twitter

Pages

Selasa, 26 Februari 2019

Chef Ari Beri Kebebasan Mahasiswa Berimprovisasi Ketika Mem-plating Masakan


Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Kelas Pagi Buat Sambal Goreng Kacang Teri, Dendeng Bali, Sambal Goreng Manisa dan Nasi Kuning di Kitchen Graha Tristar


PADA tatap muka hari kesepuluh, tepatnya Senin (25/02/2019) pagi, empat mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM., kembali melanjutkan praktik masak menu Catering yakni Sambal Goreng Kacang Teri, Dendeng Bali, Sambal Goreng lengkap dengan Nasi Kuning-nya di Kitchen Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Empat mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang mengikuti praktik masak pada pertemuan hari kesepuluh, Senin (25/02/2019) pagi itu adalah Mirza, Maya, Syntia, dan Nabilla. Mereka tampil all out ketika diminta Chef Ari Purwantoro, masak Sambal Goreng Kacang Teri, Dendeng Bali, Sambal Goreng Manisa lengkap dengan Nasi Kuning-nya.

Masing-masing anak didiknya kebagian job masak membuat satu menu, misalnya, Mirza masak Sambal Goreng Kacang Teri, Maya mendapat tugas membuat Dendeng Bali, sedangkan Syntia dan Nabilla masing-masing ditugasi masak Sambal Goreng Manisa dan Nasi Kuning di Kitchen Culinary 1 Graha Tristar.

Sekitar 1,5 jam kemudian, tepatnya pukul 11.00 masakan itu sudah bisa di-plating dalam satu tampilan di atas piring. Dengan tampilan menarik, maka praktik seperti ini mengajarkan mahasiswa untuk bebas berimprovisasi layaknya akan melayani pembeli yang pesan menu makan siang di sebuah rumah makan.

Sampai 10 kali tatap muka, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi itu sudah praktik masak membuat 35-an resep menu Catering di Kitchen Culinary 1. Praktik masak aneka menu Catering itu baru akan berakhir pada pertengahan Maret 2019 mendatang. Dengan demikian, masih ada 40-an dari 75 resep masak menu Catering lagi yang harus dituntaskan. Pasalnya, mahasiswa diminta oleh dosen pembimbingnya membuat 3-4 resep masakan Catering untuk setiap harinya.

”75-an resep menu masakan Catering itu tersaji dalam Silabus (Buku Ajar) Culinary yang telah dibagikan pihak Akademik kepada mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi maupun Kelas Siang,” tandas Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya.

Sementara itu, pada tatap muka hari kesembilan, Jumat (22/02/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class diajarkan Chef Ari praktik masak membuat tiga resep masak menu Catering yakni Bistik Lidah, Ayam Balut Saus Mentega dan Cah Jagung Muda.

Sedangkan pada pertemuan hari ke-11, Selasa (26/02/2019) pagi, Chef Ari berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik masak tiga menu Soto, yakni Soto Betawi, Coto Makassar + Ketupat dan Soto Banjar lengkap dengan Perkedel-nya, di Kitchen Graha Tristar.

Masih menurut Chef Ari, praktik masak aneka menu Catering ini paling tidak bisa menjadi bekal mahasiswa jika kelak mereka lulus dan tertarik untuk membuka usaha jasa Catering sendiri di rumah. Resep masakan Catering tersebut juga bisa dikreasi lebih lanjut mengikuti tren kekinian yang tentunya sangat disuka konsumen. 

Praktik masak aneka menu Catering ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit mengingat bisnis Catering (Jasa Boga) di Surabaya belakangan ini tumbuh pesat banget dan tidak ada matinya. ”Peluang menjanjikan ini diharapkan bisa ditangkap oleh mahasiswa untuk belajar membuka usaha kuliner sendiri termasuk buka bisnis Catering sendiri meskipun baru skala rumahan,” pungkasnya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar