurut Chef Ari Purwantoro, penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa (taste), tampilan dan kreativitas (plating & creativity) serta tekstur (texture), sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

”Selain itu, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga kami bekali pengetahuan tentang pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan,” pungkasnya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar