twitter

Pages

Minggu, 19 Agustus 2018

Usai Praktik 'Entrepreneuership', Lalu Nikmati 'Lunch Buffet' di Kokoon Restaurant


Sisi Lain dari Praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya

Setelah Belajar Entrepreneurship, 13 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit ”Lunch Buffet” di Kokoon Restaurant

SETELAH praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya Jl. Slompretan No. 26 Surabaya sekitar dua jam, 13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi Triwulan II diajak menikmati sajian makan siang bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Kokoon Restaurant, Selasa (24/07/2018) malam.


Lunch buffet di Kokoon Hotel Surabaya ini antara lain menyajikan menu Beef Martabak (Appetizer), Fish & Veggi Soup (Soup), sedangkan Main Course-nya terdiri dari Steamed Rice, Buttered Fried Rice, Fried Kweetiau, Sweet & Sour Fish (Kakap Asam Manis), Vegetable Curry, Grilled Chicken (Ayam Bakar Kecap) + Crackers (Kerupuk) dan Aneka Sambal.

Sementara itu, untuk Dessert-nya sendiri mahasiswa diberi tugas membuat Es Kelapa Nata de Coco & Telasih, Apple Juice, Guava Juice, menyiapkan Infused Water, Mineral Water dan Slice Fruits. 

Menu makan siang yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera makan 13 mahasiswa yang baru saja selesai melakoni praktik Entrepreneurship di kitchen Kokoon Hotels Surabaya bersama Sous Chef Aril Dwi Romana. 

Dalam kesempatan itu, General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin untuk kali kesekian mengungkapkan bahwa revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) tetap menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia (domestik maupun mancanegara) hotel yang mengusung konsep Heritage Hotel tersebut. 

”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, European Cuisines, Middle East Cuisines, Chinese Food atau Japanese Food,” kata Hassanudin di dampingi Kaprodi F3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Entrepreneurship Agus Sudarsono M.Par.

Terkait dengan praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya bagi mahasiswa Akpar Majapahit, pihaknya memang welcome untuk kegiatan positif tersebut. ”Saya juga mempersilakan mahasiswa lain, dari Akpar Majapahit on the job training di sini,” ujar Hassan sapaan akrab GM Kokoon Hotels Surabaya tersebut. 

Beberapa mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit itu juga tampak antusias mendengarkan penjelasan GM Kokoon Hotels Surabaya yang sore itu mendampingi mahasiswa menikmati hidangan makan siang usai praktik Entrepreneurship. Mereka pun tak segan menanyakan kepada Hassanudin seputar suka dukanya berkarier di dunia perhotelan. 

Hassan juga memberi tips kepada mahasiswa Akpar Majapahit bagaimana merintis karier di kitchen hotel yang harus dilakoni seseorang sejak jenjang terendah yakni cook helper, cook hingga menjadi head chef atau seorang executive chef profesional di sebuah hotel berbintang.

”Kuncinya adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel. Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Hassanudin.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau café dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” cetusnya. Pasalnya, dirinya sebelum dipercaya menjadi General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya juga berkarier di hotel mulai dari bawah. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar