twitter

Pages

Kamis, 30 Mei 2019

Menikmati Lezatnya Makanan Indonesia dan Chinese Food dalam Fusion Dinner Buffet


Sisi Lain dari Praktik Teknik Supervisor di Gunawangsa Hotels

Usai Praktik Teknik Supervisor, 24 Mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit Buka Bersama di Orchid Restaurant 


SETELAH praktik Teknik Supervisor di Gunawangsa Hotels Tidar Surabaya Jl. Menur Pumpungan No. 62 Surabaya sekitar 1,5 jam, 24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam, diundang menikmati hidangan buka puasa bersama di Orchid Restaurant, Senin (27/05/2019) petang.

Jamuan fusion dinner buffet di Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya itu menyajikan aneka menu masakan tradisional Indonesia dan Chinese food untuk berbuka puasa. Menu berbuka itu berupa menu takjil lengkap dengan dessert-nya, mulai buah kurma, slice fruits (melon, semangka dan pepaya), bubur Madura, kolak kolang kaling, aneka gorengan dan sate-satean + BBQ sauce, red velvet, marble cake, sweet breads, rainbow cake, rainbow pudding serta es campur, orange juice, guava juice, lychee juice, strawberry juice, infused water hingga mineral water.

Sedangkan appetizer-nya berupa salad (buah dan sayuran), pecel Madiun dan soup-nya berupa soto ayam Banjar. Untuk main course-nya sendiri terdiri dari nasi putih, nasi kebuli, rendang ayam, cah sayur, bola perkedel telur, lodeh nangka muda, gulai daun singkong, mangut lele, kothokan ikan pari, terong balado, tahu tempe, lalapan, aneka sambal + krupuk + acar dan sauce.

Jamuan fusion dinner buffet itu tentu saja mengundang selera makan mahasiswa setelah mereka selesai melakoni praktik Teknik Supervisor di hot kitchen Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya. Di antara menu makanan untuk jamuan makan malam itu merupakan hasil masakan mahasiswa.

Oleh Corporate Chef Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya, Susilo Faisol, mereka dipersilakan untuk bisa saling mengkrisi masakan yang dibuat rekannya sendiri, setelah menu lengkap untuk jamuan makan malam tersebut dinikmati bareng-bareng. Dari aksi saling mencicipi tersebut, maka antarmahasiswa bisa mengoreksi kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

”Apakah makanan yang baru saja mereka masak seperti rendang ayam, cah sayuran, gulai daun singkong, lodeh nangka muda dan kothokan ikan pari rasanya keasinan, sudah pas, kurang asin atau kurang manis,” kata Chef Faisol di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam.

Terkait dengan praktik Teknik Supervisor di Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya bagi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa lain dari Akpar Majapahit on the job training di sini,” ujar Chef Faisol. 

Beberapa mahasiswa Akpar Majapahit, seperti Kenny, Johan, Stefanie, antusias mendengarkan penjelasan Corporate Chef Gunawangsa Hotels Manyar Surabaya yang sore itu mendampingi mahasiswa praktik Teknik Supervisor. Mereka pun tak segan menanyakan kepada Chef Faisol seputar suka dukanya berkarier di dunia perhotelan. 

Chef Susilo Faisol juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Chef Faisol.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau café dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar