twitter

Pages

Jumat, 08 Maret 2019

Mahasiswa Culinary Class Terima Pesanan Nasi Tumpeng untuk Pesta Ulang Tahun


Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Kelas Pagi Masak Tujuh Menu Makanan untuk Buat Tumpeng di Kitchen Graha Tristar


PADA pertemuan hari ke-15, tepatnya Senin (04/03/2019) pagi, empat mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM., kembali melanjutkan praktik masak tujuh menu Catering untuk dibuat tumpeng di Kitchen Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Empat mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang mengikuti praktik masak pada pertemuan hari ke-15, Senin (25/02/2019) pagi itu adalah Mirza, Maya, Syntia, dan Nabilla. Untuk membuat sajian tumpeng yang lezat dengan tampilan menarik, mahasiswa Culinary Class tersebut disupervisi langsung oleh Chef Ari Purwantoro.

Mereka tampil all out bersama Chef Ari menyiapkan tujuh menu masakan, mulai Nasi Kuning, Urap-urap (Kacang Panjang, Kecambah dan Kangkung), Telur + Tahu + Tempe Bumbu Kuning, Arem-arem, Bandeng Goreng, Ayam Panggang Bumbu Rujak lengkap dengan Rempeyek Ebi (Udang Dhawu Kering)-nya.

Masing-masing anak didiknya kebagian job masak membuat 1-2 menu, misalnya, Maya goreng Rempeyek Ebi dan Bandeng Goreng, Mirza mendapat tugas membuat Nasi Kuning dan Telur + Tahu + Tempe Bumbu Kuning, sedangkan Syntia dan Nabilla masing-masing ditugasi masak Urap-urap, Arem-arem dan Ayam Panggang Bumbu Rujak di Kitchen Culinary 1 Graha Tristar.

Sekitar 1,5 jam kemudian, tepatnya pukul 11.00 masakan itu sudah bisa di-plating dalam satu tampilan tumpeng mini yang disajikan di atas loyang berbentuk bulat dari anyaman bambu (tempeh). Dengan tampilan menarik, maka praktik seperti ini mengajarkan mahasiswa untuk bebas berimprovisasi layaknya akan melayani pembeli yang memesan tumpeng kepada pengusaha catering atau rumah makan.

Sampai 15 kali tatap muka, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi itu sudah praktik masak membuat 50-an resep menu Catering di Kitchen Culinary 1. Praktik masak aneka menu Catering itu baru akan berakhir pada pertengahan Maret 2019 mendatang. Dengan demikian, masih ada 25-an dari 75 resep masak menu Catering lagi yang harus dituntaskan. Pasalnya, mahasiswa diminta oleh dosen pembimbingnya membuat 3-4 resep masakan Catering untuk setiap harinya.

”75-an resep menu masakan Catering itu tersaji dalam Silabus (Buku Ajar) Culinary yang telah dibagikan pihak Akademik kepada mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi maupun Kelas Siang,” tandas Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya.

Di kalangan pebisnis jasa Catering, ukuran tumpeng bervariasi tergantung permintaan pemesan yang minta dibuatkan tumpeng ukuran kecil (tumpeng mini) untuk dikonsumsi 7-8 orang. Ada juga tumpeng yang berukuran sedang (isinya lebih beragam dan ayam panggangnya biasanya utuh) yang pas dikomsumsi untuk 9-12 orang. Sedang tumpeng yang berukuran jumbo, layak untuk menjamu 15-20 orang tamu (undangan).

”Harganya pun bervariasi mulai Rp 350 ribuan hingga Rp 1 jutaan, tergantung ukuran tumpeng dan ragam menu yang disajikan di atas tumpeng tersebut. Tumpeng dengan berbagai kreasi tampilan yang cantik dan menarik disajikan untuk melengkapi acara ulang tahun, pembukaan kantor baru, selamatan (kirim doa), prosesi penikahan dan sejumlah acara yang lain sesuai kebutuhan,” ujar Chef Ari.

Masih menurut Chef Ari, praktik masak aneka menu Catering ini paling tidak bisa menjadi bekal mahasiswa jika kelak mereka lulus dan tertarik untuk membuka usaha jasa Catering sendiri di rumah. Resep masakan Catering tersebut juga bisa dikreasi lebih lanjut mengikuti tren kekinian yang tentunya sangat disuka konsumen.

Praktik masak aneka menu Catering ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit mengingat bisnis Catering (Jasa Boga) di Surabaya belakangan ini tumbuh pesat banget dan tidak ada matinya. ”Peluang menjanjikan ini diharapkan bisa ditangkap oleh mahasiswa untuk belajar membuka usaha kuliner sendiri termasuk buka bisnis Catering sendiri meskipun baru skala rumahan,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar