twitter

Pages

Sabtu, 29 Desember 2018

Lebih Dekat dengan Chef Mario dan Chef Afi dari Tristar Institute Kaliwaron


Lebih Dekat dengan Chef Mario dan Chef Afi dari Tristar Kaliwaron

All Out Persembahkan Menu Chinese Food, untuk Jamuan Makan Siang Bersama Dua Asesor BAN-PT dari Jogja


ACARA visitasi dua asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) ke Kampus Politeknik Surabaya Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Rabu (12/12/2018) lalu, menjadi ajang pembuktian atas solidnya duet maut Chef Mario Alvin Jonatan dan Chef Afi Yasak, Dosen Culinary Tristar Institute Kaliwaron, ketika diminta menyiapkan acara jamuan makan siang ala prasmanan (Buffet Lunch) oleh owner Politeknik Surabaya Dharma Bakti Ir Juwono Saroso MM, M.MPar.

Duet maut Chef Mario dan Chef Afi, yang sehari-hari mengajar mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron, diberi tugas menyiapkan masakan Chinese Food, untuk jamuan makan siang ala prasmanan dua asesor BAN-PT yang melakukan Akreditasi Prodi Teknik Komputer di Kampus Politeknik Surabaya, sejak pagi hingga sore hari.
           
Chef Mario Alvin yang akrab disapa Chef Jojo bersama Chef Afi pun bahu membahu untuk masak main course berupa Nasi Putih, Mie Goreng, Cap Cay, Udang Telur Asin dan Chicken Charsio (Ayam Madu), sedangkan untuk dessert-nya menyiapkan Mocktail (isinya terdiri dari buah-buahan dan nata de coco diiris persegi dicampur dengan soft drink + simple syrup + cube ice).

Ditemui kru www.culinarynews.info, baik Chef Jojo maupun Chef Afi mengaku tersanjung sekaligus termotivasi untuk memberikan hasil terbaik saat diminta owner Politeknik Surabaya menyiapkan menu masakan Chinese Food untuk jamuan makan siang ala prasmanan bersama dua asesor BAN-PT tersebut.

”Pasalnya, saat Akreditasi Lembaga Pendidikan Tinggi oleh asesor BAN-PT September 2017 silam, menu jamuan makan siang dipercayakan kepada perusahaan jasa catering langganan dan tidak melibatkan kami berdua,” kata Chef Jojo di dampingi Chef Afi Yasak.

Namun untuk tahun ini, owner Politeknik Surabaya (Tristar Group) mempercayakan jamuan makan siang ala prasmanan dengan menu utama Chinese Food langsung kepada dua chef, yang sehari-hari mengajar mahasiswa Culinary Class di Tristar Institute Kaliwaron.

Penugasan tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi mereka berdua, sekaligus juga menjadi ajang pembuktian atas kepiawaian Chef Jojo dan Chef Afi dalam menyiapkan aneka masakan Chinese Food, baik main course maupun dessert-nya, yang dimasak sejak pagi (pukul 09.00) hingga disajikan pas waktunya makan siang (13.00).

Selain menyiapkan main course dan dessert, panitia Akreditasi Prodi Teknik Komputer (APTK) Politeknik Surabaya 2018 juga menyediakan aneka jajan pasar (snack) seperti lemper, kue sus, kue lapis, onde-onde, pastel, kroket dan air minum dalam kemasan (AMDK) untuk disajikan di meja asesor.

Lezatnya menu Buffet Lunch persembahan Chef Jojo dan Chef Afi, diapresiasi oleh dua asesor BAN-PT Ahmad Ashari Dr.Techn., M.Kom dan Ir Totok Suprawoto MT, setelah mereka menikmati jamuan makan siang bersama owner Politeknik Surabaya Ir Juwono Saroso MM. M.MPar, Direktur Politeknik Surabaya Drs Soetarko Rono Soewito MM, Wakil Direktur  I Bambang Soetrisno ST, M.MPar., Wakil Direktur II Drs Andrean L. Bandoro MBA, MM, M.MPar dan jajaran di bawahnya.

Dua asesor BAN-PT itu juga memuji masakan Chinese Food yang dipersembahkan Chef Mario Alvin Jonatan dan Chef Afi Yasak, terutama cita rasa Udang Telur Asin, yang udangnya terasa juzzy dan renyah ketika dikunyah karena udangnya betul-betul masih segar saat dimasak.

Begitu juga Chicken Charsio (Ayam Madu) yang disajikan pada Buffet Lunch tersebut mantap betul cita rasanya, karena bumbunya betul-betul meresap setelah daging ayam yang sudah dibumbui tersebut, dimasak dengan alat pemanas khusus seperti kapsul (roket) pada suhu 150* C selama 2-3 jam, di Kitchen Tristar Institute Kaliwaron.

Seperti diberikan sebelumnya, ada cara unik dari owner Politeknik Surabaya, Ir Juwono Saroso MM, M.MPar saat menyambut visitasi dua asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Ahmad Ashari Dr.Techn., M.Kom dari UGM Jogjakarta dan Ir Totok Suprawoto MT dari STIMIK AKAKOM ke Surabaya pertengahan Desember 2018 lalu.

Sesuai run down acara visitasi dua asesor BAN-PT tersebut, Juwono Saroso bersama jajarannya menjemput kedatangan dua asesor itu di Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 18.00 (Selasa, 11/12/2018), yang menumpang pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Adi Sucipto Jogjakarta.

Tamu istimewa Politeknik Surabaya (salah satu unit usaha dari Tristar Group) di bawah Yayasan Dharma Bakti itu lalu diajak ke Kampus Baru Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria e Pasticceria) di Sky Suites SOHO Samator, Jl. Raya Kedungbaruk Surabaya untuk menikmati jamuan makan malam bersama yang bertajuk Buffet Dinner with Assesor BAN-PT.

Selain menikmati sensasi makan seafood keroyokan persembahan Waroenk Seafood Kenthir yang disiapkan Chef Yuda Agustian bersama tim kitchen-nya, dua asesor BAN-PT dari Jogjakarta itu juga disuguhi atraksi Hibachi Cooking Demo oleh Chef Thomas Denny di Lobi Kampus Tristar Samator, Selasa (11/12/2018) malam.

Di hadapan tamu istimewa tersebut, Chef Thomas Denny lebih melakukan atraksi show of fire (pertunjukan api) di atas mesin Grilling Hibachi, sebelum mempersembahkan masakan andalannya berupa Hibachi Fried Rice, Hibachi Vegetables, Hibachi Seafood Sauce dan Hibachi Chicken Teriyaki.

Hibachi Cooking Demo kini menjadi salah satu andalan Tristar Group untuk ditampilkan di hadapan publik. Teknik masak Hibachi ini berbeda dengan cara memasak secara klasik (konvensional) karena lebih menekankan pada kepiawaian memainkan show of fire di atas mesin Grilling Hibachi.

Hibachi menjadi culinary art yang sangat menarik, karena atraksi yang dilakukan oleh chef seperti permainan api, atraksi spatula, gaya dalam membumbui masakan, sampai urusan dalam penyajiannya. Bahkan chef pun tidak diperkenankan mencicipi makanan yang diolahnya, sehingga menjadi tantangan tersendiri.
Anda tertarik menjadi calon mahasiswa baru pada Program Profesional Siap Kerja di kampus Politeknik Surabaya, silakan hubungi Tim Marketing Politeknik Surabaya (Tristar Group) Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar