twitter

Pages

Rabu, 08 Mei 2019

Final Exam Materi Praktik Food Technology Applications di Kitchen Pastry Graha Tristar


Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Pastry di Kitchen Graha Tristar

Macha Soya Milk, Melon Juice & Strawberry Juice with Jelly Milk & Jelly Fruit dan Onde-Onde, Persembahan Mahasiswa Advanced Pastry Class


SESUDAH dibekali cara membuat aneka kreasi produk olahan pastry selama sepekan di Kitchen Pastry Graha Tristar, giliran selanjutnya tiga mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit diuji Dosen Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar., membuat kreasi produk pastry menurut versi mereka sendiri, Selasa (07/05/2019) pagi.

Tiga mahasiswa yang mengikuti ujian praktik membuat kreasi produk pastry tersebut adalah Merliana Sari (Mei Mei), Dwi Mei R. dan Willyam Mak. Ujian praktik masak itu sendiri mengambil tempat di Kitchen Pastri 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sementara itu tiga mahasiswa Advanced Pastry Class yang maju ujian praktik, Selasa (07/05/2019) pagi, berupaya keras untuk tampil all out demi menghasilkan kreasi produk pastry yang terbaik di hadapan juri.

Mei Mei, misalnya, antusias menyiapkan kreasi produk pastry andalannya berupa minuman yang diberi judul Susu Kedelai Green Tea (Macha Soya Milk), sedangkan Dwi Mei fokus membuat Melon Juice & Strawberry Juice with Jelly Milk & Jelly Fruit. Berbeda dengan kedua koleganya, Willyam justru tertarik untuk mengangkat tema kreasi produk pastry-nya yang diberi nama Onde-Onde.

Macha Soya Milk yang dibuat Mei Mei berupa minuman kekinian yang bahannya terdiri dari Susu Kedelai (Soya Milk), Green Tea (Macha) dan Gula Pasir. Kombinasi bahan-bahan tersebut kemudian di-mixed untuk menghasilkan minuman dengan tampilan dan citarasa kekinian yang disuka anak-anak generasi Millenial.

Tidak mau kalah dengan koleganya, Dwi Mei pun ingin berupaya keras untuk tampil all out, saat membuat minuman kesukaannya yang diberi titel Melon Juice & Strawberry Juice with Jelly Milk & Jelly Fruit.

Setelah diproses di Kitchen Pastry Graha Tristar sekitar 45-60 menitan, kreasi minuman kaya vitamin itu sudah bisa disajikan dengan dua penampilan berbeda. Melon Juice with Jelly Milk & Jelly Fruit berwarna hijau segar, sedangkan Strawberry Juice with Jelly Milk & Jelly Fruit bewarna merah yang menggoda selera.

”Kreasi empat minuman ini murni tanpa bahan pengawet, sehingga bisa bertahan 3-5 hari jika disimpan di dalam lemari es. Dari sisi kandungan gizinya, saya jamin minuman ini tinggi kadar vitaminnya karena diolah dari saripati buah melon dan strawberry asli bukan essence,” ujar Dwi Mei kepada kru www.culinarynews.info, usai ujian praktik, Selasa (07/05/2019) siang.

Sementara itu, Willyam juga sibuk menyiapkan adonan untuk membuat Onde-Onde-nya, sedangkan filling-nya sendiri berupa Green Tea + Kacang Hijau (tanpa kulit) yang menghasilkan sensasi rasa manis gurih, kemudian dimasak sampai matang.

Menurut Chef Endang, sapaan akrab Endang Sri Rahajoe M.MPar., ujian praktik mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini temanya bebas sepanjang tidak keluar dari koridor yang telah dipraktikkan sebelumnya di Kitchen Graha Tristar Surabaya, sejak Selasa (30/04/2019) hingga Senin (06/05/2019)..

Setiap peserta ujian dituntut untuk fokus dengan masakan yang dibuat, demi menghasilkan kreasi makanan yang terbaik, setelah diajarkan membuat 8-10 produk olahan makanan mulai Guava Juice, Sari Buah Belimbing, Sweet Corn Milk (Susu Jagung), Sari Kacang Hijau, Takwa, Kacang Koa serta Bak Pia Patok (Rasa Keju dan Kacang Hijau).

Durasi ujian praktik masak membuat kreasi produk pastry dengan sentuhan Food Technology ini sekitar dua jam, terhitung sejak persiapan bahannya (pukul 09.00 WIB) hingga proses mengolah hingga mem-plating hasil kreasi produk pastry itu untuk disajikan di hadapan dosen penguji (pukul 11.00 WIB).

”Seperti ujian-ujian praktik sebelumnya, ada tiga kriteria penilaian yang dipakai acuan juri yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasa. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar., di ruang kerjanya, Selasa (07/05/2019) siang.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar